Manfaat buah mangga


kandungan nutrisi dan manfaat buah mangga bagi kesehatan Mangga termasuk dalam satu keluarga dengan jambu mete. Mangga awalnya berasal dari daerah Asia selatan, khususnya Burma dan India timur sejak hampir 4.000 tahun yang lalu. Mangga pertama kali menyebar dan dibudidayakan di Malaysia, Indonesia, Asia Timur dan Afrika timur, dan akhirnya diperkenalkan ke California, AS sekitar tahun 1880. Mangga diperkenalkan ke Afrika dan Brazil oleh penjelajah Portugis, sedangkan budidaya mangga di Hawaii dan Florida dimulai sekitar abad ke-19 .

Mangga adalah termasuk buah yang kaya akan serat, jadi jika Anda setidaknya makan satu buah mangga setiap hari , maka Anda dijamin bebas sembelit. Penelitian telah menunjukkan bahwa serat memiliki efek positif, yang dapat menghilangkan penyakit degeneratif, termasuk jenis kanker tertentu dan kondisi jantung. Semakin banyak Anda melakukan aktivitas yang berat, maka semakin banyak tubuh Anda kehilangan kalium. Dan mangga tinggi kalium, yang akan membantu menutupi kembali kebutuhan kalium tubuh Anda.

Berikut beberapa Manfaat makan buah Mangga bagi kesehatan

 

Mangga tinggi nutrisi

Mangga sangat rendah lemak jenuh, kolesterol dan sodium. Mangga merupakan sumber serat dan vitamin B6 yang baik, serta sumber vitamin A dan vitamin C. Mangga kaya akan mineral seperti kalium, magnesium dan tembaga, juga salah satu sumber terbaik quercetin, betakaroten, dan astragalin. Mangga adalah sumber antioksidan yang kuat, yang memiliki kekuatan untuk menetralkan efek radikal bebas di seluruh tubuh. Dengan demikian, penyakit seperti penyakit jantung, penuaan dini, kanker dan penyakit degeneratif yang disebabkan oleh radikal bebas yang merusak sel-sel akan jauh dari Anda.

Mangga juga mengandung selenium, kalsium, zat besi dan fosfor. Mangga kaya akan riboflavin, vitamin B6 , A , C , E , K , niasin , folat , thiamin dan asam panthothenat. Senyawa-senyawa ini akan membantu Anda untuk menghindari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin dan mineral.

Menjaga Tekanan Darah

Mangga kaya akan kalium ( 4 % di 156 mg ), dan magnesium ( 2 % di 9 mg ) , jadi mangga merupakan solusi alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Pencegahan Kanker dan menjaga Kesehatan Jantung

Mangga mengandung pektin tinggi dan serat larut yang efisien untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga akan menurunkan resiko penyakit jantung. Pektin juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat . Studi telah menemukan hubungan yang kuat antara makan mangga dan menurunkan risiko kanker saluran pencernaan.

Menaikkan berat Badan

150g mangga memberikan sekitar 86 kalori, yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Selain itu mangga juga mengandung pati, yang akan berubah menjadi gula yang membantu kenaikan berat badan. Jika Anda terlalu kurus dan ingin segera meningkatkan berat badan, mangga adalah salah satu solusi alami yang sehat.

Membantu mengatasi gangguan pencernaan

Mangga memainkan peran penting untuk menghilangkan masalah gangguan pencernaan dan kelebihan asam. Enzim-enzim pencernaan yang terdapat dalam mangga akan membantu untuk mempromosikan pencernaan yang efisien. Bahan-bahan bioaktif dalam mangga, seperti ester, terpene dan aldehida berkontribusi dalam meningkatkan nafsu makan dan fungsi sistem pencernaan .

Mengatasi Anemia & Membantu Kehamilan

Mangga kaya akan zat besi, yang sangat bermanfaat bagi orang yang menderita anemia. Asupan mangga reguler dapat membantu untuk menghilangkan anemia, dengan jalan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Mangga juga sangat bermanfaat bagi wanita hamil, karena zat besi selama hamil sangatlah penting. Dokter seringkali meresepkan tablet zat besi selama kehamilan, tapi mangga bukannya suplemen, Anda dapat menikmatinya untuk memenuhi kecukupan zat besi selama hamil.

Kesehatan kulit dan mengatasi jerawat

Mangga erat kaitannya dengan kesehatan kulit. Selain dapat membuat wajah cerah dan sehat, mangga juga membantu untuk mencerahkan warna kulit. Jadi Anda dapat dengan mudah untuk meningkatkan kecantikan Anda, dengan memasukkan buah mangga kedalam diet Anda.

Mangga juga efektif mengobati jerawat dengan jalan membuka pori-pori kulit yang tersumbat. Setelah pori-pori terbuka, maka pembentukan jerawat pada akhirnya akan berhenti. Mengatasi penyumbatan pada pori-pori kulit adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan jerawat. Untuk mengatasi jerawat, Anda cukup menerapkan irisan daging mangga selama sekitar 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Memperlambat Tanda Penuaan

Mangga mengandung tinggi vitamin A dan vitamin C, yang keduanya akan membantu untuk memproduksi protein kolagen dalam tubuh. Kolagen berguna untuk membantu melindungi pembuluh darah dan jaringan ikat tubuh, sehingga ini akan memperlambat proses penuaan alami kulit.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Mangga mengandung vitamin B – 6 yang cukup tinggi, yang sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Vitamin ini akan membantu penggabungan neurotransmitter utam, yang memberikan kontribusi dalam menentukan suasana hati dan pola tidur . Dengan mengkonsumsi mangga sebagai bagian dari diet, Anda akan memiliki otak yang sehat dan fungsi saraf yang efektif. Kandungan asam Glutamin dalam mangga juga bermanfaat meningkatkan konsentrasi dan kekuatan memori Anda.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mangga mirip dengan wortel, yaitu kaya akan beta -karoten. Unsur dalam mangga ini membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dimana akan membuatnya tahan terhadap bakteri dan racun. Kelebihan betakaroten akan berubah menjadi vitamin A. Vitamin A adalah vitamin yang termasuk juga memiliki sifat antioksidan, dan memberikan perlindungan tambahan terhadap radikal bebas yang dapat merusak.

Alergi mangga?

Beberapa orang bisa sensitif terhadap mangga, dan mendapat alergi kulit. Mangga mengandung zat yang disebut urushinol dalam jumlah kecil, yang merupakan resin beracun yang dapat menyebabkan dermatitis. Tingkat keparahan alergi kulit ini bisa bervariasi antara individu. Kulit dan jus mangga berpotensi lebih lebih besar untuk menyebabkan alergi ini, sedangkan daging buah mangga relatif lebih rendah dapat merangsang reaksi alergi ini .

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: