Makanan yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh


Ada jenis makanan tertentu yang dapat membantu meningkatkan metabolisme. Jika Anda makan makanan ini sebagai bagian dari diet rendah lemak, serta menggabungkannya dengan latihan rutin maka dapat membantu Anda selangkah lebih dekat kearah tujuan penurunan berat badan.

Berikut adalah 9 makanan yang akan membantu mempercepat metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

1. Havermut

Jika Anda mencari cara mempercepat metabolisme tubuh Anda, maka mulailah pagi Anda dengan semangkuk oatmeal. Ini adalah makanan yang super kaya serat larut lemak, yang akan membutuhkan banyak kalori untuk memecahnya. Makan oatmeal juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Jeruk bali

Studi menunjukkan bahwa makan jeruk dapat menurunkan kadar insulin. Menurunkan kadar insulin setelah makan dapat membantu proses makanan dalam tubuh yang lebih cepat dan efisien. Ini berarti bahwa Anda akan membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.

3. Cabai

Menambahkan beberapa jenis rempah-rempah dalam  makanan dapat mempercepat penurunan berat badan. Cabai mengandung zat kimia yang disebut capsaicin, yang akan memberikan pedas dan panas yang menyebabkan lonjakan metabolisme. Bahan kimia ini akan membuat kalori terbakar selama berjam-jam setelah Anda selesai makan. Baca juga : resep sambal petai kerang

4. Protein

Protein yang ditemukan pada daging ayam, kalkun, dan daging tanpa lemak lainnya akan membutuhkan banyak energi untuk mengurainya. Oleh karena itu, tubuh Anda akan membakar banyak kalori selama proses pencernaan. Protein juga merupakan unsur penting dalam membangun massa otot, yang akan membakar lebih banyak kalori daripada lemak.

5. Salmon dan Tuna

Tingginya kadar hormon leptin telah dikaitkan dengan metabolisme lebih lambat dan berat badan. Cara yang baik untuk menurunkan kadar leptin adalah dengan cara meningkatkan asupan ikan. Minyak yang ditemukan pada ikan seperti salmon dan tuna telah terbukti mengurangi kadar leptin dan membantu proses makanan tubuh menjadi lebih efektif.

Lihat Juga :  Khasiat: Manfaat tanaman Pecut Kuda

6. Yogurt rendah lemak

Yogurt rendah lemak adalah salah satu makanan terbaik jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme. Yogurt penuh kandungan kalsium dan protein. Ini akan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk aktif sepanjang hari, serta membantu untuk membangun massa otot. Yogurt juga dapat membantu saluran pencernaan.

7. Green Tea

Kafein yang ditemukan dalam teh hijau dapat mempercepat denyut jantung dan mempercepat metabolisme. Teh juga mengandung bahan kimia, yang dikenal dengan EGCG, yang dapat merangsang sistem saraf dan membantu untuk membakar kalori lebih cepat. Baca selengkapnya tentang teh hijau, Disini

8. Brokoli

Brokoli kaya akan kalsium dan vitamin C. Kedua vitamin ini akan bekerja sama membantu membakar kalori lebih cepat dan lebih efektif. Kalsium akan mengaktifkan metabolisme, sementara vitamin C akan membantu tubuh untuk menyerap lebih banyak kalsium.

9. Kacang almond

Almond mungkin tinggi kalori, tetapi  jugakaya akan asam lemak esensial yang berfungsi besar sebagai penguat metabolisme .

Ingat, cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan cara menggabungkan diet sehat dan olahraga teratur. Namun, menggabungkan makanan yang dapat meningkatkan metabolisme dalam diet kaya nutrisi ini akan memberikan penurunan berat badan yang lebih dekat dengan tubuh ramping dan sehat.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: