Manfaat Bayam Merah

Manfaat bayam merah | Khasiat Bayam merahManfaat Bayam Merah – Bayam merah Habitat asalnya dari Amerika tropis, dan menyebar tumbuh dengan baik dinegara negara beriklim tropis dan subtropis. Bayam merah dapat tumbuh sepanjang tahun, biasa diketemukan pada wilayah ketinggian hingga 2000m dpl. Bayam merah sendiri merupakan salah satu dari beberapa varietas bayam yang ada, diantaranya bayam hijau,bayam duri, bayam tanah dsb. Bayam merah sendiri ada 2 jenis, yaitu bayam merah yang seluruh daun dan batangnya berwarna merah(blitum rubum) dan yang berdaun merah namun batang berwarna hijau(blitum album).

Bayam merah biasa dimanfaatkan sebagai sayuran pelengkap sumber gizi yang baik, dan banyak juga pakar herbal yang menyarankan bayam merah untuk membantu pengobatan penyakit tertentu.

Khasiat dan manfaat bayam merah dan kandungan gizi bayam merah

Kandungan Gizi Bayam Merah

Perbandingan gizi/ banyak (food weight)  dalam penelitian per 100 gr.
Bagian Bayam Merah yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 71 %
Energi  = 51 kkal
Protein  = 4,6 gr
Lemak  = 0,5 gr
Karbohidrat  = 10 gr
Kalsium = 368 mg
Fosfor = 111 mg
Zat Besi = 2 mg
Vitamin A  = 5800 IU
Vitamin B1 h = 0,08 mg
Vitamin C  = 80 mg

Khasiat Bayam Merah :

Khasiat bayam merah untuk pengobatan

Secara umum bayam merah dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Akar bayam merah memiliki khasiat untuk pengobatan disentri. Karena Bayam termasuk dalam golongan sayuran berserat, maka bayam merah  juga melancarkan proses buang air besar. Makanan berserat pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar, penderita kencing manis (diabetes mellitus), kolesterol, darah tinggi dan menurunkan berat badan. Infus daun bayam merah 30% per oral, dan dapat meningkatkan kadar serum besi, hemoglobin dan hematokrit kelinci. Dalam hal pemanfaatan bayam merah untuk pengobatan,  bayam merah lebih berkhasiat daripada bayam hijau.

Pemanfaatan Bayam merah untuk pengobatan

Bagian yang bisa digunakan adalah daun dan akar.

Indikasi :

Daun bayam bisa digunakan untuk membersihkan darah sehabis bersalin, memperkuat akar rambut, tekanan darah rendah, kurang darah (anemia) dan gagal ginjal. Akar bayam merah dapat digunakan untuk pengobatan disentri.

Kontra Indikasi

Untuk penderita kadar asam urat darah yang cukup tinggi dan rematik Gout dilarang mengkonsumsi bayam terlalu banyak,  karena sayur ini mengandung purin yang cukup tinggi. Di dalam tubuh, purin akan dimetabolisir menjadi asam urat. Jika Anda memasak sayur bayam, sebaiknya dikonsumsi sebelum didiamkan selama 4-5 jam. Bayam yang sudah dimasak dan lama didiamkan akan beroksidasi dengan udara, sehingga bayam menjadi beracun bagi tubuh. Baca artikelnya juga (new window) : Bayam yang sudah dimasak tak boleh didiamkan terlalu lama.

Cara pemakaian:

Untuk obat yang diminum , sediakan 25-30 g daun segar, lalu rebus dan dimakan sebagai lalap. Selain direbus, bayam dapat juga dijus untuk diminum. Untuk pemakaian luar, giling daun bayam segar sampai halus lalu tempelkan pada luka akibat gigitan binatang berbisa.

Untuk pemakaian bayam merah utuk pengobatan secara Umum :

Bayam merah Untuk meningkatkan kerja ginjal
Meningkatkan kerja ginjal dan untuk membersihkan darah sehabis bersalin , bayam merah dapat dikonsumsi sebagai sayur,  dimasak dalam bentuk sayur bening.

Bayam Merah Untuk mengatasi Kurang darah

Kurang darah, cuci tiga genggam daun bayam merah, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan satu sendok makan air jeruk nipis, lalu saring, selanjutnya tambahkan satu sendok makan madu dan sebutir kuning telur ayam kampung dan aduk sampai rata, kemudian ramuan ini diminum dan pengobatan dilakukan satu kali sehari selama seminggu, selanjutnya pengobatan dapat dilakukan dua kali seminggu sampai penyakitnya sembuh.
Bayam merah Untuk mengobati disentri

Cuci 10 batang akar bayam merah sampai bersih lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh sambil diaduk rata, lalu saring. Untuk pengobatan , minum air saringannya sekaligus.

Bayam merah untuk memperkuat akar rambut
Cuci satu ikat daun bayam dan batang bayam segar sampai bersih lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh sambil diaduk rata, Selanjutnya peras dan saring lalu minum sekaligus. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Terimakasih telah membaca artikel Manfaat Bayam Merah. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Khasiat Herbal, Makanan and tagged , , , , , .

Komentar: