Khasiat: Manfaat Belimbing wuluh


Khasiat  dan Manfaat Belimbing WuluhKhasiat: Manfaat Belimbing wuluh – Belimbing wuluh pasti Anda sudah kenal dengan tanaman yang satu ini.Masih satu family dengan belimbing pada umumnya, namun rasanya yang sangat masam membuat belimbing wuluh kurang disukai untuk dimakan begitu saja.Belimbing wuluh sangat mudah tumbuh dan berbuah lebat, walaupun sering disukai semut untuk mendirikan markas.

Belimbing wuluh lebih banyak di pakai sebagai bumbu masakan, bahan tambahan rujak atau dibuat sayuran juga.Walaupun rasanya yang sangat masam, ternyata belimbing wuluh banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita!.

Belimbing wuluh mengandung zat – zat yang bermanfaat di antaranya tanin, saponin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, peroksida dan kalsium sitrat.

Berikut Khasiat dan manfaat belimbing wuluh untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan resepnya:

Belimbing wuluh untuk Mengobati Darah Tinggi

Caranya : Potong – potong 3 buah belimbing wuluh dan rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa sekitar 1 gelas. Setelah dingin saring dan minum setelah makan pagi.Baca mengenai darah tinggi[klik disini]

Belimbing wuluh untuk Mengobati Rematik

Caranya : Bisa juga dengan menumbuk halus 5 buah belimbing wuluh, 8 lembar daun cempaka, 15 biji cengkeh, 15 butir lada hitam kemudian di campur dengan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok makan minyak kayu putih. Selanjutnya di gunakan untuk mengurut bagian yang sakit 2 – 3 kali sehari.

Belimbing wuluh untuk Mengobati Pegal Linu

Caranya : Giling halus satu genggam daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 biji cengkeh dan 15 biji lada hitam kemudian tambahkan sedikit cuka. Selanjutnya lumurkan ke tempat yang sakit.

Belimbing wuluh untuk Mengobati Sariawan

Caranya : Rebus 2/3 genggam bunga belimbing wuluh dengan 3 gelas air sampai tersisa sekitar 2 1/4 gelas saja. Setelah dingin saring dan minum 3 kali sehari masing – masing 3/4 gelas.Sariawan?, [Baca tentang sariawan]

Lihat Juga :  Efek buruk diet ketat bagi kesehatan

Belimbing wuluh untuk Mengobati Panu

Caranya : Giling halus 10 buah belimbing wuluh dan tambahkan kapur sirih sebesar biji asam dan campurkan ke belimbing wuluh yang telah di giling hingga merata. Kemudian gunakan ramuan tersebut untuk menggosok kulit yang terserang panu 2 kali sehari.Menyembuhkan Panu?[ selengkapnya…]

Belimbing wuluh untuk Mengobati Sakit Gigi

Caranya : Kunyah dengan garam 5 buah belimbing wuluh, lakukan beberapa kali hingga rasa sakitnya hilang.

Belimbing wuluh untuk Mengobati Diabetes

Caranya : Lumatkan dan rebus 6 buah belimbing wuluh dengan 1 gelas air sampai tersisa setengahnya, kemudian saring dan minum 2 kali sehari.Makanan yang terbaik untuk penderita diabetes [Baca ,,,,]

Belimbing wuluh untuk Mengobati Batuk

Caranya : Rebus 1 genggam daun belimbing wuluh, 1 genggam bunganya, 2 buah belimbing wuluh dan gula batu secukupnya dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum 2 kali sehari.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: