Mana yang baik, minum air es atau air hangat?


Mana yang terbaik, minum air es atau air hangatMana yang baik, minum air es atau air hangat? – Berbagai macam pilihan minum air putih sesuai selera seperi air Es, air dengan suhu kamar dan air hangat.  Ketika akan memutuskan untuk mengambil minuman, antara air es dan air hangat untuk mengatasi rasa haus, kadang timbul pertanyaan, “Mana yang terbaik, minum air es atau air hangat atau air suhu normal”. Ini kabar baiknya, bahwa dalam banyak kasus suhu air minum tidak ada perbedaan efek yang besar pada tubuh. Dan dalam beberapa situasi,  air es mungkin sedikit lebih menguntungkan daripada air hangat. Namun tetap pada prioritas utama , yaitu hanya harus minum air dalam jumlah cukup setiap hari – apakah itu air hangat atau air dingin.

Mana yang terbaik, minum air es atau air hangat?,,

Air Es

Banyak yang menyukai nuansa es atau air dingin, dan itu ternyata lebih baik untuk minum ketika sedang berolahraga. Ketika berolahraga atau terlibat dalam aktivitas fisik yang intens, suhu tubuh akan meningkat, dan minum air dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh agar kembali normal. Hal ini juga penting ketika tubuh berada dalam panas yang tinggi, atau paparan sinar matahari yang kuat dan latihan yang berat. Selain itu, air dingin lebih cepat diserap ke dalam tubuh daripada air hangat, dan akan membantu rehidrasi lebih cepat, menurut Columbia University.

Air Hangat

Air hangat belum tentu juga lebih buruk daripada air dingin, namun ketika kita berolahraga, air hangat tidak dapat membantu mengganti cairan  dengan lebih cepat, serta  tidak akan memiliki efek pendinginan yang sama. Akan tetapi itu bukan perbedaan yang signifikan, jika Anda lebih suka memilih air hangat. Selain itu, jika Anda memiliki gigi sensitif, air es mungkin akan mengganggu, sementara air hangat tidak demikian dengan air hangat. Hal ini lebih penting bahwa Anda minum air yang cukup untuk menggantikan cairan Anda kehilangan melalui kegiatan sehari-hari dan fisik, mencegah dehidrasi, selain itu Anda minum air suhu tertentu.

Lihat Juga :  Ciri ciri penyakit Vertigo

Dehidrasi

Menurut Mayo Clinic, dehidrasi terjadi karena tubuh kehilangan cairan lebih banyak dari yang di dapat – bisa dikarenakan kondisi seperti demam, muntah atau hanya memang tidak minum cukup air cukup sepanjang hari. Dehidrasi bisa menyebabkan mulut kering, perasaan haus, kurangnya elastisitas kulit, tekanan darah rendah dan gangguan denyut jantung. Komplikasi akibat dehidrasi bisa mencakup pembengkakan otak, kejang, gagal ginjal, dan dalam kasus yang lebih ekstrim, dapat menimbulkan ketidaksadaran dan kematian. Minum air putih saat pertama bangun tidur direkomendasikan, agar tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari – air hangat atau dingin.

Jumlah air yang diminum

Jumlah air yang dibutuhkan  bervariasi dari setiap individu, rekomendasi yang umum adalah 8 atau 9 gelas air setiap hari. Mayo Clinic merekomendasikan pedoman minum air, yaitu minumlah cukup air ketika merasa haus, atau jarang mendapati urin berwarna pucat. Untuk tetap terhidrasi, Anda bisa minum segelas air – dingin atau hangat – sebelum atau sesudah makan.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: