Khasiat: Manfaat Tempe untuk Kesehatan


Khasiat manfaa tempe bagi KesehatanTempe adalah makanan sehat yang sudah sangat populer dimasyarakat. Namun sayang, tempe pada umumnya kurang diminati karena selalu dianggap kurang bergengsi. Namun tahukah bahwa Anda, bahwa tempe adalah sumber protein nabati berkualitas tinggi, yang mudah diserap oleh tubuh kita?.

Khasiat manfaat makan tempe bagi kesehatan

Mungkin masih banyak yang kurang menyadari juga, bahwa selain berprotein tinggi, tempe juga baik untuk membantu menyembuhkan maag kronis. Maag adalah kondisi lambung, dan banyak dialami oleh masyarakat kita yang jika tidak tertangani dengan baik bisa menjadi kronis dan sukar untuk disembuhkan. Salah satu cara mudah dan murah sekaligus enak untuk mengatasi sakit maag ini adalah dengan cara mengonsumsi tempe.

Mengandung protein yang siap diserap tubuh

Menurut dr Samuel Oentoro, MS, SpGK, ahli gizi klinik FKUI-RSCM menjelaskan hal ini karena tempe mengandung protein yang sangat bagus, serta senyawa anti inflamasi (anti peradangan). Protein yang terkandung di dalam tempe adalah protein yang sudah siap untuk diserap tubuh. Hal ini karena tempe sudah terlebih dahulu dicerna oleh kapang/ jamur, yang biasa terjadi dalam proses peragenan dalam pembuatan tempe.

Biasanya protein utuh harus dicerna terlebih dahulu menjadi partikel-partikel yang lebih kecil agar mudah diserap, tapi pada tempe protein tersebut sudah dicerna oleh kapang, ungkapnya.

Kapang yang dihasilkan oleh ragi tempe bisa mengubah protein kompleks dari kacang kedelai karena adanya perubahan-perubahan kimia pada protein, karbohidrat dan juga lemak. Serta mengubah kulit kedelai yang keras menjadi lebih lembek, sehingga menjadi lebih mudah bagi perut untuk mencernanya.

Tempe dapat Membantu mengobati sakit maag Kronis

Tempe juga diketahui dapat memperbaiki saluran pencernaan yang rusak, serta mengatasi gangguan lambung yang umumnya diderita oleh penderita sakit maag. Hal ini karena tempe bisa memberikan kenyamanan pada lambung.

Lihat Juga :  Cara Alami mengatasi ejakulasi dini

Tempe merupakan pangan fungsional atau makanan yang dikonsumsi sehari-hari, karenanya tidak ada batasan asupan atau dosis, ujar dokter yang juga berpraktik di Semanggi Spesialist Clinic.

Salah satu penyebab umum dari sakit maag adalah akibat pola hidup yang tidak sehat,  pola makan yang tidak teratur,  sering telat, kurang baik mencerna makanan dimulut, makanan terlalu asam, pedas serta faktor stres.

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan penyakit Maag

Maag terjadi karena adalah adanya bakteri Helicobacter pylori yang dalam jangka waktu panjang bisa merusak sel-sel di dalam jaringan mukus lambung.

Fungsi tempe untuk menangkap Helicobacter pylori secara teori bisa saja, tapi secara penelitian belum ada. Namun penelitian mengenai tempe ini sudah banyak dilakukan, imbuhnya.

Bagaimana cara mengonsumsi tempe agar memperoleh khasiatnya?

Sebagian orang percaya bahwa khasiat tempe akan muncul jika dimakan mentah. Boleh-boleh saja memakan tempe yang masih mentah, namun lebih bagus jika disterilkan dari bakteri lain dengan jalan dikukus, direbus atau digoreng dengan sedikit minyak.

Seperti kita semua ketahui, bahwa tempe dibuat dari Bahan baku utama kedelai, yang telah diketahui mengandung tinggi protein yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut Food and Drugs Administration AS, setiap hari tubuh perlu mengonsumsi 25 gram protein dari kedelai yang setara dengan 125 gram tempe.

Referensi: http://blogs.unpad.ac.id/azamamrullah/2011/04/25/manfaat-tempe-bagi-penyembuhan-maag/

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: