Makanan Perusak Gigi


Makanan Perusak GigiMakanan Perusak Gigi – Setelah gigi kita berganti dari gigi susu semasa kecil, maka gigi tersebut akan kita pergunakan seumur hidup. Jika gigi kita rusak, maka tak akan ada lagi yang akan tumbuh seperti halnya pada ikan hiu. Oleh karena itu jagalah gigi sebaik mungkin, karena itu aset penting tubuh kita. Akibat dari gigi yang rusak bisa menyebabkan pencernaan terganggu, karena kita tak bisa sempurna lagi melakukan pencernaan mekanik pada mulut. Selain itu, bisa menyebabkan sakit gigi yang rasa  sakitnya terkenal luar biasa. Selain rajin melakukan perawatan gigi, agar gigi selalu terjaga sebaiknya juga mewaspadai beberapa makanan yang bisa mempercepat kerusakan gigi. Baca juga: Gigi berlubang, sebaiknya dicabut atau ditambal?

 

Berikut ini Makanan yang bisa merusak gigi

Jus dan Susu

Pada dasarnya jus buah adalah sehat dan aman, jika dibanding dengan minum  soft drink. Namun lain jika jus banyak di beri gula, karena gula inilah yang bisa merusak gigi. Begitu pula pada susu. Jika ingin tetap sehat tanpa merugikan gigi, lakukan sikat gigi sebelum tidur. Bukan minum susu atau jus sebelum tidur.

Permen

Kalau yang ini mungkin semua orang sudah pada tahu.Permen atau gula gula banyak mengandung gula yang tinggi. Kuman di dalam mulut sangat menyukai gula. Kuman tsb  akan memakan sisa gula permen yang menempel di gigi, lalu menghasilkan asam yang menyerang enamel selama 20 menit setelah Anda menghisap atau menggigit permen. Jika makan permen dilakukan terus menerus, maka gigi akan terus diserang.

Makanan Minuman Asam

Banyak orang yang biasa saja sesudah minum lemon atau makanan asam lainnya (contohnya saus empek-empek yang banyak mengandung banyak cuka). Keasaman pada lemon ataupun cuka dapat mengikis gigi. Jadi jangan lupa juga untuk menyikat gigi setelah mengonsumsi minuman dengan rasa asam atau makanan yang memakai saus cuka/asam.

Lihat Juga :  Baking soda, pasta gigi alami yang aman bagi kesehatan

Obat Batuk Cair

Obat batuk memang baik, karena dibuat untuk meredakan batuk. Namun obat batuk berdampak bahaya bagi kesehatan gigi Anda. Kenapa? Sebab obat batuk cair atau sirup mengandung jumlah gula yang banyak. Sehingga minum obat batuk sama dengan makan permen. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda minum obat batuk cair terlebih dahulu, baru menyikat gigi sebelum tidur. Bila perlu, pilih obat batuk yang bebas gula. Hal yang sama berlaku untuk obat cair atau sirup untuk anak.

Makanan terlalu panas atau terlalu dingin

Jangan menyantap makanan yang dirasa masih terlalu panas, Atau yang terlalu dingin misalnya es. Apalagi jika habis makan makanan yang panas, kemudian secara tiba tiba dalam waktu dekat meminum air es. Walaupun gigi dilapisi degan pelindung yang bernama email, tapi ustru pelindung itulah yang akan rusak duluan. Akibatnya, gigi menjadi semakin mudah dibuat berlubang oleh kuman.

Eskrim

Eskrim disamping terlalu dinggin, juga banyak mengandung gula dan susu. Sudah dijelaskan akibat gula yang terlalu lama menempel pada gigi.

Cokelat

Cokelat yang dikemas sebagai makanan yang banyak dijual sudah banyak dicampuri bahan lain seperti gula dan susu. Sebaiknya sikat gigi setelah makan cokelat, apalagi saat mau tidur.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: