Khasiat Undur-undur untuk obat diabetes melitus type 2


Khasiat undur undur untuk pengobatan diabetes melitus type 2Khasiat Undur-undur untuk obat diabetes melitus type 2 – Undur undur adalah hewan yang menghuni tempat-tempat teduh dan memiliki lapisan debu yang tebal.Dengan memanfaatkan debu tebal inilah undur undur menggali lubang untuk menjebak mangsanya.Habitat undur undur biasanya ditempat yang teduh dan berlapis debu tebal pada bawah pohon yang rindang atau dipinggir pinggir rumah yang ada tanah debunya.Undur-undur adalah sebutan untuk kelompok serangga dari famili Myrmeleontidae (kadang-kadang salah dieja sebagai Myrmeleonidae). Di dunia ini diperkirakan ada sekitar 2.000 spesies undur-undur yang tersebar di seluruh dunia, terutama di wilayah bersuhu hangat dan berpasir/berdebu.Undur undur yang di pergunakan untuk pengobatan sebenarnya adalah hewan yang masih berupa larva.Artinya undur-undur bisa metaforfosis sempurna yang akan berganti ujud menjadi bentuk lain sebagai hewan undur-undur dewasa.Pada saat masih larva itulah undur-undur jalannya mundur, mungkin yang mendasari sebutan manusia untuk namanya.Metamorfosis pada undur-undur adalah metamorfosis sempurna (telur, larva, pupa, dan imago). Undur undur termasuk dalam kelompok hewan holometabola, yaitu kelompok serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Berdasarkan ciri sayap dan mulutnya, undur undur masuk dalam ordo Neuroptera (serangga bersayap jala).Jika sudah melakukan metamorfosis, undur-undur tidak akan mundur lagi, ia akan punya sayap dan bisa terbang mirip seperti seekor capung.

Bukti-bukti penelitian Undur undur menunjukkan khasiat obat untuk terapi diabetes melitus type 2

Undur-undur dipercaya dapat menjadi obat untuk penderita diabetes, kolesterol, asam urat dsb semenjak dari jaman China kuno.
Dan kini, menurut penelitian yang dilakukan oleh ternyata unbdur-undur memang terbukti mengandung zat berkhasiat obat untuk penderita diabetes melitus type 2

Akhir-akhir ini mulai banyak masyarakat yang mengetahui bahwa undur-undur darat (Myrmeleon sp.) dapat menyembuhkan diabetes mellitus (DM). Bahkan, banyak masyarakat yang membuktikan dengan cara mengkonsumsinya. Hasilnya, ternyata Myrmeleon sp. diketahui dapat menurunkan kadar glukosa darah. Hal ini juga didukung dengan pernyataan dari dr. Huang Lie Ying dari klinik Hwato Medicine, Gubeng, yang mengungkapkan bahwa undur-undur darat memang digunakan di tiongkok sebagai obat DM dan terbukti manjur, namun penelitian klinis dan pemakaian secara klinis di Tiongkok masih belum ada.

Lihat Juga :  Khasiat Manfaat Ikan Gabus

undur undur untuk mengobati diabetes atau kecing manis

Berdasarkan penelitian yang diketuai oleh Tyas Kurniasih dari Universitas Gajah Mada yang berjudul Kajian Potensi Undur-Undur Darat (Myrmeleon sp.) 2006, diketahui bahwa binatang tersebut mengandung zat sulfonylurea. Kerja sulfonylurea pada undur-undur darat adalah melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Dalam hal ini, insulin digunakan untuk menurunkan kadar gula darah yang menjadi masalah bagi penderita DM.

Menurut penelitian William (2002), binatang ini sangat berfungsi sebagai anti diabetes karena mengandung zat sulfonylurea. Zat sulfonylurea ini melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin karena ketika insulin dalam tubuh manusia menurun sementara kadar glukosa darah sekian hari semakin meningkat, maka akan terjadi ketidakseimbangan, dimana insulin sebagai penghasil energi tubuh sudah berkurang sehingga tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

Sulfonylurea yang terkandung di dalam undur-undur merupakan zat yang sama dengan sulfonylurea yang selama ini digunakan di dalam obat DM buatan. Undur-undur dengan sulfonylurea-nya ternyata juga dapat mengobati DM dengan cara kerja yang sama dengan obat DM yang pernah ada. Sulfonylurea dalam bentuk antidiabetik oral hanya cocok untuk mengobati DM tipe 2 karena cara kerjanya memperbaiki kerja pankreas dalam mensekresikan insulin, sedangkan pada penderita DM tipe 1, pankreasnya sudah tidak dapat memproduksi insulin secara permanen.

Pada penderita DM tipe 2, terdapat tiga kondisi abnormal yang mungkin dimiliki.

Pertama; mutlak kekurangan insulin dalam arti sekresi hormon insulin berkurang karena kerusakan sel-sel beta pankreas.

Baca Juga :

Berikan komentar Anda: