Makanan Yang Buruk Untuk Ibu Hamil


Makanan yang buruk untuk ibu hamilMakanan Yang Buruk Untuk Ibu Hamil – Ibu hamil tentu saja membutuhkan asupan gizi yang lengkap yang bisa didapat dari berbagai makanan sehat kaya nutrisi. Beberapa yang penting adalah makanan kaya folat, makanan kaya zat besi, kaya omega 3 , banyak mengandung vitamin B, dsb. Namun, selain membutuhkan makanan bernutrisi baik, ibu hamil juga harus menghindari makanan yang tidak baik bagi janin maupun ibunya itu sendiri.

Berikut beberapa makanan yang buruk bagi ibu hamil, yang kita rangkum dari banyak sumber:

Susu non Pasteurisasi

Susu non pasteurisasi juga bisa mengandung bakteri Listeria yang bisa berakibat buruk, bahkan membahayakan bagi janin.

Minuman beralkohol

Tentu saja minuman beralkohol sangat tidak baik bagi ibu hamil, walaupun kandungannya hanya sedikit. janin didalam kandungan akan menerima apasaja yang dikonsumsi oleh ibunya, dan tubuh janin sangat rentan dan sensitif terhadap zat tertentu dalam makananPada ibu hamil dan menyusui, alkohol bisa membuat calon bayi anda menderita gangguan mental dan juga gangguan kehamilan lainnya bagi anda..

Minuman mengandung Kafein.

Menurut beberapa penelitian mungkin memperbolehkan wanita hamil mengkonsumsi kafein. Namun, menurut studi yang ditemukan APA mengatakan bahwa kafein dapat berpengaruh terhadap keguguran, terutama di usia kehamilan trisemester. Kafein merupakan zat yang dapat membuat anda selalu ingin buang air, sehingga tubuh anda bisa menjadi lemah, mudah dehidrasi, bahkan kekurangan kalsium. Saat ini, dunia medis membatasi pengonsumsian kafein tidak lebih dari 300mg per hari untuk mencegah keguguran tersebut.

Daging atau Ikan Mentah.

Didalam daging mentah sangat mungkin terdapat bakteri berbahaya, dan mereka hanya bisa mati jika daging dimasak dengan suhu tertentu. Jadi, bagi bumil sebaiknya untuk sementara menghindari makan sushi. Dagin atau ikan yang mentah sangat beresiko mengandung bakteri berbahaya bagi janin seperti salmonella atau toxoplasma.

Lihat Juga :  Penyebab dan mengatasi darah tinggi pada Ibu Hamil

Ikan Bermerkuri.

Pencemaran laut oleh limbah mengandung merkuri akan mencemari ikan yang hidup dilingkungan air tercemar tersebut.Jadi tubuh ikan yang hidup di daerah perairan tercemar merkuri akan ikut mengandung merkuri. Pada saat mengandung sebaiknya anda menghindari makanan kalengan. Mengapa? Karena makanan kalengan lebih berpotensi memiliki kandungan merkuri yang membahayakan.

Telur Mentah ataupun Setengah Matang.

Telur mentah ataupun setengah matang rawan hidup didalamnya bakteri berbahaya bagi janin yaitu salmonella. Bakteri tersebut tidak akan mati jika telur tak dimasak dalam suhu tinggi hingga matang.Mengkonsumsi telur mentah atau setengah matang, sangat membahayakan janin anda.

Aneka Saus Berbahan Dasar Telur Mentah.

Karena telur mentah maupun telur setengah matang dinyatakan tak baik bagi ibu hamil, maka produk seperti mayonaise, ice cream home made, custard, salad dressing, ataupun cream kue sebaiknya dihindari. Hilangkan semua menu makanan yang mengandung telur mentar dari daftar makan anda.

Soft Cheese.

Keju impor sebaiknya juga anda hindari karena diduga mengandung bakteri yang disebut Listeria. Bakteri ini cukup berbahaya bagi bumil karena bisa menyebabkan pendarahan, hingga keguguran.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: