Makanan yang baik selama kehamilan


Makanan yang diperlukan selama kehamilanMakanan yang baik selama kehamilan – Gaya hidup dan diet yang sehat sangat penting selama kehamilan. Seiring dengan scan dan chkec up selama kehamilan,  Anda juga penting untuk berhati-hati dengan gizi yang Anda butuhkn. Penting untuk memasukkan pilihan terhadap kelompok makanan yang berbeda setiap hari,  untuk mencapai keseimbangan nutrisi yang benar agar Anda dan jani tetap terjaga kesehatannya.

Berikut adalah makanan yang sehat bagi ibu dan bayi selama kehamilan.

Susu dan Produk Susu

Produk susu dan susu menutupi kebutuhan tubuh akan vitamin B-12, kalsium, fosfor, dan protein. Nutrisi ini penting untuk mengembangkan gigi bayi, tulang, otot, jantung dan mencegah pembekuan darah. Kalsium sangat penting untuk tulang sebagai pondasi bayi, karenanya menjadikan kalsium lebih penting pada beberapa minggu terakhir kehamilan.

Asupan kalium yang direkomendasikan selama kehamilan adalah 1 gram sampai 1,3 gram per hari. Makanan seperti susu semi-skim, yoghurt rendah lemak dan keju keras rendah lemak memberikan jumlah yang baik seperti nutrisi. 1 cangkir susu, sekitar 2% mengandung sekitar. 293 mg kalsium,  dan 1 cangkir yogurt rendah lemak mengandung sekitar. 415 mg kalsium.Zat  aktif dalam yoghurt akan mencegah infeksi jamur serta gangguan pencernaan. Anda harus mengambil dua atau tiga porsi susu atau produk susu setiap hari untuk memenuhi kebutuhan harian.

Wanita hamil harus menghindari untuk mengkonsumsi produk susu yang tidak dipasteurisasi, keju biru lembut dan keju lain seperti brie, camembert karena mungkin mengandung tingkat listeria tinggi. Listeria dapat menyebabkan penyakit tertentu pada bayi baru lahir, dan bisa berakibat fatal. Anda dapat memilih dari keju kotak atau keju keras lainnya seperti cheddar, parmesan.

Nutrisi buah dan sayur untuk kehamilan

Buah-buahan dan sayuran kaya serat, vitamin dan mineral, meningkatkan pencernaan dan membantu mencegah sembelit. Nutrisi utama yang terdapat dalam kelompok makanan asam folat, kalium, beta karoten dan vitamin C. Anda harus menargetkan makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran yang berbeda. Pastikan bahwa sayuran atau buah  telah dicuci bersih, dan sayuran tidakterlalu matang untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal.

Lihat Juga :  Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil

Alpukat – Selama kehamilan, dalam perkembangan sistem saraf bayi dan otak membutuhkan jumlah asam folat yang cukup. Ibu yang kekurangan asam folat sebelum pembuahan atau selama awal kehamilan berisiko lebih besar melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf seperti spina bifida. Alpukat kaya akan asam folat, kalium, vitamin B6, vitamin C. Vitamin B6 dalam makanan akan mengatasi gangguna morning sickness. Alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi,  sehingga anda harus bersiap mengurangi jika Anda kelebihan berat badan.

Wortel dan brokoli– Wortel dan brokoli merupakan sumber serat yang baik, vitamin A, karotenoid dan vitamin C. Wortel kaya akan unsur alkali yang meremajakan darah dan menyeimbangkan alkalinitas asam di dalam tubuh. Nutrisi ini juga penting untuk perkembangan tulang bayi, mata dan tunas gigi berkembang di bawah gusi. Sayuran seperti brokoli adalah pendetoksifikasi yang baik,  dan juga melindungi bayi dari kanker tertentu selama masa bayi dan kemudian.

Bayam dan sayuran berdaun hijau – Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya memiliki vitamin seperti A, C, K dan asam folat yang sangat penting. Mereka juga sumber zat besi yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan bayi.

Amla atau India Gooseberry– Satu porsi amla memiliki 20 kali lebih banyak vitamin C dari jeruk, sehingga  membuatnya menjadi antioksidan yang sangat baik. Manfaat kesehatan dari atribut amla yaitu adanya besi, karoten, fosfor dan kalsium di dalamnya. Amla telah digunakan untuk mengobati wasir, radang, anemia, malam sightedness dalam pengobatan ayurvedic. Irisan Amla dapat digunakan sebagai bagian dari salad,  atau bisa dinikmati dengan sedikit madu sebagai makanan penutup.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: