Makanan Ibu Hamil

Makanan Ibu HamilMakanan Ibu Hamil tentu berbeda dengan makanan orang dalam kondisi normal. Karena apa apa yang dimakan oleh si Ibu akan berpengaruh terhadap janin yang dikandungnya. Jadi, makanan ibu hamil itu ada yang wajib dikonsumsi dan ada pula makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Terutama pada trimester pertama kehamilan, karena ini adalah fase penting terhadap perkembangan janin. Berhati-hatilah dalam melakukan diet makanan pada trimester awal kehamilan, sebaiknya penuhi kebutuhan makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium. Pada trimester pertama kehamilan ini janin lebih cepat dalam pertumbuhannya, sehingga sangat penting untuk memenuhi protein dan kalsium. Dan masih banyak lagi kebutuhan gizi lainnya yang sangat penting bagi janin dan ibu hamil itu sendiri.

Berikut makanan untuk Ibu hamil yang wajib untuk memenuhi asupan gizi penting selama masa kehamilan:

#Sayuran

Bayam: Bayam mengandung banyak zat besi yang berguna untuk menambah darah. Dengan semakin banyaknya tubuh memproduksi sel darah, maka volume darah yang mengalir kerahim dapat ditingkatkan.Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi bayam merah, info tentang bayam merah klik disini.

Asparagus: Tubuh tidak dapat memproses kalsium tanpa vitamin D. Asparagus adalah sayuran yang mengandung vitamin D, sekaligus berguna untuk mengatasi morning sickness yang biasanya hadir pada trimester awal kehamilan.

Brokoli: Brokoli adalah termasuk dalam sayuran hijau dan banyak memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Brokoli juga kaya zat besi, dimana ini sangat dibutuhkan oleh ibu mengandung.

Tidak hanya terbatas pada itu saja, secara umum sayuran daun berwarna hijau tua sangat dianjurkan. Sayuran daun berwarna hijau kaya akan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, K serta folat yang sangat penting untuk bayi dan si Ibu.

Buah Buahan juga tak kalah pentingnya untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi. Makan berbagai berbagai warna sayur serta buah seperti warna hijau, merah, oranye, kuning, ungu, putih akan akan memenuhi berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan bayi anda. Setiap kelompok warna buah sayur yang berbeda akan menyumbangkan vitamin, mineral, dan antioksidan untuk bayi anda. Jika Bayi sudah diperkenalkan dengan berbagai buah-buahan sehat dan sayuran saat didalam rahim, maka akan meningkatkan peluang bayi untuk mengenali rasa buah dan sayuran yang akan berguna nantinya. Sayuran dan buah yang kaya serat juga penting, berikut daftar buah sayuran  tinggi serat.

#Daging

Ikan: Ikan Salmon mengandung jumlah kalsium yang tinggi, seperti asam lemak omega-3 dan vitamin D, yang sangat penting bagi janin terutama pada trimester awal.

Ayam: Ayam bisa menjadi makanan yang aman untuk Ibu dalam berjuang melawan morning sickness. Kuah sup kaldu ayam dapat menjadi ‘obat’ ketika mengalami mual-mual. Selain itu, juga memiliki banyak zat besi untuk mempertahankan tingkat hemoglobin wanita hamil.

Daging Tanpa lemak: Daging merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Namun, konsumsilah hanya daging yang tanpa mengandung lemak/lemaknya dipisahkan. Namun, sangat susah untuk mendapatkan daging yang bebas dari lemak. Jangan makan makanan dari olahan daging seperti hot dog, kecuali jika dagingnya dipanaskan dengan uap panas. Ada risiko dalam daging yang kurang matang, karena bisa menjadi perantara bakteri atau parasit dari daging , misalnya toxoplasma Listeria monocytogenes, atau salmonella.

#Lain Lain, Makanan untuk ibu hamil

Telur: Telur mengandung 12 vitamin dan mineral juga banyak mengandung banyak protein yang berkualitas penting untuk kehamilan. Jangan sampai kurang asupan protein, karena pertumbuhan sel-sel pada bayi terbentuk dari protein. Protein juga dibutuhkan ibu yang mengandung. Telur juga termasuk makanan mengandung kolin, yang berguna untuk mendorong pertumbuhan bayi dan meningkatkan kesehatan otak, selain itu membantu mencegah cacat tabung saraf(Baca: Manfaat Kolin untuk Ibu hamil dan menyusui). Beberapa jenis telur bahkan mengandung omega-3 yang sangat penting untuk kecerdasan otak dan pengembangan penglihatan.

Ketela Rambat: Ketela rambat atau juga dikenal dengan ubi jalarjuga merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil.Karena warna oranye pada ubi jalar terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita, Jadi asupan vitamin A bisa diperoleh dari ubi jalar yang berwarna kuning atau oranye. Jika mendapat vitamin A dari sumber hewani, seperi hati, susu, telur terlalu banyak bisa berbahaya. Lain halnya jika vitamin A itu berasal dari karotenoid yang ada pada ubi jalar. Zat ini dikonversi menjadi vitamin A jika diperlukan saja, sehingga tidak perlu untuk membatasi konsumsi vitamin A yang kaya buah-buahan dan sayuran. Ubi juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat. Dan,, ubi jalar harganya cukup terjangkau dan mudah diperoleh dipasaran, sehingga tak ada salahnya jika dimasukkan kedalam daftar menu makanan untuk ibu hamil.

Kacang Almond : Kacang Almond kaya akan vitamin E, asam lemak omega-3, dan protein. Hal ini dengan mudah dapat membantu wanita hamil mendapatkan dosis tambahan protein selama trimester pertama. Jenis kacang lainnya juga sangat baik untuk ibu hamil, misalnya kacang hijau.

Terimakasih telah membaca artikel Makanan Ibu Hamil. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kehamilan and tagged , .

Komentar: