Makanan yang mengandung Kolagen


Ingin kulit tetap kencang sehingga menjadi awet muda?,,  Makanan dan buah yang mengandung kolagen sangat dianjurkan karena bagus untuk kesehatan kulit. Kolagen merupakan salah satu protein yang menyusun tubuh manusia, dan jumlahnya kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein dalam tubuh. Kolagen adalah struktur organik yang membangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan.Makanan yang mengandung kolagen

Pada saat produksi   kolagen mulai menurun maka kulit seseorang akan timbul penuaan, muncul garis garis halus dan kerutan. Karena kolagen sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel kulit baru .Proses penurunan produksi kolagen biasanya terjadi di atas usia 20 tahun.

Biasanya wanita menggunakan krim yang mengandung kolagen sebagai perawatan luar untuk kulitnya, namun sebenarnya pada kenyataannya kurang memberi manfaat bagi kulit, karena molekul kolagen yang terlalu besar sulit masuk ke dalam lapisan kulit. Perawatan kulit dari dalam ternyata lebih efektif dibanding perawatan dari luar, dengan mengonsumsi makanan dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Berikutini beberapa  Buah dan makanan yang Mengandung Kolagen

Buah Strawberry

Kandungan vitamin C dalam stroberi memiliki peran penting untuk mengurangi efek penuaan seperti keriput dan kulit kering kasar. Penelitian mengungkap bahwa vitamin C bermanfaat menangkal radikal bebas dan merangsang pembentukan kolagen sehingga memunculkan efek yang menghaluskan kulit. Stroberi juga mengandung asam ellagic yang dapat melindungi serat elastis, yang bertugas menjaga struktur kulit tetap utuh, menjaga kekencangan serta melawan enzim perusak kulit.

Bawang putih

Makanan yang mengandung KolagenBawang putih mengandung belerang yang membantu tubuh Anda memproduksi kolagen. Kandungan lainnya yaitu asam taurine dan lipoid bekerja untuk memperbaiki serat kolagen.Bahkan bawang putih dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Lihat Juga :  Sensasi Kopi Luwak, kopi termahal didunia

Tomat

Tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan tinggi untuk menghambat enzim kolagenase / enzim yang merusak ikatan peptida pada kolagen

Ikan

Mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 seperti tuna, salmon, sarden dan ikan trout dapat membantu menjaga kulit tetap sehat bercahaya. Kandungan Asam lemak omega 3 EPA (asam eicosapentaenoic) berperan dalam membentuk kolagen.

Berikan komentar Anda: