Khasiat Jahe untuk Kesehatan dan Pengobatan

Khasiat Jahe untuk kesehatan dan pengobatanKhasiat Jahe – Jahe atau dengan sebutan nama ilmiahnya Zingiber officinale, kini telah banyak dimanfaatkan dan dibudidayakan di seluruh dunia. Bahkan saat ini Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang paling penting di seluruh dunia.

Jahe memiliki dua manfaat sekaligus, yaitu bisa digunakan sebagai ramuan kesehatan serta sering digunakan sebagai bumbu masakan. Bagian yang digunakan dari jahe adalah rimpang atau akar jahe, sama seperti pada temulawak atau kunyit. Dalam penggunaannya sebagai obat, jahe biasanya diterapkan untuk mengobati masuk angin, atau dalam bentuk permen kesehatan tradisional. Selain itu, dibeberapa negara jahe juga dipergunakan sebagai bahan obat untuk membantu menyembuhkan diabetes, sakit kepala, pilek, kelelahan, mual dan flu .

Apakah Jahe Baik untuk kesehatan kita?

Selama lebih dari 2 ribu tahun pengobatan Cina telah merekomendasikan penggunaan jahe untuk membantu menyembuhkan dan mencegah beberapa masalah kesehatan. Hal ini diketahui meningkatkan sirkulasi energi dalam tubuh sementara positif untuk meningkatkan tingkat metabolisme tubuh.

Sifat-sifat yanng dimiliki jahe

  • antiemetik / anti-mual
  • agen anticlotting
  • antispasmodic
  • antijamur
  • anti inflamasi
  • penangkal infeksi
  • antibakteri
  • antivirus
  • antitusif
  • analgesik
  • stimulan sirkulasi
  • mengeluarkan angin
  • agen ekspektoran
  • hipotensi
  • meningkatkan aliran darah
  • Mendorong berkeringat
  • melemaskan pembuluh darah perifer

Sekilas tentang sejarah Jahe

Jahe dulu banyak digunakan oleh orang Romawi kuno, dan merupakan rempah-rempah yang sangat mahal.Satu pon jahe setara dengan harga seekor domba. Jahe hampir hilang dalam sejarah, setelah jatuhnya kekaisaran Romawi, akan tetapi menjadi populer kembali setelah ditemukan oleh Eropa. Jahe telah mempengaruhi sejarah manusia sejak China kuno. Perdagangan rempah-rempah seperti jahe menjadi akar ekonomi dunia selama berabad-abad.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Jahe memiliki berbagai efek pada tubuh manusia dan diketahui efektif untuk pengobatan katarak, amenore, penyakit jantung, migrain, stroke,, angina, kaki atlet, pilek, bursitis, kelelahan kronis, tendinitis, flu, batuk , depresi, pusing, demam, kesulitan ereksi, infertilitas, batu ginjal, penyakit Raynaud, linu panggul, dan infeksi virus.

1. Mengurangi efek mual:

Jika ingin menghilangkan rasa mual, jahe mungkin dapat membantu Anda. Jahe merupakan obat pemulihan yang efektif dari rasa mual yang berhubungan dengan mabuk. Jika Anda sedang melakukan perjalanan jauh, misalnya naik bis atau pesawat minumlah secangkir minuman yang diseduh dengan jahe. Ini akan mencegah muntah selama Anda melakukan perjalanan jauh. Jahe adalah pencegah mual yang efektif.

Minuman Jahe – Parut sepotong jahe segar, tambahkan kedalam air panas kedalam wadah ukuran gelas, kemudian saring ke dalam cangkir. Tambahkan separuh lemon dan diperas dan sesendok madu – Aduk hingga rata. Minum ketika masih hangat.

Untuk menghilangkan mual – Jahe umumnya diminum dengan dosis 200 mg setiap 4 jam.

Untuk menghilangkan perut kembung – Jahe umumnya diminum dengan dosis 250 sampai 500 mg 2 sampai 3 kali sehari.

2. Mengurangi Gangguan Pencernaan:

Jahe juga membantu mempercepat proses pencernaan, dengan berkontribusi terhadap produksi asam lambung. Ramuan jahe dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti perut kembung atau masuk angin.

3. Membantu Mengurangi Nyeri:

Jahe juga memiliki sifat anti inflamasi. Minuman jahe juga dapat mengurangi berbagai jenis nyeri seperti sakit rematik, nyeri sendi, nyeri otot dll. Minum secangkir jahe setiap hari dapat membantu mencegah nyeri sendi dan otot, juga membantu untuk meringankan kelelahan. Teh jahe telah digunakan untuk meredakan gejala rheumatoid arthritis dan sindrom Raynaud.

4. Melawan Dingin – Sakit kepala serta masalah pernafasan:

Minum secangkir teh jahe baik bagi Anda, terutama ketika menderita masalah pernapasan umum seperti batuk dan pilek. Jahe akan melonggarkan dahak dan membersihkan sistem pernapasan, yaitu membantu bersin dan mengatasi demam. Jahe akan menyebarkan rasa hangat di seluruh tubuh & membuat tubuh merasa lebih segar.
Sakit Tenggorokan – Rebus air dan tambahkan sejumput kayu manis, sepotong kecil jahe yang dimemarkan, 1 sdt madu dan diminum.

Untuk batuk terus-menerus – Ambil satu setengah sendok teh bubuk jahe, sejumput cengkeh, sejumput bubuk kayu manis dan tambahkan madu dalam secangkir air yang telah mendidih kemudian minum ketika masih hangat.

Asma – Satu sendok teh jus jahe segar dan dicampur dengan secangkir air rebusan fenugreek rebusan dan madu secukupnya yang akan bertindak sebagai ekspektoran yang sangat baik dalam pengobatan asma.

Pilek – Rebus satu sendok teh bubuk jahe dalam satu liter air dan menghirup uapnya akan membantu meringankan pilek.

Sakit Tenggorokan – Rebus air dan tambahkan sejumput kayu manis, sepotong kecil jahe, 1 sdt madu dan diminum.

5. Mengurangi Nefropati Diabetik:

Studi yang berbeda telah menunjukkan bahwa 2 cangkir minuman jahe setiap hari dapat membantu Anda untuk mengurangi nefropati diabetik.
Diabetes – Beberapa dokter merekomendasikan untuk minum jahe saat baru bangun di pagi hari untuk membantu mengatur kadar glukosa Anda.

6. Meningkatkan Sistem kekebalan:

Jahe juga mengandung unsur antioksidan, yang akan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bahkan satu cangkir minum jahe sehari dapat membantu untuk mengurangi potensi risiko stroke, karena jahe bisa melarutkan timbunan lemak yang menghambat arteri. Jahe juga dapat memulihkan kadar kolesterol agar menjadi normal dan mencegah kanker. Jahe memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker kolorektal & ovarium.

7. Mengurangi kram menstruasi:

Dalam pengobatan Cina, jahe dengan gula merah digunakan untuk pengobatan kram selama menstruasi. Wanita yang menderita kram menstruasi yang berat dapat menggunakan jahe untuk kompres panas. Handuk yang dibasahi dengan larutan jahe harus ditempatkan pada perut, dekat dengan posisi rahim. Hal ini akan mengurangi rasa sakit dan akan mengendurkan otot-otot karena memberikan efek menenangkan.
Jahe untuk kompres – Metode ini berguna untuk merangsang sirkulasi darah dan cairan tubuh, untuk melonggarkan serta melarutkan materi racun dalam tubuh. Ambil segenggam jahe parut kasar dan kain untuk memeras jus jahe ke dalam panci berisi 4 liter air panas (namun jangan sampai mendidih air). Celupkan handuk ke dalam air jahe dan peras. Tempelkan saat panas ke daerah yang membutuhkan pengobatan.

8. Mengurangi Morning Sickness:

Jahe merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk mengatasi gejala morning sickness. Wanita hamil muda umumnya menderita morning sickness. Karena sifat jahe yang dapat mengatasi rasa mual, maka jahe cocok untuk mengurangi gejala morning sickness.

9. Mengurangi Nyeri akibat Migrain:

Jahe efektif untuk menghentikan timbulnya migrain. Ambil sepertiga sendok teh jahe segar atau bubuk saat merasa tanda awal migrain. Ini dapat mengurangi gejala migren, karena jahe akan membantu untuk menghambat prostaglandin, yang merupakan bahan kimia yang dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah.

10. Menjaga Sirkulasi Darah:

Secangkir jahe panas dapat membantu untuk mengatur aliran darah yang normal. Mineral dan asam amino dalam jahe akan meningkatkan sirkulasi eritrosit. Sehingga, risiko penyakit akibat kardiovaskular dapat diminimalkan. Jahe memiliki efek rangsangan untuk jantung dan sirkulasi darah.

11. Mengurangi Stres:

Secangkir teh jahe dapat mengubah suasana hati Anda secara dramatis. Jahe akan memberikan rasa kesegaran dan ketenangan dalam waktu yang lama. Rasa jahe akan menghalau semua kesedihan dan pikiran yang negatif yang dapat memperburuk kondisi. Minuman Jahe juga merupakan obat yang bagus pada saat kita sedang mengalami stres.

12. Meningkatkan Kesuburan:

Jahe diyakini memiliki sifat afrodisiak jika seorang pria minuman teh jahe sehari-hari, maka dapat meningkatkan kualitas sp* rma dan meningkatkan kesuburan Pria. Sesuai hasil dari beberapa penelitian, Pria yang mengkonsumsi jahe secara rutin mengalamin peningkatan jumlah sp* erma dan aktivitas, dibandingkan sebelum mencoba suplemen jahe. Jahe juga dianggap bermanfaat bagi laki-laki yang sedang menderita disfungsi er* ksi juga.

loading...

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Berikan komentar Anda: