Makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi

Makanan untuk menurunkan kolesterol tinggiMakanan untuk menurunkan kolesterol tinggi – Seperti sudah banyak kita bahas pada artikel sebelumnya mengenai kolesterol, karena hal ini hanya sekedar untuk mengingatkan karena betapa pentingnya hidup sehat. Sehat itu memang mahal?, walau ungkapan ini memang benar, namun tujuannya terlalu sempit. Agar sehat itu tak selalu harus mahal, karena sebenarnya yang mahal itu adalah setelah tidak sehat :) . Jadi untuk itu, jangan sampai sakit, caranya lakukan pencegahan karena lebih murah.

Kembali kepada topik kita, yaitu kolesterol. Jika ingin mengetahui makanan mengandung kolesterol tinggi, klik disini. Dan untuk mengetahui cara agar terhindar dari kolesterol tinggi, klik disini.

Sekarang kita akan membahas beberapa hal untuk menurunkan kolesterol yang terlanjur tinggi. Nah, untuk treatment seperti ini memang selalu membutuhkan kesabaran dan biaya. Karena untuk itulah perlu upaya menghindar dari kolesterol tinggi , agar tak menjadi repot.

Selain tips untuk menghindari kolesterol,  anda juga perlu untuk menurunkan kolesterol yang sudah tinggi. Caranya yaitu dengan memilih makanan yang mengandung kalori tidak melebihi ambang 30% dari jumlah total kalori yang berasal dari lemak. Selain itu, konsumsilah makanan dengan kadar asam lemak jenuh kurang dari 7% .Baca juga: Makanan tinggi kalori

Berikut ini beberapa bahan makanan yang berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi

Gandum

Ahli nutris yang bernama Colleen Pierre, R.D dari Sports Medicine Center at Union Memorial Hospital, di Baltomore, merekomendasikan bahwa gandum berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, karena bahan makanan ini kaya akan serat dan juga mudah larut.

Buncis

Sayuran buncis merupakan salah satu dari makanan sumber serat yang mudah larut dan dapat melancarkan sistem pencernaan.

Wortel

Menurut Tory Hudson, N.D yang menjadi salah satu penulis The Women’s Encyclopedia of Natural Medicine menyatakan,  walaupun wortel bukan sumber makanan serat larut yang baik,  namun dari hasil penelitian membuktikan jika mengkonsumsi disaat sarapan sedikitnya sepotong wortel mentah akan menurunkan kolesterol hingga 11%. Hal ini  karena wortel mengandung serat yang tidak larut yang bermanfaat dalam membantu melancarkan fungsi pencernaan, serta mempercepat proses berkurangnya kolesterol dalam tubuh.

Minyak Zaitun

Menurut Bettye Nowlin, M.P.H., R.D (ahli nutrisi dari Los Angeles) , minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal,  yang menjadi bagian dari sebuah lemak rendah akan berfungsi membantu mengatur kadar kolesterol.

Kedelai

Kedelai adalah Bahan makanan yang  kaya akan serat, kedelai dapat dikonsumsi secara langsung , ataupun dalam bentuk olahan seperti  tahu, tempe, susu kedelai dan lain-lain.

Terimakasih telah membaca artikel Makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kesehatan, Makanan, Tips Sehat and tagged , , .

Komentar: