Makan alpukat untuk menjaga kesehatan liver


 apakah buah alpukat buruk bagi kesehatanHati atau liver adalah organ terbesar Anda. Organ vital ini melakukan banyak fungsi, diantaranya mengubah makanan menjadi energi, memproduksi empedu untuk pencernaan dan membuang limbah dan racun dari aliran darah. Dalam rangka mempertahankan fungsi hati yang optimal, mengkonsumsi makanan sehat adalah yang terpenting. Salah satu buah sehat yang baik untuk liver Anda adalah buah alpukat. Hal ini karena alpukat mengandung nutrisi yang sangat membantu untuk fungsi hati dan meningkatkan kesehatan hati secara keseluruhan.

Berikut ini alasan kenapa makan buah alpukat dapat membantu untuk menjaga kesehatan liver/hati Anda.

Kandungan Lemak alpukat

Alpukat tinggi lemak dan mengandung sekitar 22,5 gram lemak per buah ukuran sedang. Namun, sebagian besar lemak dari buah alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal, yang dikenal sebagai “lemak baik.” Mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal akan membantu menurunkan low-density lipoprotein(LDL) atau “kolesterol jahat” dan meningkatkan high density lipoprotein(HDL), yang dikenal sebagai “kolesterol baik.” Kolesterol baik akan membantu membersihkan darah dan dinding pembuluh arteri dengan mengalihkan kolesterol jahat ke hati. Fungsi hati adalah untuk memecah dan mengeluarkan lemak tersebut.

Penyakit liver berlemak

Penyakit hati berlemak ditandai dengan surplus lemak dalam sel-sel liver, yang dapat menyebabkan peradangan dan pengerasan hati. Mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggal, dan makan makanan glikemik rendah, seperti sayuran dan buah-buahan, dan (bukan makanan tinggi glikemik, seperti keripik dan makanan ringan bergula), dapat membantu orang dengan penyakit hati berlemak. Alpukat tidak hanya mengandung lemak tak jenuh tunggal, tetapi juga berfungsi sebagai makanan rendah glisemik. Menurut sebuah studi 2007 diterbitkan dalam “World Journal of Gastroenterology,” konsumsi lemak tak jenuh tunggal harian dan membatasi asupan lemak jenuh dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam hati, khususnya di kalangan individu dengan penyakit liver non-alkoholik.

Lihat Juga :  Resiko Transfusi Darah

Kandungan Vitamin

Alpukat menyediakan nutris yang terdiri dari lebih dari 20 mineral dan vitamin. Beberapa vitamin yang paling menonjol dalam alpukat termasuk vitamin B6, folat, vitamin E dan vitamin C. vitamin B, seperti vitamin B6 dan folat, mendukung kesehatan hati secara keseluruhan dan akan membantu memecah lemak. Selain itu, kekurangan folat juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker hati. Menurut Columbia University, Vitamin lain, seperti vitamin E yang juga ditemukan dalam alpukat dapat membantu mengurangi peradangan pada liver dan jaringan parut pada anak-anak dengan penyakit hati berlemak. Demikian pula, vitamin C akan membilas lemak pada liver Anda, dan yang dapat membantu mencegah sirosis hati.

Peringatan

Kulit dan biji alpukat yang ditemukan pada inti buah ini beracun bagi hewan. Hewan, seperti sapi dan kuda yang mengkonsumsi bagian-bagian dari alpukat tersebut akan mengalami penurunan nafsu makan, dan berpotensi terjadinya kerusakan paru-paru dan kerusakan hati. Namun masih belum jelas apakah gejala ini bisa muncul pada manusia yang mencerna kulit atau biji alpukat.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: