Khasiat Manfaat Buah Petai

Khasiat Manfaat buah petaiKhasiat Manfaat Buah Petai – Buah pete (petai) adalah buah yang memiliki karakter yang unik, kenapa?,,,,Banyak orang yang suka dan banyak pula orang yang membencinya. Dimakan mentah sebagai lalap enak, dimasak sebagai pelengkap sayuran juga nikmat.
Tak salah jika banyak yang tak suka dengan buah yang satu ini, karena jika dimakan akan cepat menimbulkan bau mulut yang luar biasa. Selain itu, air seni dari orang yaneg memakan buah petai ini akan mengeluarkan bau yang hebat dan sulit dihilangkan dengan cara biasa dikamar mandi.
Namun jangan salah, ternyata buah pete (petai) banyak mengandung khasiat dan manfaat yang berguna bagi tubuh. Riset membuktikan dua porsi petai mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit.

Banyak para atlet yang gemar makan buah petai ini. Penelitian juga membuktikan bahwa petai mampu mencegah bahkan mengatasi beberapa macam penyakit dan kondisi buruk.
Setelah mengalami uji klinis di labolatorium ternyata buah khas Indonesia ini juga mengandung protein dan lemak yang cukup tinggi bahkan kandungan proteinnya lebih tinggi daripada tempe. Petai juga mengandung senyawa sulfur & tanin, sehingga baunya yang khas tercium seperti bau belerang. Cobalah cara yang ini untuk mengolah petai : Resep Membuat Sambal Petai Kerang

Berikut beberapa manfaat dan khasiat buah petai untuk kesehatan :

Mengatasi depresi

Hal ini terjadi karena petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah.

Mengatasi sembelit

Karena kandungan serat yang tinggi, maka petai akan mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali ke laksativ.

Mengobati luka lambung

Buah ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus yang parah. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

Membantu mengatasi dampak akibat merokok

Petai dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.

Mencegah stroke

Menurut riset dalam The New England Journal of Medicine, makan petai sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40%.

Membuat tubuh awet muda

Mungkin disebabkan kandungan proteinnya yang bisa untuk regenerasi kulit.Bahkan kabarnya petai Indonesia sebagian sudah diekspor ke Jepang dan dijadikan salah satu bahan kosmetik di sana.

Mengobati cacingan pada anak

Mungkin hal ini disebabkan karena adanya kandungan sulfur/ belerang / tanin di dalamnya sehingga mampu membuat cacing ( cacing kremi )dalam perut mati/ keluar.

Menambah nafsu makan

Anak anda sulit makan?,, Bagi sebagian orang biasanya untuk makanan pelengkap/lalapan/kudapan apalagi bila disajikan dengan nasi hangat dan goreng ikan peda.

Karena petai menimbulkan bau yang luarbiasa, sebaiknya membersihkan mulut sehabis makan buah ini. Dan jika buang airkecil, sebaiknya dilakuka sambil mengalirkan air yang langsung masuk ke pembuangan. Hal ini agar tidak mengganggu orang lain , atau merusak reputasi anda :)

Terimakasih telah membaca artikel Khasiat Manfaat Buah Petai. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Khasiat Herbal, Makanan, Manfaat Buah and tagged , , .

Komentar: