Makanan Sehat yang bisa membuat kenyang lebih lama


Makanan Sehat yang bisa membuat kenyang lebih lamaNgemil adalah salah satu dorongan dari perasaan yang merasa lapar. Sayangnya, kebanyakan cemilan yang banyak digemari cenderung tinggi kalori, yang akibatnya akan terus meningkatkan angka timbangan Anda. Ada tips sehat agar perut kita merasa kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari keinginan untuk ngemil yang tak sehat.

Membakar kalori lebih banyak dari yang kita konsumsi, adalah salah satu prinsip untuk membantu menurunkan berat badan. Dari prinsip ini Kemudian melahirkan ide baru, yaitu dengan cara membatasi makanan yang tinggi kalori.  Namun masalahnya, mengurangi asupan kalori akan membuat tubuh cepat merasa lapar kembali. Bagi yang tidak tahan lapar tentu akan segera mengambil jalan pintas yaitu ngemil, padahal pada umumnya camilan yang gurih dan lezat tersebut tinggi kalori. Alih-alih untuk mendapatkan tubuh langsing, yang didapat justru tubuh yang semakin montok. 🙂

Makanan yang dapat mengenyangkan perut lebih lama, untuk diet yang sehat

Cara terbaik untuk diet sehat adalah tetap makan-makanan yang rendah kalori namun yang tinggi nutrisi, serta memiliki sifat  mengenyangkan perut lebih lama. Makanan-makanan yang dipilih harus makanan yang tinggi serat, protein tinggi, dan mengandung lemak sehat. Berikut beberapa makanan yang mungkin Anda butuhkan:

Alpukat

Lemak tak jenuh tunggal yang sehat dari alpukat dapat membantu memperlambat tingkat di mana perut Anda mengosongkan , kata McGuire . Mereka juga sarat dengan folat , kalium dan vitamin E , dan penelitian awal menunjukkan bahwa makanan yang mengandung nutrisi ini mungkin lebih mengenyangkan daripada yang lain .

Oatmeal

Otmeal cocok dimakan sebagai sarapan sehat untuk membantu diet Anda. Selain rendah kalori, Oatmeal adalah makanan yang tinggi serat yang juga menyediakan  4 sampai 7 gram protein. Anda bisa mengkombinasikan dengan makan buah blueberry, yang mengandung 4 gram serat per cangkir.

Lihat Juga :  Bolehkah Olahraga di Malam hari?

Apel

Buah apel sedang mengandung 80 kalori, namun ia merupakan buah yang mengenyangkan karena mengandung 4 gram serat dan kandungan airnya yang tinggi. Selain itu, apel adalah makanan yang kaya akan antioksidan, sehingga sekaligus baik untuk menjaga kebugaran Anda seharian.

Sayuran

Sayuran adalah makanan yang tinggi serat, sehingga akan membikin perut merasa kenyang lebih lama. Dan berapapun banyaknya Anda makan sayur, itu tidak akan memyebabkan kenaikan berat badan karena rendah kalori.

Ikan

Ikan adalah makanan yang tinggi protein, namun lebih sedikit kalori daripada yang ditemukan dalam daging merah. Bahkan ikan berlemak seperti salmon, makerel, dan sarden lebih sehat karena mengandung asam lemak omega – 3 .

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan yang tinggi protein nabati, serat, karbohidrat kompleks dan lemak baik. Dengan demikian kacang akan dicerna lebih lambat didalam perut Anda, selanjutnya akan membuat perasaan kenyang yang lebih lama. Akan tetapi jangan makan kacang secara berlebihan, yaitu cukup 1 cangkir saja dalam sehari. Kenari, almond, lentil, kacang merah, kacang tanah dan pistachio, mungkin baik untuk menghindari kelebihan kalori. Ingat, jauhi makan kacang yang ditambah dengan banyak garam atau yang digoreng.

Prunes

Prune adalah buah plum yang dikeringkan yang kaya serat,  sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Prune juga mengandung tinggi antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi kesehatan.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: