Manfaat alpukat untuk kesehatan


apakah buah alpukat buruk bagi kesehatanBanyak pandangan dimasyarakat yang mengatakan jika alpukat itu buruk bagi kesehatan, karena banyak mengandung lemak. Jangan salah, sebab lemak dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah baik bagi kesehatan jantung, kecerdasan anak, lemak yang baik, menurunkan kolesterol, mengandung folat, tinggi vitamin E, dll. Buah musiman ini dikenal memiliki tekstur yang lembut, sehingga enak untuk dimakan bersama es, dibikin jus buah, bahkan enak dimakan begitu saja.

Berikut adalah sepuluh alasan makan buah alpukat setiap hari:

Pencegahan Kanker Prostat

Kanker prostat adalah penyakit yang paling ditakuti oleh para Pria, seperti halnya kanker payudara pada wanita. Dan Alpukat telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat.

Kanker Mulut

Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam alpukat akan mencari sel-sel kanker mulut dan menghancurkannya tanpa merugikan sel-sel yang sehat.

Perlindungan terhadap Kanker Payudara

Alpukat, seperti minyak zaitun, tinggi akan asam oleat, menurut penelitian telah terbukti mampu untuk mencegah kanker payudara.

Kesehatan Mata

Alpukat mengandung lutein karotenoid, jika dibandingkan dengan buah lainnya. Lutein akan melindungi kita terhadap degenerasi makula dan katarak, yaitu dua penyakit mata yang terkait usia.

Menurunkan Kolesterol

Alpukat tinggi beta-sitosterol, yaitu suatu senyawa yang telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol. Dalam satu studi, 45 relawan mengalami penurunan kolesterol rata-rata sebesar 17% setelah makan buah alpukat hanya dalam satu minggu.

Kesehatan Jantung

Satu cangkir alpukat menyediakan 23% folat dari total nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. Studi telah menunjukkan bahwa orang yang diet makanan kaya folat memiliki insiden lebih rendah penyakit jantung daripada mereka yang tidak. Vitamin E, lemak tak jenuh tunggal, dan glutathione yang dikemas dalam alpukat juga bagus untuk jantung Anda.

Lihat Juga :  Khasiat Manfaat Buah Petai

Pencegahan Stroke

Tingginya tingkat folat dalam alpukat juga akan memberikan perlindungan terhadap stroke. Orang yang diet makanan kaya folat berisiko jauh lebih rendah terkena stroke,  daripada mereka yang tidak.

Penyerapan Gizi yang lebih baik

Penelitian telah menemukan bahwa nutrisi tertentu akan diserap dengan lebih baik, bila dimakan bersama alpukat. Dalam satu studi, ketika peserta makan salad yang berisi alpukat, nutrisi diserap lima kali jumlah karotenoid (nutrisi yang mencakup likopen dan beta karoten), daripada mereka yang tidak diberikan alpukat.

Sumber Glutathione

Alpukat adalah sumber glutation yang baik, yaitu antioksidan penting yang dikatakan oleh peneliti untuk mencegah penuaan, kanker, dan penyakit jantung.

Kaya Vitamin E

Alpukat adalah buah sumber vitamin E terbaik, yaitu vitamin yang sangat penting untuk melindungi dari banyak penyakit, dan membantu mempertahankan kesehatan secara keseluruhan.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: