Khasiat dan Manfaat Teh


Khasiat dan Manfaat tehTeh seolah sudah membudaya dimana mana, rasanya tak lengkap jika hidangan tanpa dilengkapi dengan teh pada pagi hari maupun sore hari.  Teh sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat, sangat mudah di jumpai dimana-mana, namun tahukah anda jika  khasiat dan manfaat teh bagi kesehatan sudah dikenal masyarakat sejak jaman dulu kala?.

Menurut situs wikipedia di negeri asal kelahiran teh yaitu China, teh sering kali dijadikan sebagai tanaman obat dan penangkal racun. Teh sendiri hadir sejak abad 8 SM itupun keberadan teh sudah dikenal ribuan tahun disana. Teh pun menyebar ke Jepang hingga negara-negara lainya.

 

Berikut ini beberapa Khasiat dan manfaat teh untuk kesehatan dan pengobatan:

1. Mencegah berbagai jenis Kanker

Teh merupakan bahan untuk minuman yang  kaya akan antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan pada teh adalah epigallocatechin gallate (EGCG) , bermanfaat mencegah dan mematikan sel-sel kanker pada tubuh. Konsumsi teh dengan tujuan ini sebaiknya dikonsumsi tanpa menggunakan gula.Dan sebaiknya  bukan teh celup, malinkan teh alami berupa daun-daun teh untuk direndam.

2. Menurunkan resiko Jantung

Menurut penelitian University of LAquila tentang teh, bahwa dengan minum hanya satu cangkir teh biasa per hari dapat membantu melindungi diri dari penyakit kardiovaskuler. Teh mengandung flavonoid quercetin, kaempferol, dan myricetin yang bermanfaat untuk meningkatkan reaktivitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan pengerasan pada arteri, yang berdampak pada kesehatan jantung.

3. Mengecilkan dan mengobati tumor

Kandungan senyawa flavonoid yang ada pada teh hijau yaitu EGCG, bermanfaat untuk menyusutkan tumor. Hal tersebut sudah di ujicoba di laboratium. Ekstrak teh hijau mampu mengurangi dan menyusutkan ukuran berbagai jenis tumor. Bahkan beberapa kasus membuktikan bahwa tumor tersebut dapat hilang sama sekali dari tubuh.

Lihat Juga :  Mitos : Memakai Bra bisa menyebabkan kanker payudara

4. Menurunkan tekanan darah

Jenis teh yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah jenis teh hitam. Dengan mengkonsumsi teh ini secara teratur, maka anda bisa menurunkan tekanan darah. Sebaiknya pada saat pengobatan dengan teh hitam ini, hentikan konsumsi obat penurun tekanan darah jenis apapun.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh

Menurut hasil uji klinis yang dilakukan oleh Universitas Jenewa dan Universitas Birmingham bahwasanya teh hijau bermanfaat meningkatkan tingkat metabolisme, kecepatan oksidasi lemak, sensitivitas insulin dan toleransi glukosa. Kandungan polifenol katekin pada teh hijau bersifat thermogenesis (menghangatkan tubuh), dan bermanfaat meningkatkan pengeluaran energi.

6. Menghilangkan Stress

Menurut penelitian University College London, minum teh hitam dapat menurunkan hormon stres (kortisol) yang muncul ketika seseorang mengalami stress. Pada penelitian tersebut, subyek yang telah minum 4 cangkir teh hitam setiap hari selama 6 minggu mengalami penurunan kortisol 20% lebih besar dibandingkan kelompok biasa.

7. Menyembuhkan radang usus

Beberapa pengamatan menyatakan bahwa teh hijau telah terbukti dapat mengurangi dan memulihkan peradangan usus. Efek ini merupakan dampak dari kandungan polifenol pada teh hijau yang menghambat reaksi inflamasi.

8. Menurunkan berat badan dan mencegah obesitas

Mengkonsumsi teh hijau dengan teratur dapat menurunkan berat badan, hal ini akan menghindarkan kita dari kelebihan berat badan/obesitas. Dengan minum teh hijau setiap hari sebanyak lima gelas,  membuat tubuh anda akan selalu  terjaga untuk tetap ideal.

9. Mengatasi bau mulut

Menurut para peneliti dari Universas Illinois di Chicago mereka menyatakan bahwa polifenol membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan timbulnya bau mulut tak sedap.

10. Menjaga kesehatan Gigi

Penyebab adanya plak gigi dikarenakan adanya lebih dari 300 jenis bakteri yang menempel pada permukaan gigi,  yang pada akhirnya akan menyebabkan gigi berlubang. Plak gigi juga sebagai penyebab utama penyakit gusi. Kandungan Polifenol pada teh dapat membunuh atau menekan pertumbuhan bakteri penyebab plak.

Lihat Juga :  Makan alpukat untuk menjaga kesehatan liver

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: