Khasiat Manfaat Cuka Sari Apel bagi Kesehatan


Khasiat Manfaat Cuka Sari Apel bagi KesehatanCuka sari apel juga telah lama digunakan untuk mengobati alergi, jerawat, flu, penyakit hewan peliharaan, dan kondisi dermatitis/eksim. Sari apel bersifat meningkatkan pH dan alkalinitas  dalam tubuh, anti – bakteri, antiseptik, anti – virus, dan anti – jamur. Hippocrates merekomendasikan cuka sari apel lebih dari 400 tahun yang lalu. Cuka sari apel bisa membantu berbagai masalah kesehatan, seperti masalah sistem pencernaan hingga membersihkan kulit dan rambut. Cuka apel yang telah diolah akan kehilangan nutrisi yang menyehatkan, sehingga carilah hanya cuka sari apel organik dan alami .

Kandungan Nutrisi Cuka apel

Cuka sari apel mengandung lebih dari 90 nutrisi yang berbeda, termasuk potasium, kalsium, magnesium, klorin, tembaga, zat besi, fluorin dan sodium. Cuka sari apel juga mengandung dua keto , 13 jenis asam karbol, berbagai mineral, asam amino, dan serat dari pektin buah apel. Juga banyak mengandung  vitamin C dan beberapa vitamin A , B1, B2, B6 dan asam asetat E. Asam asetat E adalah salah satu senyawa utama dalam cuka sari apel, yang menyebabkan pelepasan energi dari lemak dan karbohidrat sehingga dapat membantu menurunkan berat badan .

Manfaat Cuka Sari Apel bagi Kesehatan

Membantu mengatasi sakit perut dan gangguan pencernaan.

Anda mungkin berpikir, bagaimana bisa zat asam dapat membantu masalah perut ?. Nah, asam cuka secara alami ketika masuk ke dalam tubuh kita akan menjadi basa. Dengan demikian kemudian dapat membantu untuk menetralkan kandungan asam yang tinggi dalam perut kita. Cukup tambahkan satu sendok teh cuka sari apel kedalam satu gelas air (hangat atau dingin) , dan minum setiap setelah makan. Atau, Anda juga dapat menambahkan satu sendok teh cuka apel ke wadah air minum yang besar, dan diminum sepanjang hari. Minum minuman ini sepanjang hari akan membuat pH dalam tubuh dalam keadaan alkali, tetapi hanya minum sebelum atau setelah makan saja. Cuka sari apel memiliki rasa asam yang kuat, sehingga membuatnya tidak nyaman untuk diminum. Dengan demikian, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu.

Lihat Juga :  Cara Alami Mengatasi Migren

2. Menurunkan berat badan.

Cuka sari apel juga mengandung enzim alami yang bermanfaat untuk meningkatkan tingkat metabolisme. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan penurunan berat badan dengan cuka sari apel. Satu studi telah mengungkapkan hilangnya 1.2kg dalam 12 minggu dengan hanya meminum 15ml cuka sari apel setiap hari. Beberapa ahli mengatakan bahwa  kadar insulin rendah dapat membantu menurunkan berat badan, dan cuka juga dikenal menurunkan tingkat gula darah.

3. Membantu meringankan arthritis

Bagi penderita Arthritis dan nyeri sendi, cuka sari apel yang ditambahkan madu bisa membantu meringankan rasa sakit. Ada seorang musisi yang minum cuka sari apel dengan madu, dan setelah rutin mengkonsumsinya selama satu tahun ia melihatperubahan yang menakjubkan. Cuka sari apel dikenal mengandung banyak mineral seperti magnesium, fosfor, kalsium dan kalium. Kekurangan beberapa mineral ini bisa memperburuk rasa nyeri sendi. Kurang kalsium dapat menyebabkan kekakuan sendi, sementara  menambah asupan kalium dapat mencegah hal ini terjadi .

4. Membantu beberapa gejala penyakit

Cuka sari apel juga telah diketahui menyembuhkan batu ginjal, kelelahan, batu empedu, sakit tenggorokan, dan masih banyak lagi. Jadi, minum cuka sari apel bisa membantu kondisi Anda, namun jangan lupa untuk tetap berhubungan dengan dokter Anda. Selain itu, cuka adalah saus salad yang sangat baik !.

5. Menumbuhkan rambut dan membersihkan kulit kepala

Cuka sari apel juga dapat digunakan untuk membilas rambut, sehingga akan memberikan pH yang seimbang untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. Cuka apel tinggi akan asam alpha-hydroxy, yang dapat mengangkat sel kulit mati dari folikel rambut dan kulit kepala. PH cuka sari apel akan menetralkan pH kulit kepala dan menghilangkan residu sampoo atau kondisioner yang tersisa, sehingga rambut akan menjadi mudah diatur dan tidak kusut . Cuka sari apel juga akan membantu menyembuhkan kondisi kulit kepala seperti ketombe, dengan cara memperbaiki pH kulit kepala.

Lihat Juga :  Khasiat Jahe

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: