Makanan yang menyehatkan Gusi


Makanan yang menyehatkan gusiGusi yang sehat tentu akan semakin membuat menarik senyuman Anda. Namun dibalik itu semua, gusi yang tidak sehat ternyata menunjukkan atau menyebabkan gejala lain seperti diabetes dan penyakit jantung. Misalnya sakit gusi berdarah, ini dapat dikaitkan dengan salah satu tanda kekurangan nutrisi tertentu.

Sementara itu menurut hasil penelitian dari Columbia University, Orang-orang dengan penyakit gusi memiliki kemungkinan terkena diabetes dua kali lebih besar. Bakteri yang ada pada penyakit gusi dapat memicu peradangan di dalam didinding arteri, dan kemudian akan membuat jaringan-jaringan lebih resisten terhadap insulin, akibatnya pengendalian gula darah menjadi buruk dan terjadilah diabetes.

Seorang profesor di University of Texas Health Sciences Center, David Cochran DDS mengatakan, peradangan pada arteri yang disebabkan oleh penyakit gusi juga dapat memicu masalah jantung. Penyakit gusi memang bukan penyakit sepele, karena selain dapat merusak senyum Anda, ternyata juga dapat memicu dua penyakit yang paling ditakuti dewasa ini.

Untuk itu jagalah kesehatan gusi Anda dengan melakukan pemeriksaan secara rutin kepada dokter Anda. Selain itu, untuk mencegah terjadinya masalah gusi, Anda juga dapat memilih makanan Ternyata dan minuman sehat yang dapat melindungi kesehatan gusi Anda.

Berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan gusi Anda:

Buah dan Sayuran Kaya Vitamin C

Vitamin C memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan gusi, karena mendukung produksi kolagen yang dibutuhkan untuk pembentukan jaringan gusi. Contoh buah yang tinggi vitamin C seperti Jeruk, kiwi, mangga, dan buah berri. Sedangkan sayuran yang tinggi kandungan vitamin C seperti kubis dan paprika.

Olahan Susu

Olahan susu seperti Yoghurt, keju, dan susu rendah lemak kaya akan kalsium dan vitamin D, bermanfaat untuk membuat gusi Anda kuat dan tahan terhadap penyakit  gusi.

Lihat Juga :  Manfaat Jamur bagi Kesehatan

Teh Hijau

Teh hijau dikenal mengandung katekin, yaitu jenis zat antioksidan yang juga dapat membantu untuk memerangi bakteri penyebab penyakit gusi. Teh hijau juga sangat bermanfaat untuk mencegah peradangan karena sifat anti inflamasinya.

Kismis

Raisin atau kismis adalah buah anggur yang dikeringkan, dan rasanya manis dan lengket ketika dimulut. Jangan berfikir bahwa raisin tak baik bagi kesehatan mulut, sebab penelitian menunjukkan bahwa raisin mengandung antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya jenis bakteri penyebab peradangan dan penyakit gusi.

Ternyata tak sulit untuk menemukan makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan, terutama kesehatan gusi. Selain dengan makanan, selalu menjaga kebersihan mulut juga harus dilakukan untuk membantu mengendalikan pertumbuhan bakteri mulut yang merugikan.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: