Makanan Mengandung Kolesterol Tinggi

Makanan Mengandung Kolesterol Tinggi – Kolesterol adalah zat yang ditemukan dalam darah. Kolesterol sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon dan fungsi membran. Ada 2 jenis Kolesterol, yaitu kolesterol yang baik atau HDL (High Density Lipoprotein) dan kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) . Kolesterol baik (HDL) akan menyerap kolesterol berlebih dari HDL untuk diurai kembali. Lalu bagaimana jika asupan makanan yang kita konsumsi terlalu banyak mengandung kolesterol?,,,
Kadar kolesterol  jahat (LDL) yang lemaknya lebih pekat ini  mudah menempel pada dinding pembuluh darah saat melewatinya bersama aliran darah. Jadi jika kadar kolesterol LDL terlalu tinggi,  maka kelebihan kolesterol ini tak bisa diserap seluruhnya oleh HDL dan tak diproses oleh hati. Akibatnya,  kolesterol berlebih  ini lama-kelamaan akan menumpuk dan menempel pada dinding arteri dan,,,, penyakit karena gangguan penyumbatan arteri seperti darah tinggi, stroke dan penyakit jantung adalah jawabannya.

Makanan mengandung kolesterol tinggi

Berikut ini beberapa makanan Tinggi kolesterol yang perlu diwaspadai:

Seperti yang dikutip dari Healthmeup.com

1. Kuning Telur

Sebuah kuning telur dapat mengandung 210mg kolesterol, sementara telur utuh mengandung 212mg kolesterol. Hampir semua kolesterol pada telur terdapat pada kuning telur.Telur memang baik untuk kesehatan, namun jangan terlalu banyak mengkonsumsi kuning telur, putih telur justru mengandung protein dan lebih sehat.

2. Hati

Hindari makan Hati ayam, hati sapi atau hati kambing atau hati apapun, karena hati berisi 564mg kolesterol per 100 gram. American Heart Association mengatakan bahwa, kadar kolesterol untuk orang dewasa yang sehat itu tidak lebih dari 300 mg kolesterol. Tiga ons hati sapi yang dimasak akan menyumbang sebanyak 331 mg kolesterol.

3. Mentega

Banyak sekali makanan yang dibuat menggunakan mentega, seperti roti dan kue-kue lainnya, padahal mentega adalah salah satu makanan tinggi kolesterol. 100 gram mentega kemasan mengandung kolesterol sebanyak 215mg(72% dari nilai total harian), dan satu sendok makan mentega mengandung 30mg (10% dari total nilai harian).

4. Udang

100 gram udang mengandung 195 mg kolesterol. Satu udang mengandung 11 mg kolesterol, dan satu ons udang mengandung sekitar 55 mg kolesterol.

5. Ayam

Meskipun ayam rendah lemak, namun ia tinggi kolesterol. Satu kaki ayam(ceker ayam) dengan kulit mengandung lebih banyak lemak dan kolesterol, daripada secangkir es krim atau burger. Terutama kulit ayam yang paling tinggi menyumbang kolesterol.

6. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji umumnya dikemas dengan kolesterol. Sebuah chip, telur, dan biskuit keju akan memberikan 172mg kolesterol (57% nilai harian) per porsi 100g, atau 246mg kolesterol (82% nilai harian) per biskuit keju.

7. Keju

Keju mengandung protein, dan juga merupakan sumber kalsium yang baik. Namun Keju juga mengandung kolesterol, setidaknya 123mg (41% dari nilai harian) per 100 gram sajian. Dan satu potongan kubus 1 inch keju akan menyumbang 21mg  (7% dari nilai harian) .

8. Daging Olahan

Daging Olahan juga merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi kolesterol. Beberapa jenis daging olahan seperti sosis, atau daging olahan lainnya mengandung kolesterol yang tidak baik bagi tubuh. Olahan daging domba dan bebek adalah salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

9. Cheese Burger

Sebuah burger keju besar mengandung sekitar 175 mg kolesterol. Sebaiknya anda hanya memesan burger polos tanpa adanya tambahan keju.

10. Es Krim

Makanan tinggi kolesterol yang satu ini paling banyak digemari. Satu cangkir es krim mengandung lemak, dan akan menyumbang kolesterol lebih banyak daripada hamburger. Jadi sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi es krim, jika anda memiliki riwayat kolesterol tinggi.

Untuk itu, agar kadar kolesterol dalam darah anda tetap stabil, salah satu jalan adalah dengan membatasi makanan-makanan yang dikenal mengandung tinggi kolesterol diatas. Ingat! “Membatasi”, bukan menghilangkan sama sekali, sebab keberadaan kolesterol baik juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Olahraga adalah solusi yang sangat dianjurkan untuk membakar cadangan lemak, yang dapat menyebabkan kelebihan kolesterol dalam darah.

Terimakasih telah membaca artikel Makanan Mengandung Kolesterol Tinggi. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kesehatan, Makanan, Tips Sehat and tagged , , .

Komentar: