Khasiat: Manfaat Minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan


Khasiat manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikanMinyak zaitun telah lama digunakan sebagai bahan untuk menjaga kesehatan. Hal ini tak hanya didasarkan atas penggunaannya yang sejak lama oleh masyarakat dahulu, namun telah banyak dibuktikan khasiatnya oleh berbagai penelitian modern. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh ganda, yang baik bagi kesehatan untuk melindungi dari penyakit jantung, kolestrol, tekanan darah tinggi, bahaya penyakit diabetes dan obesitas.

Beberapa khasiat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh kita yang telah diketahui berdasarkan penelitian:

  • Penelitian menyebutkan bahwa minyak zaitun berkhasiat mencegah kanker. Terbukti oleh penelitian dengan kurangnya angka kematian akibat kanker pada penduduk di daerah Laut Putih roma.
  • Studi oleh pakar kesehatan Dr. Aldovaroro di Universitas Napoli Italia membuktikan, minyak zaitun menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Studi pada tahun 1995 terhadap kurang lebih 2.564 wanita yang telah terserang kanker payudara, menemukan bahwa minyak zaitun mampu melindungi dari kanker payudara hingga 45%.
  • Telah terbukti menurunkan jumlah angka kematian, oleh penelitian terhadap penduduk Albania yang jumlah kematian penduduk laki-lakinya hanya mencapai 41 orang dari 100.000.
  • Fakta yang diperoleh dari studi yang dilakukan terhadap 145 wanita yang terkena kanker rahim, penyakitnya berkurang hingga 26% setelah mengkomsumsi minyak zaitun.
  • Mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah. Seperti yang dilansir Majalah AMJ CLIN NUTRL tahun 1999, para peneliti menegaskan jika  nutrisi yang kaya kandungan minyak zaitun dapat mengurangi efek negatif lemak dalam makanan terhadap terjadinya pembekuan darah, dan selanjutnya mengurangi terjadinya penebalan pada pembuluh nadi jantung.
  • Penelitian terhadap sampel ASI dari 40 ibu menyusui yang ternyata kandungan dalam ASI-nya yang berupa lemak berantai tunggal, yaitu sama dengan yang dikandung dalam minyak zaitun.
Lihat Juga :  Manfaat dan efek samping Melinjo bagi kesehatan

Khasiat Minyak Zaitun untuk menjaga kesehatan kulit Wajah / Kecantikan

Untuk membuat wajah lebih lembut dan cerah, minyak zaitun dapat digunakan sebagai masker. Usapkan minyak zaitun pada wajah. Hati-hati jangan sampai mengenai bagian mata. Diamkan 10 menit lalu cuci dengan air bersih. Ritual ini dipercaya sebagai masker alami anti penuaan kulit. Sophia Loren, merupakan salah satu bintang Hollywood yang melakukan kebiasaan ini. Terbukti di usianya yang senja, kulitnya masih terlihat menawan.

  • Kulit wajah yang kering , minyak zaitun bisa dicampurkan dengan beberapa tetes minyak lavender, kemudian diusapkan kewajah dan didiamkan semalam.
  • Untuk kulit wajah yang berminyak,  campurkan minyak zaitun dengan bubuk kayu cendana, yang kemudian dicampurkan lagi bersama lulur wajah . Oleskan ke bagian wajah,  dan didiamkan hingga 10 menit, selanjutnya bilas dengan air dingin.
  • Jika bibir untuk pecah-pecah, bisa dioleskan dengan minyak zaitun secara rutin agar t bibir berubah menjadi lembut dan lembab.

Khasiat Minyak Zaitun untuk Kulit

  • Bagi kulit, minyak zaitun dapat menghilangkan bagian gelap pada kulit, seperti pada siku, ketiak atau selangkangan. Caranya yaitu cukup dengan mencampurkan minyak zaitun dengan gula, lalu gosokkan pada bagian kulit yang hitam selama lima menit, sebelum di bilas dengan air dingin hingga bersih.
  • Jika kulit kaki Anda terlihat kasar, minyak zaitun dapat melembutkannya kembali. Caranya cukup dengan mengoleskan langsung pada kulit kaki di malam har, lalu kaki dibalut dengan menggunakan kaos kaki dan dibersihkan pada pagi harinya.
  • Kaki pecah-pecah atau kasar juga bisa diatasi dengan perawatan minyak zaitun. Caranya Oleskan minyak zaitun pada telapak kaki dan sekitar pergelangan kaki. Kemudian bungkus dengan kaus kaki selama tidur pada malam hari. Terapi ini juga bisa dilakukan pada tangan. Ini bisa di lakukan secara rutin selama satu bulan agar hasilnya benar-benar terlihat.
  • Minyak zaitun juga berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya campurkan minyak zaitun dengan sedikit garam dan gula, lalu dijadikan sebagai masker pada kulit. Hal ini akan mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit akan lembut dan halus.
  • Jika Anda memiliki kulit yang bersisik, Caranya oleskan langsung minyak zaitun pada kulit yang bersisik. Cara lain untuk memperoleh khasiat minyak zaitun untuk menjega kesehatan kulit dalah dengan minum minyak zaitun sebanyak 2-3 sendok makan sehari.
  • Mencampur minyak zaitun dengan garam kasar juga bisa dilakukan untuk menciptakan scrub alami. Selain membantu pengelupasan sel-sel mati, pemakaian minyak zaitun pada tubuh bisa membuat kulit lebih cerah.
Lihat Juga :  Makanan yang tepat untuk anak hiperaktif

Khasiat Minyak Zaitun untuk Rambut

  • Teteskan minyak zaitun secukupnya seusai keramas. Kemudian bungkus rambut Anda dengan handuk selama 20 menit. Setelah itu rambut dicuci  hingga bersih. Metode ini hanya cocok bagi yang memiliki rambut kering, dan yang akan membuatnya menjadi cerah dan berkilau.
  • Dengan mengolesan minyak zaitun pada rambut bersama balutan handuk hangat selama 20 menit, minyak zaitun akan melembutkan rambut kaku dan tebal menjadi lembut.
  • Minyak zaitun juga berkhasiat mencegah pertumbuhan hormon DHT yang bisa menyebabkan rambut yang tumbuh jadi tipis.
  • Kandungan asam lemak tak jenuh dalam minyak zaitun juga baik dalam memperkuat akar rambut, sehingga mengurangi kerontokan rambut.

Minyak zaitun dapat diminum

Minyak zaitun  mengandung asam lemak yang baik bagi kesehatan, serta zat antioksidan tinggi. Dengan demikian, minyak zaitun bisa diminum untuk memperoleh manfaatnya. Hal ini sangat berbeda dengan minyak nabati pada umumnya, yang kebanyakan mengandung lemak jenuh.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: