Makanan penyebab asam lambung tinggi

Makanan penyebab asam lambung tinggiMakanan penyebab asam lambung tinggi – Asam lambung biasanya diawali dengan sakit maag yang tidak diatasi, sehingga menjadi kronis dan mudah terjadi naiknya asam lambung. Pada penderita, Asam lambung akan gampang meningkat jika mengkonsumsi beberapa jenis makanan. Asam lambung yang meningkat ditandai dengan perasaan tak nyaman dikerongkongan, dengan rasa seperti terbakar, sehingga kesulitan jika menelan makanan. Akibat lain dari asam lambung tinggi adalah rasa yang amat perih dan sakit pada ulu hati dan batuk kering. Rasa seperti terbakar atau rasa tak nyaman pada kerongkongan bawah bisa juga terjadi akibat adanya masalah pada katup antara sistem pencernaan dan esofagus.

Asam lambung adalah cairan pencernaan yang ada di dalam tubuh manusia dan terbentuk di dalam lambung. Asam lambung memiliki pH 1 sampai 2 dan terdiri dari asam klorida (HCl) (sekitar 0,5%, atau 5000 bagian per juta), sejumlah besar kalium klorida (KCl) dan natrium klorida (NaCl). Asam ini memiliki peranan kunci dalam pencernaan protein, dengan mengaktifkan enzim pencernaan, dan membuat protein dicerna mengungkap sehingga enzim pencernaan dapat memecah rantai panjang asam amino.

Walaupun diberi obat apapun, asam lambung masih mudah meningkat kembali jika tidak disiplin dalam mengkonsumsi makanan tertentu penyebab asam lambung tinggi. Jadi untuk Anda yang memiliki riwayat sakit maag, agar selalu berhati-hati dengan menghindari beberapa jenis makanan tertentu.

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat memicu asam lambung menjadi tinggi, penting untuk diketahui agar terhindar sakit akibat asam lambung

Jenis buah-buahan

Pada umumnya buah-buahan yang dapat memicu asam lambung tinggi adalah yang memiliki rasa asam, seperti Tomat, jeruk sitrus, jeruk lemon, anggur dan buah berry

Jenis sayur-sayuran

Sayuran yang memicu asam lambung tinggi meliputi bawang putih, kol,brokoli,kubis, karena mengandung asam yang tinggi.

Makanan dan jenis lauk pauk

Makanan lauk yang mengandung lemak atau minyak, misalnya diolah dengan cara digoreng dan beberapa makanan lain seperti daging mengandung lemak,makaroni ,keju, kentang goreng, keripik kentang, brownies, donat, dan chicken nugget.

Mint

Mint memang pada awalnya bisa memberikan rasa sejuk, namun demikian bisa meningkatkan kadar asam lambung menjadi berlebih. Keluarga Mint seperti pepermint, pearmint dll.

Cuka

Makanan mengandung cuka juga dapat meningkatkan produksi asam lambung, seperti acar dsb.

Beberapa jenis Minuman

Minuman mengandung kafein seperti kopi bisa menstimulasi produksi asam lambung, dan membuka katup esofagus. Minuman beralkohol atau minuman mengandung sodad , minuman mengandung cokelat juga berpotensi menaikkan asam lambung.

Cokelat

Cokelat dianggap peneliti mampu memperbaiki mood, karena menstimulasi produksi serotonin (hormon yang menciptakan rasa senang dan cinta). Tapi sayangya, hormon serotin juga dapat membuat otot katup esofagus menjadi relaks, sehingga membuat asam lambung mudah memasuki esofagus.

Dari beberapa makanan penyebab asam lambung tinggi diatas sebenarnya ada yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan, seperti pada buah dan sayuran. Boleh saja dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi, namun konsumsilah dalam porsi yang seimbang atau tidak berlebihan. Untuk menetralkan jika makan makanan-makanan diatas, sebaiknya diselingi minum air putih yang cukup.(berbagai sumber)

Terimakasih telah membaca artikel Makanan penyebab asam lambung tinggi. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kesehatan, Makanan and tagged , , , .

Komentar: