Makanan paling banyak mengandung kalsium

Makanan mengandung kalsium tinggiSebagian besar orang mungkin tahu bahwa cukup makan makanan yang banyak mengandung kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Itu memang benar, namun ada beberapa fakta tentang kalsium yang tak banyak orang menyadarinya . Tahukah Anda bahwa, diet kalsium itu juga baik bagi jantung Anda.

Menurut profesor Dr Abraham(Direktur Kedokteran Kardiovaskular di Ohio State University),  ” Kalsium sangat penting untuk fungsi jantung agar normal,  Hal ini terlibat dalam kinerja kontraksi dan relaksasi otot jantung . ”

Mendapatkan makanan yang banyak mengandung kalsium kedalam diet, berarti kalsium akan selalu tersedia untuk tulang dan bagi jantung Anda. ” Detak jantung yang  normal dan aksi pemompaan normal jantung tergantung juga dari keberadaan tingkat kalsium yang normal dalam dan di luar sel-sel jantung , ” kata Dr Abraham .

Kegunaan kalsium bagi tubuh

Tubuh menyimpan sebagian besar kalsium didalam tulang, yang juga membentuk struktur dan menguatkan tulang. Namun sebagian kaslium juga ada didalam darah kita, yang berguna untuk  fungsi otot, jantung dan syaraf. Namun ketika kita kekurangan asupan kalsium, makan tubuh akan mengambilnya dari tulang kita. Dan jika kekurangan kalsium ini berlangsung terus-menerus dan dalam waktu lama, maka dapat menyebabkan apa yang kita kenal dengan osteorporosis atau tulang keropos.

Makanan yang banyak mengandung kalsium, kebutuhan kalsium tubuh yang sehat, Serta dampak kelebihan kalsium(khsususnya dari suplemen).

Lebih baik mendapatkan kalsium dari makanan yang banyak mengandung kalsium, daripada dari suplemen. Selain itu juga bisa mendapatkan asupan kalsium dari makanan  kemasan yang diperkaya kalsium, karena biasanya telah dicetak tabel gizinya. Dengan demikian akan memandu kita agar lebih mudah mendapatkan asupan kalsium yang sesuai dengan kebutuhan harian yang disarankan. Minum suplemen kalsium tanpa petunjuk yang benar, dapat mengakibatkan tubuh kelebihan kalsium.

Persyaratan harian kalsium yang direkomendasikan oleh Dewan Pangan dan Gizi dari Institut of Medicine adalah:

  • Untuk orang dewasa berusia 19 dan lebih tua – 1.000 miligram kalsium perhari
  • Bagi wanita berusia 51 hingga 70 dan orang dewasa 71 dan lebih tua – 1.200 miligram kalsium perhari

Ikan sarden (ikan Kaleng), sea food, susu rendah atau tinggi lemak, yogurt, dan keju adalah makanan yang kaya akan kalsium. Jika Anda lebih suka memilih sumber alami dari tumbuhan, cobalah susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium, atau produk kedelai lain (tahu, tempe) yang juga tinggi kalsium. Kacang Almond atau mentega almond juga merupakan makanan yang juga kaya kalsium. Anda mungkin tak mengetahui bahwa ubi jalar, kacang putih dan buncis adalah makanan yang banyak mengandung kalsium. Dalam hal sayuran, sayur berdaun hijau tua juga mengandung kalsium, misalnya bayam, kale, brokoli, dan sawi hijau. Jus jeruk yang diperkaya dengan kalsium, juga bisa menjadi makanan alternatif lainnya.

Berikut ini daftar makanan yang kaya akan kalsium, yang mungkin dapat membantu rencanakan diet kalsium Anda:

  • Keju dan pizza tomat, potongan 10 inch – 873 mg kalsium
  • Tofu , 100 gram – 510 mg kalsium
  • Ikan Sarden dalam minyak, satu kaleng – 500 mg kalsium
  • 2 – telur dadar keju – 344 mg kalsium
  • Susu skim, satu  gelas 8 ons – 300 mg kalsium
  • Keju cheddar, satu potong menengah – 296 mg kalsium
  • Kale, satu porsi – 143 mg kalsium
  • Jus jeruk – 75 mg kalsium
  • Almond, kacang 12 – 62 mg kalsium

Risiko Terlalu Banyak asupan Kalsium

Beberapa orang mungkin tidak dapat mengkonsumsi makanan tinggi kalsium ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, yang pada akhirnya akan suplemen kalsium. Minum suplemen kalsium beresiko besar mengalami kelebihan kalsium. Kelebihan kalsium dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker prostat, dan bahkan mungkin kanker ovarium. Jika Anda mengonsumsi suplemen kalsium , memperhatikan asupan yang sesuai adalah kuncinya .

Kelebihan kalsium meningkatkan resiko penyakit jantung?

Sementara itu kita mungkin perlu lebih banyak kalsium, agar tulang kita tetap kuat hingga tua. Namun  menurut Dr Abraham, terlalu banyak kalsium juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Kalsium juga terlibat dalam proses aterosklerosis, atau pengerasan arteri, dimana yang merupakan penyebab umum dari serangan jantung .

” Kalsium bisa disimpan sebagai plak aterosklerotik, dan jumlah kalsium di arteri jantung merupakan prediktor serangan jantung di masa depan.”, Tandas Dr Abrahan lagi.

Underline: Sebelum Anda mengambil suplemen kalsium, atau meningkatkan jumlah asupan kalsium dari suplemen – sebaiknya meminta saran dokter.

Terimakasih telah membaca artikel Makanan paling banyak mengandung kalsium. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kesehatan, Makanan and tagged .

Komentar: