Makanan untuk Penderita Asam Urat

Makanan untuk penderita asam uratMakanan untuk Penderita Asam Urat – Asam urat , penyakit yang identik dengan usia tua ini cukup rumit bagi penderita dalam mengonsumsi makanan. Asam urat adalah senyawa heterosiklik karbon, nitrogen, oksigen, dan hidrogen. Asam urat akan terbentuk apabila sisa zat dalam tubuh yang kita keluarkan memecah suatu zat yang disebut purin.

Purin adalah zat yang terlarut dalam darah dan mengalir ke ginjal. Purin akan dibuang oleh tubuh dengan cara dikeluarkan dalam bentuk urine. Asam urat sebenarnya tidak berbahaya, namun akumulasinya dalam tubuh dapat menyebabkan hyperuricemia, kondisi di mana asam urat tidak dapat dikeluarkan dari tubuh.

Jika asam urat tidak disekresikan dari tubuh, maka asam urat  akan terakumulasi di sendi seperti kaki dan jari kaki dalam bentuk kristal. Kristal yang terakumulasi pada persendian inilah yang akan menimbulkan rasa sakit yang disebut dengan sakit asam urat.

Makanan untuk Penderita Asam Urat – Untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, sebaiknya kita menghindari makanan makanan nabati seperti jamur, kacang-kacangan, asparagus, kacang polong, dan kembang kol. Penderita sakit asam urat juga tidak boleh mengkonsumsi kafein dan minuman alkohol. Makanan tinggi purin yang bisa memperparah kondisi penderita asam urat, biosa dilihat pada artikel : Makanan pantangan bagi penderita asam urat

Makanan yang dianjurkan bagi penderita asam urat untuk membantu mengurangi kadar asam urat

 

Konsumsi Vitamin C

Vitamin C dapat mengurangi asam urat dalam tubuh, karena asam urat akan menjadi mudah larut dalam darah. Vitamin C bisa didapat melalui suplemen, namun perlu diperhatikan dosisnya. Manfaat lain dari vitaminC, bisa baca pada artikel ini.

Buah Cherry

Cherry bisa digunakan sebagai bahan pengobatan alami untuk mengurangi dan mengobati asam urat . Cherry diketahui memiliki sifat anti-inflamasi bernama anthocyanin, yang sempurna untuk mengurangi kadar asam urat.

Produk susu rendah lemak

Produk susu rendah lemak bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi penyakit asam urat anda. Prosuk susu rendah lemak seperti susu atau yogurt, dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh secara alami.

Jeruk nipis

Buah jeruk nipis dapat melarutkan tubuh dari asam urat. Perasan jeruk nipis juga bisa membuang racun tubuh.

Biji seledri

Biji seledri merupakan ‘obat’ rumah yang populer untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Mengonsumsi esktrak biji seledri akan mendapatkan hasil terbaik. Jus daun seledri juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan darah tinggi.

Cuka apel

Cuka apel adalah hasil fermentasi dari buah apel. Bagi penderita asam urat, cuka apel sangat berguna untuk membantu pengobatan. Cara konsumsi: Tambahkan tiga sendok teh sari cuka apel dengan segelas air. Minum dua sampai tiga kali sehari, untuk menurunkan kadar asam urat.

Kacang yang kaya asam folat

Kacang termasuk dalam kategori makanan yang tidak bersahabat bagi penderita asam urat. Akan tetapi ini tak berlaku untuk semua jenis biji-bijian atau kacang-kacagan. Karena, diet yang kaya asam folat dapat membantu menurunkan asam urat secara alami. Makanan yang kaya asam folat seperti kacang pinto dan biji bunga matahari, boleh juga untuk penderita asam urat.

Mium Air mineral

Minum banyak air mineral adalah cara terbaik untuk penderita sam urat. Karena, air bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh termasuk asam urat. Minum air mineral atau air putih juga ada ukurannya, jangan terlalu banyak minum air putih.

Buah berries

Buah-buahan segar seperti stroberi dan blueberry juga dapat membantu mengurangi dan meningkatkan pengobatan asam urat. Buah berri dikenal sebagai salah satu buah yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

Kentang

Sayuran seperti kentang atau jagung pun cukup efektif untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Kentang atau jagung dapat dinikmati mentah atau setelah dikukus.

Terimakasih telah membaca artikel Makanan untuk Penderita Asam Urat. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kesehatan, Khasiat Herbal, Makanan, Manfaat Buah and tagged , , , .

Komentar: