Khasiat Tanaman Kumis Kucing


Khasiat tanaman kumis kucingKhasiat Tanaman Kumis Kucing untuk pengobatan – Tanaman Kumis kucing adalah tanaman yang memiliki nama ilmiah Orthosiphon aristatus, berasal dari family Lamiaceae/Labiatae. Dalam masyarakat kita, kumis kucing juga dikenal dengan beragam nama seperti kumis ucing, remujung (jawa), java tea, misai kucing dsb. Tanaman yang memiliki bunga mirip kumisnya kucing ini sudah lama dikenal memiliki khasiat untuk pengobatan penyakit kencing, seperti kencing batu atau kencing tidak lancar.Kumis kucing pada umumnya banyak ditemui dihalaman, yang ditanam sebagai tanaman hias, dan tak sedikit yang belum mengetahui khasiat dan manfaat kumis kucing ini.

Ciri tanaman kumis kucing , menurut wikipedia:

  • Kumis kucing termasuk terna tegak, pada bagian bawah berakar di bagian buku-bukunya dan tingginya mencapai 2 meter.
  • Batang bersegi empat agak beralur berbulu pendek atau gundul.
  • Helai daun berbentuk bundar atau lojong, lanset, bundar telur atau belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya,ukuran daun panjang 1 “ 10cm dan lebarnya 7.5mm “ 1.5cm.
  • Urat daun sepanjang pinggir berbulu tipis atau gundul, dimana kedua permukaan berbintik-bintik karena adanya kelenjar yang jumlahnya sangat banyak, panjang tangkai daun 7 “ 29cm.
  • Ciri khas tanaman ada pada bagian kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul.
  • Bunga bibir, mahkota yang bersifat terminal yakni berupa tandan yang keluar dari ujung cabang dengan panjang 7-29 cm, dengan ukuran panjang 13 “ 27mm, di bagian atas ditutupi oleh bulu pendek berwarna ungu dan kemudian menjadi putih, panjang tabung 10 “ 18mm, panjang bibir 4.5 “ 10mm, helai bunga tumpul, bundar.
  • Benang sari ukurannya lebih panjang dari tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas.
  • Buah geluk berwarna coklat gelap, panjang 1.75 “ 2mm. 2.3. gagang berbulu pendek dan jarang, panjang 1 mm sampai 6 mm
Lihat Juga :  Cara Alami Mengobati Panu

Kumis kucing banyak mengandung bahan kimia glikosida orthosiphonin, yang berguna untuk melarutkan asam urat dan fosfor dalam tubuh. Akan tetapi manfaat kumis kucing tentu tidak akan kita dapatkan bila kita tidak dapat mengolahnya dengan baik.Dan untuk saat ini, sudah banyak toko jamu yang menyediakan daun kumis kucing olah siap seduh untuk pengobatan.

Berikut beberapa cara dan memanfaatkan kumis kucing untuk pengobatan beberapa  penyakit.

Untuk Peluruh kencing

Daun kumis kucing segar sebanyak 1/4 genggam direbus dalam segelas air. Didihkan hingga tersisa 1/2 gelas. Angkat, dinginkan, lalu saring. Diminum 2 kali sehari, setiap kali minum 1/2 gelas.

Untuk mengobati Kencing batu

Ambil 90 gram daun kumis kucing dicuci bersih lalu direbus dalam satu liter air hingga mendidih dan tersisa 750 cc. Setelah dingin, diminum sebanyak tiga kali sehari masing-masing sepertiga bagian. Minumlah ramuan ini hingga penyakitnya sembuh.

Untuk mengatasi Nyeri buang air seni:

Seduh dan minum sejumput daun kumis kucing yang dikeringkan seperti teh, boleh juga kalau diberi gula aren.

Untuk mengobati sakit pinggang:

Ambil 7 helai daun dan 2 potong akar kumis kucing dicuci. Rebus dengan segelas air. Biarkan satu malam, baru diminum.

Untuk Mengatasi masuk angin:

Ambil 1 sendok daun kumis kucing direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Diminum sekaligus.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: