Makanan sumber vitamin D terbaik


 Ikan sumber Vitamin DAsupan Vitamin D yang cukup setiap hari sangat dianjurkan demi kesehatan yang baik. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan beberapa penyakit, diantaranya seperti influenza, penyakit jantung, tulang keropos, diabetes, multiple sclerosis, dan kanker. Vitamin D tidak hanya membantu tubuh kita agar bisa menyerap kalsium untuk kesehatan tulang, tetapi juga dibutuhkan untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan mencegah peradangan. Peradangan yang menjadi kronis bisa menyebabkan penyakit yang berat, seperti jantung, artritis, dan kanker.

Baca

Sekitar 80 persen dari vitamin D yang tubuh kita butuhkan adalah berasal dari sinar matahari. Hal ini karena tubuh memerlukan sinar matahari agar bisa memproduksi vitamin D sendiri. Waktu terbaik yang yang disarankan untuk berjemur adalah pada waktu pukul 06:00 hingga 9:00, dengan kulit yang tidak terlindung oleh pakaian selama 10 menit. Paparan matahari diatas pukul 9.00 tidak disarankan, karena bisa meningkatkan risiko kanker kulit.

Asupan yang disarankan vitamin D setiap hari untuk dewasa umur 71 tahun keatas adalah 800 IU, 71 tahun kebawah dan ibu menyusui 600 IU,  dan untuk bayi berumur kurang dari 1 tahun membutuhkan 400IU. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa sinar matahari pagi adalah sumber vitamin D terbaik. Namun Anda juga bisa memenuhinya dari beberapa sumber yang mengandung tinggi vitamin D setiap hari.

Baca lebih banyak: Akibat kekurangan Vitamin D

Berikut ini adalah daftar makanan yang kaya vitamin D terbaik

Ikan :

Berdasarkan laporan  USDA, setiap 100 gr  minyak ikan cod liver mengandung sekitar 10000 IU vitamin D. Tuna segar mengandung 227 IU vitamin D. Mackerel Atlantic mentah mengandung 643 IU vitamin D per 100 gr. Sarden kaleng dalam saus tomat mengandung 193 IU vitamin D. Minyak ikan Cod liver dikategorikan sebagai suplemen makanan yang diekstraksi dari ikan cod yang disebut. Hal ini tersedia dalam bentuk kapsul, dan sangat baik bagi mereka yang ingin meningkatkan asupan vitamin D.

Lihat Juga :  Manfaat Sayur Kangkung

Susu :

Banyak produk susu yang sudah diperkaya dengan vitamin D. hal ini biasanya ditambahkan hingga sekitar 400IU perliter.

Kuning telur :

Kuning telur juga merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin D, yaitu mengandung sekitar 218 IU.

Sereal  :

Sereal pada umumnya juga diperkaya dengan vitamin D. Meskipun demikian ada juga sereal yang tidak diperkaya vitamin ini. Jika tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan asupan vitamin D, sebaiknya membaca tabel kemasan sebelum memilih sereal tertentu.

Kedelai dan produk olahan :

Kedelai umumnya merupakan sumber yang kaya vitamin D. Jika Andaingin menambah asupan vitamin D Anda, maka mengganti susu biasa dengan susu kedelai adalah ide yang baik. Susu biasa mungkin hanya memberikan tubuh kalsium, namun susu kedelai plus memberikan kalsium dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh termasuk vitamin D. Tahu dan tempe juga merupakan produk kedelai, juga mengandung vitamin ini.

Sayur-sayuran :

Beberapa sayuran juga mengandung vitamin D, yaitu :

  • 1/2 cangir Sawi dimasak 178mg
  • 1/2 cangkir Kale  90mg
  • 1/2 cangkir Bok choy segar 79mg
  • 1 cangkir Brokoli  dimasak/ segar  61mg
  • 1/2 cangkir Kedelai hijau dimasak 130mg
  • 1/2 cangkir Kacang putih kaleng 96mg
  • 1 ons Almond panggang kering  75mg

Lain-lain :

Tomat, jeruk, straoberi adalah diantara buah-buahan yang mengandung vitamin D

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: