Makanan yang Menyehatkan Gigi dan Gusi


Makanan yang Menyehatkan Gigi dan GusiMakanan yang kita makan akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan gusi dan gigi. Hal ini mungkin jarang pernah difikirkan oleh banyak orang. Beberapa jenis makanan memiliki peranan penting untuk mencegah sakit gigi, karena mereka bisa membunuh beberapa jenis bakteri penyebab gigi berlubang. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa memiliki mulut yang sehat bararti akan mencegah resiko penyakit jantung, stroke, persalinan prematur, dan beberapa  penyakit lainnya .

Kerusakan gigi adalah salah satu masalah yang terjadi pada gigi paling umum. Tidak ada batasan usia untuk penyakit yang satu ini. Kerusakan gigi dapat terjadi karena berbagai macam alasan, salah satunya adalah makanan yang manis. Mengkonsumsi makanan manis yang berlebihan, akan membuat bakteri semakin tumbuh subur di mulut. Sisa makanan dyang menempel di celah gigi adalah yang juga menjadi memicu utama gigi berlubang. Ini adalah alasan utama, mengapa Anda harus menyikat gigi setiap habis  makan.

Setiap kali Anda makan makanan yang mengandung gula atau yang mengandung pati, maka bakteri dalam plak gigi bisa membentuk zat asam dan akan menyebabkan kerusakan. Karena itulah, pilihlah makanan yang secara alami dapat melawan bakteri dalam mulut, bisa menghilangkan plak, menguatkan email gigi, sekaligus memberikan nafas yang segar. Itu adalah beberapa cara yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Baca juga:

  • Cara membersihkan karang gigi Disini
  • Gigi sakit atau ngilu saat minum air dingin Disini
  • Dampak terlalu banyak dan sering makan gula Disini
  • Baking soda, pasta gigi alami yang aman bagi kesehatan Disini

Berikut ini beberapa sumber makanan yang akan sangat membantu kesehatan gigi dan gusi:

1 . Buah yang kaya vitamin C.

Kandungan tinggi vitamin C dalam buah-buahan dapat mempertahankan fungsi jaringan gusi yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa jaringan kolagen pada gusi Anda dapat rusak, jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin C. Hasilnya akan membuat gusi Anda lebih rentan terhadap bakteri penyebab sakit gigi. Buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, nanas, kiwi, jambu biji, belimbing, pepaya dan stroberi.

Lihat Juga :  Cara Meningkatkan kemampuan Otak

2 . Makanan yang kaya vitamin B dan asam folat

Asam folat juga dibutuhkan dalam jumlah yang cukup besar untuk menjaga kesehatan gusi serta  jaringan di seluruh mulut. Vitamin B dapat ditemukan dalam sayuran hijau, ikan beras, ragi dan kacang-kacangan serta biji-bijian.

3 . Lobak

Lobak mengandung Senyawa Isotiosinat , yang dapat menghambat aktivitas bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi.

4 . wijen

Wijen kaya akan mineral kalsium, sehingga dapat melindungi tulang sekitar gigi dan gusi . Mengunyah wijen akan memberikan efek pembersihan plak gigi dan merangsang pembentukan email gigi .

5 . Keju

Keju mampu menyeimbangkan PH di mulut Anda, hal ini di mana pH asam akan mendorong pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Makan keju juga akan membentuk kembali email gigi dan akan menghasilkan saliva ( air liur ), yang mampu membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi dan sakit gusi. Keju yang rendah karbohidrat, tinggi kalsiumdan mengandung fosfor juga mampu mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

6 . Bawang merah

Meskipun banyak orang yang tidak nyaman dengan bau mulut yang disebabkan oleh bawang merah, namun bawang merah mentah tampaknya dapat membunuh bakteri mulut karena mengandung belerang .

7 . Bawang putih

Tidak hanya bawang merah, bawang putihpun juga mampu membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Bawang putih mengandung zat tertentu yang dapat meredakan sakit dan nyeri pada gigi. [ Baca juga: Bawang putih untuk obat sakit gigi alami ]

8 . Seledri

Seledri baik jika dimakan mentah, karena akan meningkatkan produksi air liur dan juga mampu melumpuhkan bakteri Streptococcus, penyebab gigi keropos (berlubang). SeraTinggi pada seledri juga memiliki efek memijat gusi, serta membantu membersihkan sisa-sisa makanan di antara gigi. Aroma seledri yang segar juga akan membawa kesegaran dalam mulut Anda.

Lihat Juga :  Gejala, penyebab dan pengobatan gula darah rendah

9 . Teh hijau

Dalam teh hijau mengandung zat yang disebut dengan catechin, yang dapat membunuh bakteri di mulut yang bekerja mengkonversi gula menjadi plak. Katekin adalah zat anti – inflamasi dan antibiotik, artinya dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

10 . Daun mint

Mengunyah peterseli atau daun mint setelah makan makanan pedas juga akan membantu untuk menjaga kesegaran aroma napas Anda. Tanaman ini mengandung monoterpen, yaitu zat yang mudah menguap dan cepat mengalir dari darah ke paru-paru, sehingga akan melepaskan aroma yang baik melalui nafas .

11 .Jamur shiitake

Penelitian menunjukkan bahwa gula yang ditemukan dalam jamur shiitake, mampu mencegah bakteri mulut penyebab plak gigi .

12 . Makanan yang mengandung antioksidan

Koenzim Q10 ( CoQ10 ) menyediakan energi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dan penyembuhan jaringan gusi. Nutrisi lain yang penting bagi kesehatan gusi meliputi vitamin A (beta karoten dan), seng, vitamin E, selenium, dan antioksidan flavonoid, dan banyak ditemukan dalam buah  bilberry, hawthorn, anggur dan teh hijau, buah-buahan terutama jeruk, dan sayuran.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: