Makanan bagi penderita sakit liver

ts_121115_liver_200x151[1]Hati atau liver letaknya berada di sisi bagian kanan tubuh, tepat di bawah tulang rusuk. Fungsi liver adalah untuk membersihkan darah dari racun, membantu tubuh untuk memanfaatkan nutrisi dari makanan, melawan infeksi, memproduksi empedu dan memecah nutrisi makanan. Setelah penyakit didiagnosis mengalami penyakit liver, diet baru harus dilaksanakan untuk membantu mengoptimalkan fungsi hati dan meminimalkan kerusakan lebih lanjut pada liver. Perubahan diet untuk membatasi makanan yang akan merusak hati adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan ketika didiagnosis bermasalah dengan hati. Suplemen vitamin juga merupakan bagian penting bagi yang mencoba untuk meningkatkan kesehatan hati.

Berikut makanan yang harus dikonsumsi, dibatasi dan dihindari bagi penderita liver

Protein

Menurut National Institutes of Health (NIH), liver yang sudah rusak tidak dapat berfungsi dengan benar ketika pasien mengkonsumsi terlalu banyak protein. Membatasi asupan daging bagi penderita akan membantu liver menghindari kelebihan racun yang tidak bisa dilepaskan dengan benar. Protein yang harus dimakan hanya sekitar 1 gram protein per kilogram berat. Dalam dosis tertentu proyein diperbolehkan, sumber protein yang baik seperti ayam, ikan, daging, yoghurt, susu, telur, selai kacang, tahu, keju cottage, dan  ginjal atau.

Garam

Seperti yang dicatat NIH, diet rendah garam sangat penting untuk pasien dengan penyakit hati. Menghindari kelebihan garam akan membantu hati berfungsi dengan lebih baik tanpa menyimpan cairan yang menyebabkan tubuh membengkak.

Karbohidrat

Menurut NIH, Karbohidrat merupakan persentase terbesar dari diet bagi pasien dengan penyakit liver yang berat. Karbohidrat seperti dari  sereal, nasi, gandum, roti dan sayuran harus menjadi bagian dari diet untuk pasien dengan penyakit liver, menurut Drugs.com.

Sayur-sayuran

Menurut Northwestern Health Sciences University (NHSU), makanan seperti brokoli, kubis, bunga kol dan kangkung yang bermanfaat untuk kesehatan hati. Sayuran lain yang manfaat kesehatan hati termasuk artichoke, kubis, bawang putih, bawang merah dan lobak.

Bumbu

Menurut NHSU lagi, pasien dengan penyakit hati harus menghindari saus tomat dan bumbu apapun yang tinggi garam, dan fokus pada bumbu seperti salsa,peterseli, jus lemon, cuka sari apel, asinan kubis, pare,wakame, dan gula kurma.

Suplemen Cair

Suplemen cair dapat diberikan dalam kasus gizi buruk akibat penyakit liver yang berat, menurut NIH. Suplemen ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasien.

Terimakasih telah membaca artikel Makanan bagi penderita sakit liver. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Jenis jenis penyakit, Kesehatan, Tips Sehat and tagged , , .

Komentar: