Makanan yang baik untuk Kesehatan Otak


Otak adalah organ tubuh paling penting, berperan seperti komputer yang mengendalikan seluruh bagian tubuh, seperti untuk mengingat, konsentrasi, mengantuk, mempelajari pengetahuan baru, dan sebagainya. Otak membutuhkan 50% energi dari total kebutuhan energi tubuh. Makanan Yang baik untuk kesehatan OtakUntuk itu otak membutuhkan nutrisi khusus untuk memaksimalkan kinerjanya.Kurangnya nutrisi otak, maka akan sangat mempengaruhi daya maksimal kerja otak.Untuk itu kita membutuhkan  makanan yang dapat memenuhi kebutuhan otak kita, seperti seperti multivitamin, asam amino dan mineral.Seperti apa makanan yang baik untuk kesehatan otak, sehingga akan menunjang kinerja terbaiknya?

Berikut ini 10 jenis bahan makanan untuk meningkatkan kesehatan dan kinerja otak, untuk itu pastikan Anda mendapatkannya dalam menu makan sehari-hari.

1. Tiram

Percobaan telah menunjukkan bahwa tiram sangat bagus untuk otak Anda, tidak peduli usia Anda. Karena mereka kaya zinc serta zat besi, makanan ini akan membantu anda untuk menjaga pikiran Anda tajam dan meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat informasi dengan mudah. Zinc dan zat besi telah dikaitkan dengan kemampuan otak untuk tetap fokus dan mengingat informasi. Kekurangan zinc dan zat besi dapat mengakibatkan penyimpangan memori, konsentrasi yang buruk, dan tentu saja penyakit lain di seluruh tubuh.

2. Biji-bijian

Betapa biji-bijian yang sehat untuk tubuh Anda,  sekaligus  juga makanan yang baik bagi otak. Gandum memiliki isi yang tinggi folat, seperti halnya beras merah, oatmeal, roti gandum, barley, dan lain-lain. Semua makanan ini bekerja untuk meningkatkan aliran darah ke otak yang berarti kualitas yang lebih tinggi dan kuantitas fungsi otak.

3. Teh

Teh hijau atau hitam baru diseduh sangat bermanfaat bagi otak Anda karena penuh catechin. Jika Anda pernah mengalami pada suatu hari di mana hanya merasa lemah, lelah, dan “terlalu malas” untuk berpikir?, Mungkin karena Anda kurang catechin dalam otak Anda. catechin sangat bagus untuk menjaga pikiran Anda tajam, segar, dan berfungsi dengan baik. Mereka tidak hanya menjaga otak Anda bekerja dengan baik, mereka juga memungkinkan untuk rileks dan membantu untuk memerangi kelelahan mental.

Lihat Juga :  Bahan kimia berbahaya penyebab kanker ada disekitar kita!

4. Telur

Padas saat orang  semakin tua, otak juga  mulai menyusut karena atrophy (terhentinya pertumbuhan otak). Namun, sebenarnya kita bisa melawan proses  ini dengan mengonsumsi telur. Telur penuh dengan vitamin B12 serta lesitin. Vitamin B12 membantu melawan penyusutan otak. Telur tidak direkomendasikan jika dikonsumsi terlalu banyak, karena penuh dengan asam lemak esensial. Kuning telur, walaupun sangat tinggi kolesterol, namun juga  tinggi akan kolin.Kolin adalah blok yang sangat penting dari sel-sel otak. Kolin dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda. Karena makan telur yang terlalu banyak bisa berakibat buruk bagi kesehatan , maka konsumsi produk telur hanya 1-2/ hari dapat menjadi makanan yang baik bagi otak.

5. Kari

Makanan pedas  ini adalah cara yang bagus untuk membumbui otak agar tetap segar. Sebuah bahan utama dalam bubuk kari, curcumin ini penuh antioksidan yang dapat membantu untuk melawan penuaan otak,dan memelihara fungsi kognitif saat usia bertambah. Antioksidan juga berjuang melawan kerusakan akibat radikal bebas yang dapat terjadi di dalam otak serta tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan peradangan dan penyakit lain dalam tubuh. Kari tidak hanya baik untuk otak anda, juga dapat melawan diabetes dan penyakit jantung. Anda tidak harus memiliki kari untuk makan siang dan makan malam setiap hari, jumlah terkecil kari sebulan sekali dapat sangat bermanfaat untuk otak Anda.

Baca Juga :

Berikan komentar Anda: