Makanan untuk meningkatkan Air Susu Ibu(ASI)

Menyusui ternyata bermafaat juga mencegah kanker payudaraSegera setelah bayi lahir, hal pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah menyusui. Air susu ibu adalah sangat penting bagi bayi pada tahun-tahun awal perkembangannya. Air susu ibu adalah satu-satunya sumber makanan dan nutrisi bagi bayi yang sedang tumbuh. Oleh karena itu, menjadi penting bagi ibu untuk memastikan bahwa produksi susu Ibu cukup untuk memberi makan pada bayi.

Kebanyakan ibu khawatir, apakah tubuh mereka bisa memproduksi susu yang cukup untuk memberi makan bayi mereka. Satu-satunya solusi untuk mengatasi rasa khawatir ini adalah untuk memulai diet sehat. Ketika ibu makan sehat, anak secara otomatis juga akan menerima gizi. Ada beberapa makanan yang telah diketahui cukup untuk membantu dalam meningkatkan pasokan susu, makanan tersebut dikenal sebagai makanan lactogenic. Menambahkan item lactogenic untuk diet Anda akan memastikan pasokan susu yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan bayi.

Berikut adalah 10 makanan untuk meningkatkan jumlah kecukupan ASI

Oatmeal

Oatmeal memiliki sifat untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah yang sehat. Karena oatmeal adalah makanan yang memberikan kenyamanan, maka akan membantu tubuh ibu untuk bersantai. Ini akan membantu tubuh ibu untuk melepaskan oxytocin, hormon yang terlibat dalam produksi susu .

Bayam

Bayam merupakan sumber vitamin K , A dan folat. Folat sangat penting untuk ibu hamil serta ibu menyusui. Fitoestrogen dalam bayam akan membantu meningkatkan kesehatan jaringan payudara dan menginduksi laktasi.

Wortel

Seperti bayam, wortel juga mengandung phytoestrogen yang sangat penting bagi ibu menyusui . Wortel juga kaya akan beta – karoten dan vitamin A yang sangat penting untuk menjaga tingkat energi ibu menyusui .

Hummus

Hummus biasanya terbuat dari chickpea, jus lemon , bawang putih dan minyak zaitun . Hal ini dianggap sebagai makanan ringan yang ideal untuk ibu menyusui . Hal ini karena kacang-kacangan seperti buncis atau kacang hijau dan bawang putih adalah makanan lactogenic yang penting. Oleh karena itu, hidangan ini merupakan sumber protein lengkap dan makanan yang sangat baik bagi ibu menyusui .

Pepaya

Enzim dan fitokimia dalam buah pepaya diyakini mampu untuk meningkatkan jaringan payudara dan meningkatkan laktasi. Kualitas penenang pepaya juga membantu ibu menyusui untuk bersantai.

Asparagus

Makanan ini mengandung tinggi serat, asam folat, vitamin A , C dan vitamin K. Semua ini sangat penting dalam mempertahankan pasokan sehat susu bagi ibu yang menyusui. Asparagus ini juga mengandung asam amino esensial yang membantu dalam meningkatkan pasokan ASI.

Brown Rice

Beras merah kaya akan karbohidrat kompleks . Hal ini membantu untuk menjaga tingkat energi bagi ibu menyusui. Selain itu, juga akan memicu sekresi prolaktin yang merupakan hormon kunci yang terlibat dalam laktasi .

Aprikot

Aprikot adalah buah yang tinggi serat , vitamin dan kalsium . Makanan kaya kalsium telah ditemukan sangat membantu dalam produksi susu pada ibu menyusui. Aprikot juga mengandung tryptophan, yang secara alami meningkatkan tingkat prolaktin .

Ikan salmon

Merupakan jenis makanan penting untuk ibu menyusui . Salmon terutama mengandung asam lemak esensial dan omega-3 . Asam lemak ini akan mendorong pasokan susu dari ibu menyusui. Serta membantu  meningkatkan kualitas susu,  sehingga lebih berlemak dan bergizi untuk bayi .

Air Minum

Lebih banyak minum air sepanjang hari adalah cara terbaik untuk meningkatkan suplai susu. Seperti bagi Ibu menyusui, tingkat cairan akan cepat habis. Jadi , sebelum Anda duduk untuk memberi makan bayi Anda , pastikan untuk minum segelas air putih.

Terimakasih telah membaca artikel Makanan untuk meningkatkan Air Susu Ibu(ASI). Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Merawat Bayi, Pasutri and tagged .

Komentar: