Makanan Minuman terbaik selama berolahraga


Cara Terbaik mengecilkan perutSeperti yang telah kita ketahui bahwa kita harus menjaga diet yang baik setelah atau sebelum melakukan olahraga. Juga harus menjaga asupan makanan dengan nutrisi terbaik, terutama pada saat menjalankan olahraga atau latihan. Diet yang baik selama berolahraga adalah cukup untuk menyediakan energi, dan juga memberikan nutrisi penting untuk melembabkan dan mencegah cedera. Diet nutrisi yang tepat selama melakukan olahraga akan membuat Anda dalam performa yang penuh. Ini akan memberikan bahan bakar yang cukup untuk mengatasi stres, latihan, dan juga energi untuk melakukannya lagi .

Latihan dengan intensitas yang rendah atau intensitas tinggi,  tubuh tetap membutuhkan sumber energi aktif . Untuk mendapatkan energi ini biasanya tubuh akan menggunakan karbohidrat dan lemak yang tersimpan dalam tubuh sebagai sumber utama energi . Jadi kita membutuhkan jumlah karbohidrat yang cukup serta lemak selama latihan. Selain itu, selama latihan tubuh juga sangat memerlukan minuman yang tepat untuk memenuhi kebutuhan cairan esensial yang dibutuhkan oleh tubuh .

Makanan dan minuman Terbaik selama berolahraga, untuk meningkatkan performa dan perlindungan otot

Air mineral

Selama latihan yang dilakukan selama 40-60 menit tubuh cenderung kehilangan lebih banyak cairan yang bisa kita ganti . Latihan yang dilakukan selama 1 jam akan mengurangi cairan tubuh kita sebanyak 1000 ml . Namun Tidak mungkin bagi kita untuk minum air sebanyak itu selama berolahraga/latihan . Tapi kehilangan cairan tersebut harus diminimalkan dengan jalan minum air sebanyak 150 ml saja setelah 15 menit .

Minuman saat olahraga terbukti memberikan energi serta mencegah dehidrasi . Minuman yang diminum saat olahraga juga akan membuat glukosa menjadi mudah untuk diserap kedalam aliran darah . Dengan demikian akan menyediakan energi selama olahraga . Selama olahraga kita juga kehilangan mineral esensial melalui keringat. Hal ini juga perlu diimbangi dengan minuman olahraga yang mengandung mineral.

Lihat Juga :  Diet membentuk tubuh (Body Building) untuk Wanita

Tubuh akan kehilangan cairan lebih banyak pada saat berolahraga, jadi penting untuk mempertahankan suhu tubuh . Air juga diperlukan untuk pendinginan tubuh .

Kehilangan cairan yang berlebihan dalam tubuh kita akan membuat darah menjadi lebih kental atau lebih tebal . Dengan demikian maka akan secara langsung dapat mempengaruhi pasokan aliran oksigen dan energi  menjadi terbatas . Dengan demikian akan menghasilkan efek sistem kardiovaskular,  dan detak jantung akan mengalami peningkatan. Tentu saja hal ini dapat mengurangi kemampuan olahraga atau kinerja.

Makanan mengandung Karbohidrat

Tubuh kita terutama menggunakan karbohidrat untuk digunakan sebagai bahan bakar untuk memberikan energi bagi tubuh . Dan hal ini sudah terbukti meningkatkan performa dalam berolahraga . Karbohidrat akan memberikan energi sepanjang latihan, bahkan latihan selama 60-90 menit .

Satu buah pisang dan minuman olahraga atau glukosa dapat memberikan karbohidrat dalam jumlah yang cukup. Karena mereka lebih mudah dimetabolisme untuk menyediakan energi selama berolahraga .

Makanan mengandung Protein

Protein juga penting untuk menunjang tubuh selama olahraga yang panjang, sehingga kita juga harus mendapat makanan yang baik selama olahraga . Protein bermanfaat untuk mencegah cedera otot , serta untuk menyediakan asam amino esensial untuk memperbaiki keausan otot selama olahraga. Baca: Makanan yang tinggi protein

Makanan yang mengandung tinggi lemak tidak dianjurkan selama berolahraga. Hal ini karena Lemak tak mudah untuk bisa dicerna, sehingga ini akan membuat Anda merasa lesu .

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: