Makanan Yang Mengandung Kalium

Makanan Yang Mengandung Kalium – Pernah mendengar kata kalium?,,,Manfaat kalium bagi tubuh sangat baik sekali, bahkan mampu menurunkan tekanan darah tinggi.Menurut penelitian, peningkatan kalium dapat membantu ginjal untuk mengeluarkan garam dan air dari dalam tubuh , sehingga akan membantu untuk menurunkan tekanan darah.Hal ini tentunya Tentunya akan menurunkan risiko terjadinya stroke.Kalium sendiri merupakan elektrolit yang diketahui dibutuhkan tubuh agar tubuh tetap berenergi.

Pada umumnya  diketahui kita mendapat asupan kalium terbanyak dari buah pisang, yakni  sejumlah 435 mg per 100 gramnya. Namun sebetulnya masih ada beberapa makanan lain yang dapat meningkatkan kadar kalium pada tubuh Kita.

Berikut beberapa Makanan Yang Mengandung Kalium

Selada swiss

selada swiss chard - makanan yang mengandung kalium

Zat hijau dalam secangkir daun selada swiss mengandung kalium tertinggi, yaitu 1 gram. Lebih bergizi lagi jika ia dimasak pada saat masih fresh, artinya belum dimasukkan ke dalam lemari es. Selain mengandung kalium, selada swiss ini juga kaya akan vitamin K.

 

Secangkir sayuran berwarna kuning atau oranye

Sayuran berwarna kuning atau oranye mengandung sekitar satu gram kalium ketika sudah dimasak. Sayuran seperti ini juga mengandung vitamin C, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.

 

Secangkir aprikot

Setengah cangkir aprikot sama dengan secangkir sayuran. Akan tetapi aprikot mengandung gula yang cukup tinggi, jadi sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsinya.

 

Kentang panggang yang besar

Kentang panggang ukuran besar bisa mengandung kalium sejumlah 0,9 gram. Untuk kentang, dipanggang lebih baik daripada direbus agar kalium tinggi. Karena jika direbus, kalium akan larut didalam air mendidih. Saat diproses, jangan dibuang kulit kentang karena juga mengandung kalium.

Terimakasih telah membaca artikel Makanan Yang Mengandung Kalium. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kesehatan, Khasiat Herbal, Makanan and tagged , .

Komentar: