Makanan yang buruk bagi kesehatan jantung


Makanan buruk bagi jantungMakanan yang buruk bagi kesehatan jantung – Penyakit jantung populer dengan julukan ” Pembunuh Nomer satu”, begitu mengerikan kedengarannya. Begitulah adanya, karena jantung adalah penggerak denyut nadi kehidupan. Entah apa yang terjadi jika secara tiba-tiba jantung berhenti berdetak, karena tak mampu lagi melakukan pekerjaannya “Mengalirkan nutrisi melalui darah” kita. Penyakit jantung hadir karena banyak dipengaruhi oleh pola makan yang buruk, serta akibat dari gaya hidup tak sehat.

Junk food atau makanan cepat saji memang nikmat, sehingga kerap dianggap yang paling bisa memanjakan lidah. Namun ingatlah, bahwa makanan cepat saji cenderung menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh, dan ini membuatnya menjadi berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Makanan yang diolah dengan cara ini kaya akan lemak jenuh, natrium dan kolesterol yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Tak selamanya makanan enak itu tidak baik untuk jantung, cerdaslah dalam memilih olahan makanan.

Berikut adalah sepuluh makanan yang dapat menyebabkan penyakit jantung,Waspadalah!

Seperti yang dilansir qualityhealth.com

1. Ayam Goreng

Ayam goreng nampaknya cukup sehat bagi tubuh, namun ketahuilah jika makanan gorengan merupakan sumber kolesterol dan lemak. Empat potong ayam goreng cepat saji mengandung 920 kalori, 63 gram lemak dan 350 mg kolesterol. Dada ayam goreng tanpa kulit adalah bagian daging ayam yang paling bergizi. Ini mengandung 120 kalori, 1,5 gram lemak dan 70 mg kolesterol, dada ayam panggang dapat menjadi menu pengganti ayam goreng yang lezat dan penuh lemak.

2. Sosis

Sosis Italia mengandung 22 gram lemak dengan 8 gram lemak jenuh dan 810 mg natrium tiap kali dipanggang. Namun ini dapat diganti dengan  sosis kalkun asap yang hanya mengandung 110 kalori, 6 gram lemak dengan 1,5 gram lemak jenuh.

Lihat Juga :  Mana yang baik, minum air es atau air hangat?

3. Kue Keju

Kue keju banyak mengandung kalori dan asupan lemak dengan rincian 860 kalori, 57 gram lemak, dan 80 gram karbohidrat per irisan.

Jika memang anda sangat ingin mencicipi kue keju, pilihlah kue keju yang polos , yang memiliki kandungan 315 kalori, 20 gram lemak, dan 25 gram karbohidrat. Walaupun tetap saja bukan pilihan makanan sehat, keju polos kayaknya tidak terlalu merusak jantung.

4. Steak

Sejumlah tinggi lemak jenuh dan kolesterol terkandung dalam daging merah, khususnya jika mengkonsumsi dalam jumlah banyak. Membatasi konsumsi daging sapi sirloin,  maupun yang mentah dapat memberikan 594 kalori, 18,5 gram lemak dengan 6,8 gram lemak jenuh, dan 191 mg kolesterol. Jika digoreng, kalorinya, kolesterol dan garamnya juga akan semakin bertambah banyak.

Membatasi asupan daging sapi dapat mencegah kerusakan arteri penyebab sakit jantung.

5. Burger

Memilih burger yang salah dapat berdampak besar bagi jantung. Burger besar mengandung 540 kalori, 29 gram lemak, dan 1040 mg natrium. Bahkan hamburger kecil buatan sendiri pun bisa mengandung lemak 14,8 gram dengan lemak jenuh 5,6 gram, dan 76 mg kolesterol.

6. Pizza

Sepotong irisan pizza mengandung 9,8 gram lemak dengan 4,4 gram lemak jenuh, dan 551mg natrium. Apalagi biasanya orang masih merasa kurang kalau hanya makan pizza satu iris.

Cobalah untuk membuat pizza sendiri dengan meracik adonan gandum, muffin Inggris, atau pitas, lalu tambahkan saus dan keju rendah lemak untuk menciptakan alternatif yang sehat untuk seluruh keluarga.

7. Pasta/spagheti

Pasta yang dihidangkan secara cepat saji  direstoran memiliki tambahan 1430 kalori, 81 gram lemak dengan 41 gram lemak jenuh, dan 4540 natrium.

Lihat Juga :  Efek sering mabuk-mabukan bagi Kesehatan

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: