Makan Alpukat setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat


makan alpukat menurunkan koleseterol jahatAlpukat adalah buah yang begitu lezat dan smoothy, tentunya Anda juga menyukainya bukan?. Jika iya, maka ini adalah khabar baik untuk Anda; karena menurut sebuah studi terbaru makan alpukat setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat – setidaknya pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Alpukat pada masa lalu dianggap buruk karena dianggap tinggi kalori dan lemak. Memang benar alpukat kaya akan lemak, namun itu adalah jenis lemak tak jenuh tunggal, yang dikatakan peneliti justru bermanfaat menurunkan kolesterol jahat – bukan sebaliknya.

Hasil penelitian : Alpukat menurunkan Kolesterol Jahat

Para peneliti meminta kepada 45 partisipan yang kelebihan berat badan/obesitas untuk makan diet rata-rata (51 persen kalori dari karbohidrat, 34 persen dari lemak dan 16 persen dari protein) selama dua minggu untuk membangun dasar umum – untuk diuji kolesterol dan pengukuran lainnya. Kemudian para peneliti menugaskan peserta untuk menyelesaikan serangkaian tiga diet dalam urutan acak: diet rendah lemak (24 persen kalori dari lemak) tanpa alpukat, diet lemak sedang (34 persen kalori dari lemak) tanpa alpukat, dan diet lemak moderat dengan mengkonsumsi keseluruhan porsi alpukat setiap hari. Semua diet berlangsung selama lima minggu, dengan rincian yang dua minggu diantaranya istirahat untuk mengendalikan efek berlebihan. Para peserta juga memberikan makanan beragam untuk setiap tahap penelitian.

Para peneliti menemukan bahwa semua rejimen diet membantu peserta menurunkan kadar dua jenis kolesterol yang terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular:  low-density lipoprotein(LDL) dan High Density Lipoprotein (HDL). Baca juga : Cara menghindari kolesterol tinggi

Sangat penting untuk dicatat bahwa diet ini seringkali bekerja hanya karena peneliti memberikan pilihan makanan tingkat kontrol yang tinggi terhadap peserta. Seorang Ahli Gizi dan penulis Penny Kris-Etherton M., Ph.D. Penn State University menulis bahwa pembaca seharusnya tidak hanya mulai menambahkan alpukat untuk diet mereka, terutama jika itu adalah salah satu diet khas yang mengkonsumsi sejumlah besar kalori kosong dari makanan penutup berbasis gandum seperti kue dan cake . Itu resep untuk berat badan,  karena alpukat memiliki sekitar 200 kalori. Jika Anda ingin memasukkan alpukat kedalam diet Anda, sebaiknya cobalah alpukat sebagai pengganti dari junk food.

Lihat Juga :  Penyebab dan mengatasi darah tinggi pada Ibu Hamil

Pengganti alpukat

Karena bagaimanapun alpukat adalah buah yang cukup mahal dan langka, karena bisa hanya tersedia dalam waktu-waktu tertentu dalam setahun. Kris-Etherton juga menekankan bahwa ada banyak sumber lemak tak jenuh selain alpukat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan jenis minyak lainnya. Namun, penelitiannya menunjukkan bahwa diet alpukat terbukti menjadi diet yang lebih baik untuk kolesterol daripada diet lemak moderat – yang juga disediakan dengan diet lemak tak jenuh tunggal dalam bentuk bunga matahari dan minyak canola. Kris-Etherton tertarik dengan hal yang membuat alpukat terpisah(unik/berbeda) dari sumber-sumber lemak yang baik lainnya. Ini pendapatnya :

“Kami tidak tahu apa itu. Bisa jadi itu serat, tapi bisa beberapa komponen bioaktif lainnya dalam alpukat yang juga dalam makanan nabati lain atau buah-buahan dan sayuran,” katanya. “Atau mereka(zat-zat tersebut)  bisa jadi unik/hanya ada pada alpukat.”

Alpukat menyehatkan selain dari sumber lemak baik

Selain menyediakan lemak yang baik, alpukat juga dikemas dengan kalium (mengandung hampir dua kali lebih banyak dari kalium dalam pisang) dan memiliki kadar protein tertinggi untuk jenis buah. Makanan super ini bahkan memiliki kemampuan untuk mengurangi inflamasi(peradangan) dari makanan lainnya  yang dimakan bersama itu; Studi percontohan UCLA tahun 2012 menemukan bahwa makan hamburger dengan setengah buah alpukat secara signifikan mengurangi produksi senyawa inflamasi yang biasanya terkait dengan mengkonsumsi daging merah.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: