Khasiat dan manfaat Kandungan Kimia daun Pepaya

Daun pepaya muda, bagi yang menyukainya biasanya diolah dan dimakan sebagai urap-urap.Caranya daun pepaya cukup dikukus hingga lunak/matang, kemudian dikasih bumbu yang diurap terdiri dari bahan kelapa parut, cabe, garam, gula, daun jeruk purut yang dihaluskan kemudian digoreng.Rasanya yang khas ada pait-paitnya sangat menggugah selera, itu bagi yang suka sih,,, :) .
khasiat daun pepaya untuk kesehatan
Disamping rasanya yang sedikit ada pait-paitnya, ternyata daun pepaya muda banyak mengandung senyawa yang baik bagi kesehatan.Bahkan daun pepaya muda diyakini dapat membantu menyembuhkan penyakit berat seperti tumor. Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pada tumbuhan pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker. khasiat getah pepaya untuk kesehatan dibuktikan Para Ahli secara ilmiah, seperti dikutip Journal Society of Biology, yang menyatakan daun pepaya bersifat antitumor atau kanker.

Tidak hanya tumor dan penyakit kulit yang disembuhkan, karpain ternyata juga ampuh memperlambat kinerja beberapa mikroorganisme yang menggangu fungsi pencernaan.
Bahan-bahan tersebut biasanya dikombinasikan dalam bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak sisa makanan.

Selain berkhasiat bagi kulit, daun pepaya terutama dapat digunakan untuk kesehatan wanita antara lain untuk mengobati keputihan, demam akibat nifas, melancarkan haid dan melancarkan air susu ibu (ASI).

Tuh, banyak banget manfaatnya daun pepaya bagi kesehatan kita.Jadi tanamlah pohon pepaya disetiap sudut pekarangan, karena buahnyapun juga kaya akan gizi terutama kaya vit c dan serat.

Berikut beberapa resep dan manfaat Daun pepaya untuk pengobatan:

Pencegahan Kanker
Beberapa penelitian menyatakan bahwa khasiat daun pepaya juga bersifat anti kanker, walaupun belum ada pernyataan jelas.Setidaknya kandungan kimia senyawa karpain pada daun pepaya dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.

Nyeri haid
Wanita jawa zaman dulu sering mekhasiatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Cukup Ambil 1 lembar daun saja, Tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air dan Rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.

Menambah nafsu makan
Manfaat ini terutama untuk anak-anak yang susah sekali makan. Ambil daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan.kemudian tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah gelas. Campur semua lalu haluskan(Blender). Kemudian saring airnya, dan airnya yang dimanfaatkan untuk diminum sebagaim penambah nafsu makan.Atau bisa juga daun pepaya muda diolah sebagai sayuran, dengan cara dibikin urap-urap atau hanya dimakan dengan sambal setelah di godok hingga matang.

Meskipun daun pepaya kadang terasa pait, tapi belum pernah mendengar ada orang keracunan daun pepaya.Asal jangan berlebihan saja dalam mengkonsumsinya, karena apapun yang berlebihan tentu tak baik juga.

Terimakasih telah membaca artikel Khasiat dan manfaat Kandungan Kimia daun Pepaya. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kesehatan, Makanan and tagged , , , .

Komentar: