Makanan Kaya Omega 3

Makanan Kaya Omega 3Makanan Kaya Omega 3 – Omega 3 adalah asam lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh otak.Untuk itu, jika Anda atau anak anda ingin Cerdas karena kinerja otak yang maksimal, makanlah makanan kaya omega 3.Guru besar Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Ali Khomsan, mengatakan bahwa makanan otak di masa pertumbuhan adalah protein dan omega 3. Dan sampai kini diketahui makanan yang kaya akan kandungan omega 3 adalah ikan yang hidup dilaut dalam.Selain dari asam lemak omega 3, ada kiat khusus agar anak cerdas, baca: Cara meningkatkan IQ anak.

“Orang yang suka makan ikan ketika kecil biasanya tumbuh lebih cerdas. Ikan yang dikonsumsi adalah ikan laut yang dagingnya tebal karena lemak namun kaya omega 3,” jelas Prof Ali.

Meskipun sama-sama ikan, namun ikan air tawar tidak memiliki kandungan omega 3 sebesar yang terdapat pada ikan laut. Meski  begitu, ikan air tawar memiliki protein yang tinggi.

“Jadi makanan yang baik untuk otak adalah omega 3, omega 6, kolesterol, dan protein,” imbuh Prof Ali.

Selain ikan laut, makanan lain yang juga mengandung omega 3 adalah sebagai berikut:

Telur

Konsumsi telur dapat memenuhi asupan nutrisi lemak omega-3 Anda. Kuning telur memiliki lemak sehat. Dari sebutir telur, Anda bisa memperoleh sekira 40-250 miligram asam lemak DHA dan EPA.

Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan seperti kacang koro,kacang merah,kacang belang,kacang hijau juga kaya akan omega 3.Tambahkan dalam menu harian anda sekeluarga.

Sayur

Dari jenis sayuran, brokoli merupakan sayuran yang juga kaya akan omega 3, walaupun tak sebanyak ikan, brokoli juga tinggi zat antioksidan.

Kenari

Kacang kenari adalah salah satu bahan makanan nabati dengan kandungan 2.600 miligram lemak sehat yang cukup untuk menutrisi tubuh Anda.

Salmon

Ikan salmon yang terkenal tinggi kandungan EPA dan DHA-nya, dapat memberikan sekitar 1.600 miligram asam lemak omega-3 yang baik bagi pertumbuhan otak anak Anda.

Tuna

Ikan tuna saat ini diperbincangkan akibat kandungan merkuri di dalamnya, kemungkinan ini akibat dari pencemaran. Namun, jika kita dapat memilih tuna yang masih segar dan tidak mengonsumsi secara berlebihan, ada sekira 1.100 miligram asam lemak yang dapat diserap tubuh Anda.

Kandungan lemak omega 3 pada beberapa jenis ikan laut:

¢ Ikan Salem (salmon) (salmon Atlantik, salmon Chinook, salmon Coho): 1.200-2.400 mg.
¢ Ikan Teri (Anchovies): 2.300-2.400 mg.
¢ Tuna Sirip Biru: 1.700 mg; Tuna Sirip Kuning; dalam kaleng: 150-300 mg.
¢ Ikan Sarden (Sardines): 1.100-1.600 mg.
¢ Ikan Forel (Trout): 1.000-1.100 mg.
¢ Kepiting: 200-250 mg.
¢ Ikan Kerapu (Cod): 200 mg.
¢ Kerang (Scallops): 200 mg.
¢ Lobsters: 200 mg.
¢ Ikan Nila (Tilapia): 150 mg.
¢ Udang: 100 mg.

Jika Anda tidak mendapat cukup suplai makanan yang menjadi sumber omega-3 di atas,  mungkin Anda perlu mengkonsumsi suplemen, khususnya jika Anda menderita penyakit jantung, atau jika level trigliserida Anda tinggi.

Terimakasih telah membaca artikel Makanan Kaya Omega 3. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kesehatan, Makanan, Merawat Bayi, Tahukah, Wanita and tagged , , , , , .

Komentar: