Makanan dan sayuran Sumber protein Nabati terbaik


Makanan dan sayuran Sumber protein Nabati terbaikMenemukan makanan sumber protein sangatlah mudah, karena semua produk daging termasuk ikan dan susu  adalah sumber tertinggi. Akan tetapi terlalu banyak makan daging-dagingan juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan, dan untuk itulah mengkombinasikan sumber dari sayuran adalah cara cerdas untuk memenuhi kebutuhan protein tanpa harus banyak mengkonsumsi lemak seperti halnya pada produk hewani. Diet tinggi buah dan sayuran dapat mengurangi risiko penyakit jantung, obesitas, diabetes dan bahkan beberapa jenis kanker. Sementara itu, protein adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh manusia, jadi harus selalu terpenuhi setiap hari. Direkomendasikan bahwa kebanyakan orang tua berusia lebih dari 9 tahun membutuhkan antara lima sampai enam porsi 1 ons protein setiap hari.

Makanan Sumber protein Nabati terbaik

Sayuran yang tinggi protein nabati juga merupakan tambahan yang baik bagi mereka yang ingin menurunkan kelebihan berat badan ekstra atau mempertahankannya. Berikut beberapa makanan sumber terbaik protein nabati:

1. Produk kedelai

Produk kedelai seperti tahu dan tempe merupakan sumber protein nabati penting, terutama untuk vegetarian. Protein kedelai adalah protein yang lengkap, seperti halnya pada makanan hewani seperti telur atau daging. Kedelai merupakan sumber semua asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membuat protein. 1/2 cangkir porsi tahu mengandung lebih dari 10 gram protein, atau sekitar sebanyak protein pada paha ayam atau beberapa iris daging. Tempe yang dibuat dari fermentasi kedelai juga dapat digunakan sebagai pengganti daging sapi, yaitu mengandung 18 gram protein setiap porsi.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

A 1 cangkir kacang dimasak seperti kacang navy, kidney, kacang hitam atau kacang pinto mengandung sekitar 12 sampai 14 gram protein, sedangkan 1 cangkir lentil yang dimasak memiliki sekitar 18 gram. Kacang kaya untuk sebagian besar asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membuat protein. Makanlah biji-bijian, buah-buahan dan sayuran untuk melengkapi protein yang disediakan oleh kacang. Sebagian besar biji-bijian mengandung 2 sampai 5 gram protein untuk setiap 1/3 cangkir perporsi. Namun hindarilah makan kacang-kacangan dan biji  yang digoreng dengan minyak atau terlalu asin. MayoClinic mengatakan yang terbaik adalah membatasi untuk 1,5 ons per hari .

Lihat Juga :  Tips SEO Terbaik 2013

3. Kacang polong dan kacang hijau

Sayuran hijau yang berukuran kecil ini mengandung delapan gram protein per porsi. Kacang polong split bahkan mengandung protein lebih banyak, yaitu memberikan sekitar lebih dari 16 gram untuk setiap cangkir.

4. jagung

Apakah direbus atau kalengan, jagung menyediakan lima gram protein per cangkir. Selain itu juga mengandung banyak serat, dan dapat ditambahkan ke hampir semua jenis hidangan tanpa harus mengorbankan integritas dari makanan. Jagung lezat sebagai sup, salad atau dimakan setelah direbus.

5. brokoli

Mengkonsumsi secangkir brokoli cincang akan memberikan Anda tiga gram protein. Dengan dikombinasikan bersama nasi atau kacang-kacangan, Anda sudah dapat membuat hidangan protein tinggi yang sehat.

6 . Buncis

Anda akan mendapatkan delapan gram protein dari setiap porsi buncis yang Anda konsumsi. Buncis lezat dapat ditambahkan kedalam sup atau salad untuk penambah energi yang cepat.

7 . bayam

Satu porsi bayam menawarkan13 gram protein, yang cukup untuk beberapa jam setelah Anda mengkonsumsinya. Bayam juga terkenal akan kandungan zat besi, dimana yang penting untuk membantu mengedarkan oksigen dalam darah keseluruh tubuh.

8 . kentang

Apakah itu dipanggang, digoreng atau tumbuk, kentang adalah tambahan lezat yang menyediakan sekitar lima gram protein per kentang dengan ukuran sedang. Untuk meningkatkan nilai protein kentang, coba topping dengan keju bebas lemak, potongan daging, kacang-kacangan, atau daging dada ayam.

Berikan komentar Anda: