Makanan yang baik selama kehamilan

Makanan yang diperlukan selama kehamilanMakanan yang baik selama kehamilan – Gaya hidup dan diet yang sehat sangat penting selama kehamilan. Seiring dengan scan dan chkec up selama kehamilan,  Anda juga penting untuk berhati-hati dengan gizi yang Anda butuhkn. Penting untuk memasukkan pilihan terhadap kelompok makanan yang berbeda setiap hari,  untuk mencapai keseimbangan nutrisi yang benar agar Anda dan jani tetap terjaga kesehatannya.

Berikut adalah makanan yang sehat bagi ibu dan bayi selama kehamilan.

Susu dan Produk Susu

Produk susu dan susu menutupi kebutuhan tubuh akan vitamin B-12, kalsium, fosfor, dan protein. Nutrisi ini penting untuk mengembangkan gigi bayi, tulang, otot, jantung dan mencegah pembekuan darah. Kalsium sangat penting untuk tulang sebagai pondasi bayi, karenanya menjadikan kalsium lebih penting pada beberapa minggu terakhir kehamilan.

Asupan kalium yang direkomendasikan selama kehamilan adalah 1 gram sampai 1,3 gram per hari. Makanan seperti susu semi-skim, yoghurt rendah lemak dan keju keras rendah lemak memberikan jumlah yang baik seperti nutrisi. 1 cangkir susu, sekitar 2% mengandung sekitar. 293 mg kalsium,  dan 1 cangkir yogurt rendah lemak mengandung sekitar. 415 mg kalsium.Zat  aktif dalam yoghurt akan mencegah infeksi jamur serta gangguan pencernaan. Anda harus mengambil dua atau tiga porsi susu atau produk susu setiap hari untuk memenuhi kebutuhan harian.

Wanita hamil harus menghindari untuk mengkonsumsi produk susu yang tidak dipasteurisasi, keju biru lembut dan keju lain seperti brie, camembert karena mungkin mengandung tingkat listeria tinggi. Listeria dapat menyebabkan penyakit tertentu pada bayi baru lahir, dan bisa berakibat fatal. Anda dapat memilih dari keju kotak atau keju keras lainnya seperti cheddar, parmesan.

Nutrisi buah dan sayur untuk kehamilan

Buah-buahan dan sayuran kaya serat, vitamin dan mineral, meningkatkan pencernaan dan membantu mencegah sembelit. Nutrisi utama yang terdapat dalam kelompok makanan asam folat, kalium, beta karoten dan vitamin C. Anda harus menargetkan makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran yang berbeda. Pastikan bahwa sayuran atau buah  telah dicuci bersih, dan sayuran tidakterlalu matang untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal.

Alpukat – Selama kehamilan, dalam perkembangan sistem saraf bayi dan otak membutuhkan jumlah asam folat yang cukup. Ibu yang kekurangan asam folat sebelum pembuahan atau selama awal kehamilan berisiko lebih besar melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf seperti spina bifida. Alpukat kaya akan asam folat, kalium, vitamin B6, vitamin C. Vitamin B6 dalam makanan akan mengatasi gangguna morning sickness. Alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi,  sehingga anda harus bersiap mengurangi jika Anda kelebihan berat badan.

Wortel dan brokoli- Wortel dan brokoli merupakan sumber serat yang baik, vitamin A, karotenoid dan vitamin C. Wortel kaya akan unsur alkali yang meremajakan darah dan menyeimbangkan alkalinitas asam di dalam tubuh. Nutrisi ini juga penting untuk perkembangan tulang bayi, mata dan tunas gigi berkembang di bawah gusi. Sayuran seperti brokoli adalah pendetoksifikasi yang baik,  dan juga melindungi bayi dari kanker tertentu selama masa bayi dan kemudian.

Bayam dan sayuran berdaun hijau – Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya memiliki vitamin seperti A, C, K dan asam folat yang sangat penting. Mereka juga sumber zat besi yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan bayi.

Amla atau India Gooseberry- Satu porsi amla memiliki 20 kali lebih banyak vitamin C dari jeruk, sehingga  membuatnya menjadi antioksidan yang sangat baik. Manfaat kesehatan dari atribut amla yaitu adanya besi, karoten, fosfor dan kalsium di dalamnya. Amla telah digunakan untuk mengobati wasir, radang, anemia, malam sightedness dalam pengobatan ayurvedic. Irisan Amla dapat digunakan sebagai bagian dari salad,  atau bisa dinikmati dengan sedikit madu sebagai makanan penutup.

Buah Ara yang masih segar atau kering mengandung sejumlah besar serat, jika  dibandingkan dengan buah tropis lainnya atau sayuran yang membantu untuk meringankan sembelit. Satu porsi tiga buah ara mengandung lima gram serat,  memiliki jumlah yang baik kalsium, seng, kalium dan zat besi. Dan ini  adalah pilihan yang sangat baik untuk dimasukkan dalam diet kehamilan. Kandungan kalium dalam buah ara lebih banyak dibandingkan dengan pisang. Ini pat  mengontrol tekanan darah dan mencegah pre-eklampsia selama kehamilan. Buah ara kering mengandung baik jumlah omega-3 asam lemak. Mereka juga merupakan sumber vitamin B6 dan mengandung enzim proteolitik yang membantu dalam pencernaan.

Unggas, Ikan dan Daging

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi dari biasanya. Zat besi yang  direkomendasikan dalam memenuhi asupan harian adalah 27 mg per hari selama kehamilan. Domba, unggas, ikan, telur adalah beberapa sumber besi yang baik . Untuk menyerap zat besi tersebut dari sumber, tubuh juga membutuhkan makanan yang kaya vitamin C untuk dikonsumsi bersama. Anda juga perlu mengawasi asupan kafein,  karena mengurangi penyerapan zat besi dalam tubuh.

TelurTelur adalah sumber protein yang baik dengan kalori yang lebih rendah. Asam amino  dalam protein membantu dalam pengembangan tubuh bayi. Telur merupakan sumber yang sangat baik  Omega-3 dan kolin, yaitu yang baik untuk perkembangan retina bayi, otak dan fungsi memori. Sedangkan nilai Kolesterol yang tinggi dalam telur,  memiliki tingkat lemak jenuh yang relatif rendah , yaitu kira-kira satu setengah gram per butirnya. Anda harus memastikan untuk memasak telur sebelum dikonsumsi. Telur yang mentah atau setengah matang dapat menyebabkan salmonellosis,  penyebab mual, muntah, kram perut, diare dan demam.

Ikan – Salmon merupakan sumber protein berkualitas tinggi, mineral dan asam Omega-3 lemak esensial. Salmon rendah metil merkuri, zat yang bisa berbahaya bagi sistem saraf bayi seperti ikan todak. Ikan  king mackerel dan tilefish tidak dianjurkan selama kehamilan. Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 12 ons per minggu ikan salmon,  untuk menghindari asupan merkuri yang berlebihan . Ikan berlemak seperti salmon dan tuna juga merupakan sumber yang baik dari vitamin D. Dosis yang dianjurkan dari vitamin D selama kehamilan adalah 600 IU per hari,  dan tiga ons salmon dimasak sockeye menyediakan 447 IU per USDA Nutrient (referensi database Standar, Release 23).

Daging dan Unggas  – Daging dan unggas kaya protein. Lepaskan lemak dalam daging sehingga tanpa lemak sebelum dimasak,  karena bahan kimia yang termakan ternak cenderung berkonsentrasi dalam lemak. Ayam tidak hanya memiliki kemungkinan lebih terkontaminasi,  ayam juga cenderung  membawa infeksi seperti salmonella.

Kacang-kacangan

Ibu hamil bisa mendapatkan keuntungan banyak dari kacang-kacangan. Menyediakan berbagai nutrisi,  termasuk vitamin E dan mineral penting seperti tembaga, mangan, magnesium, selenium, seng, kalium dan kalsium. Walnut meningkatkan DHA (asam Docosahexenoic) untuk otak bayi. Jika Anda seorang vegetarian dan tidak akan memilih ikan berlemak, kenari dapat menyediakan Anda dengan share  omega 3 asam lemak yang sehat. Mereka dapat ditambahkan ke salad, bubur, atau makanan panggang.

Kacang dan Lentil

Berbagai kacang seperti kacang hitam, kacang pinto, kacang hitam bermata, kacang merah dan lentil adalah sumber zat besi, kalsium, folat, seng. Seiring dengan ini mereka juga menyediakan diperlukan protein dan serat. Sebagai saluran pencernaan melambat selama kehamilan, serat akan membantu untuk menjaga sembelit.

Biji bijian

Gandum memainkan peran yang sangat penting dalam membuat kehamilan diet, diet seimbang. Mereka memiliki kandungan serat yang tinggi dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin E, B (B1, B2, asam folat dan niasin), selenium, dan fitonutrien (senyawa tanaman yang melindungi sel-sel tubuh). Vitamin B membantu tubuh melepaskan energi dari protein, karbohidrat dan lemak. Makanan seperti roti gandum, gandum, jagung, barley, beras merah, oatmeal, dan quinoa sangat bergizi. Seluruh biji-bijian merupakan sumber penting dari karbohidrat yang menyediakan energi dalam bentuk glukosa ke sel-sel darah merah yang selanjutnya mencapai plasenta dan janin selama kehamilan.

Pilih Oat-Oat kaya akan vitamin B, zat besi dan mineral lainnya. Mereka juga penuh dengan serat dan akan membuat Anda puas untuk waktu yang lama. Mereka dapat diambil sebagai bagian dari sarapan yang sehat dengan atau tanpa susu. Oats juga dapat ditambahkan ke kue dan hal-hal lain dipanggang untuk meningkatkan kekuatan gizi makanan tersebut.

Air Mineral

Air selalu sebagai bahan dasar sehat untuk membebaskan tubuh dari racun . Minum air dalam jumlah yang cukup akan memastikan pencernaan, sirkulasi darah dan memfasilitasi penyerapan nutrisi yang diperlukan. Hal ini juga membantu untuk mengangkut vitamin, mineral dan hormon penting untuk sel-sel darah yang kemudian mencapai bayi melalui plasenta.

Minum air yang  cukp  bagi ibu hamil juga membantu mencegah sembelit dan wasir. Minum air yang cukup juga mencegah infeksi saluran kemih yang dapat disebabkan jika urine tetap untuk waktu yang lama di kandung kemih. Warna urin Anda biasanya akan menunjukkan apakah tubuh Anda terhidrasi atau sebaliknya. Jika warna urin lebih bersih atau  kuning yang menandakan tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Tubuh anda juga perlu lebih banyak cairan , terutama jika menderita morning sickness atau  mual karena tubuh kehilangan hidrasi .

Minuman Sehat

Terlepas dari air putih, Anda juga dapat memilih cairan dari susu rendah lemak, jus buah encern, buttermilk, dan sup bening. Pilihan ini memberikan nutrisi yang lebih daripada minuman ringan lain atau minuman berkafein dan tinggi gula, yang bisa berbahaya jika kebanyakan dikonsumsi. Cairan sehat yang akan cukup untuk membuat tubuh menjadi dingin dan lembab. Air juga membuat cek pada masalah retensi air selama kehamilan.

Air kelapa-Keseimbangan elektrolit dari kelapa adalah sama dengan yang ada dalam darah kita. Tersedia secara alami dalam bentuk yang paling murni dan bebas dari kolesterol dan lemak.Ini mendorong tingkat kolesterol yang baik, yaitu  kaya klorida, kalium, dan magnesium yang membantu mengatur tekanan darah dan fungsi jantung. Hilangnya garam tubuh saat muntah dan mengalami dehidrasi dapat diisi ulang dengan asupan  air kelapa. Karena adanya tingkat tinggi asam laurat yang digunakan oleh tubuh manusia untuk membuat monolaurin (suatu pertempuran derivatif infeksi), air kelapa mengandung anti-bakteri, anti-jamur dan anti-virus dan juga membantu dalam pencegahan HIV , herpes, flu selama kehamilan. Air kelapa bertindak sebagai diuretik alami dan meningkatkan aliran dan frekuensi urin yang mencegah infeksi saluran kemih. Semua manfaat air kelapa juga didukung oleh kalori yang rendah. Secangkir air kelapa hanya mengandung 46 kalori dan lebih dari 90% nya  air.

Untuk wanita hamil yang sehat harus mendapatkan asupan makanan yang beragam setiap hari untuk memenuhi gizi dan kelezatan. Makan segala sesuatu yang beragam akan membantu menjaga keseimbangan tubuh,  serta menyediakan semua hal penting yang dibutuhkan bayi. Karena setiap kehamilan itu berbeda, beberapa wanita mungkin kesulitan mengkonsumsi satu makanan, sementara itu normal bagi orang lain. Dalam beberapa kasus mungkin  beberapa makanan membuat mual atau mengganggu pergerakan usus, maka disarankan untuk menghindari itu sementara waktu. Konsultasikan dengan dokter, dan cobalah  mencari beberapa alternatif makanan sehat lainnya untuk mengisi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Terimakasih telah membaca artikel Makanan yang baik selama kehamilan. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kehamilan, Merawat Bayi, Wanita and tagged , , .

Komentar: