Khasiat dan manfaat Buah Pepaya


Khasiat dan manfaat Buah PepayaPepaya adalah buah tropis yang rasanya MANIS dan lembut serta kaya dengan serat alami.Buah pepaya ini sempat dijuluki sebagai buah dari malaikat oleh Christper Colimbus, sipenemu benua Amerika. Karena kaya serat, Buah yang biasa tumbuh dan berbuah sepanjang tahun ini terkenal banyak dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan.Selain kaya serat, pepaya juga kaya akan enzim, vitamin,antioksidan seperti beta karoten (vitamin A), vitamin C, vitamin B kompleks, flavonoid, asam folat dan pantotenat. Pepaya juga mengandung banyak mineral, kalium dan magnesium, dan serat.Buah pepaya memang sungguh kaya akan zat yang bermanfaat bagi kesehatan.
Selain buah pepaya diatas, ternyata kandungan bio nutrisi lebih tinggi ternyata ada pada biji pepaya.Kini Sudah banyak ramuan herbal untuk penyakit tertentu yang berbahan dasar biji pepaya.Daun pepayapun tak kalah tinggi manfaat seperti pada buah dan bijinya.Berikut Khasiat Daun Pepaya

Khasiat dan manfaat Buah Pepaya terhadap penyakit pembuluh darah dan hipertensi

Konsentrasi tinggi karotenoid (provitamin A), vitamin C, dan E pada pepaya, dapat berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa ini mampu menyingkirkan radikal bebas penyebab kanker. Antioksidan dalam pepaya juga bermanfaat untuk mencegah oksidasi kolesterol yang sering menempel pada dinding arteri penyebab hipertensi.Jadi, buah pepaya juga baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau darah tinggi.

Sementara nutrisi dalam pepaya juga terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung (kardiovaskular) hingga mencegah kanker. Buah ini juga rendah gula, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain itu, kandungan enzim papain pada buah pepaya juga berkhasiat mempercepat proses pencernaan protein. Enzim ini mampu memecah protein menjadi arginin, dan menguraikan makanan menjadi berbagai macam protein atau asam amino, sehingga memudahkan penyerapannya oleh tubuh.

Lihat Juga :  Manfaat dan Khasiat Kurma menurut Medis

Selain di atas, masih banyak lagi manfaat lain dari buah pepaya, antara lain:

a. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh,
b. Membantu sistem pencernaan dan mendukung produksi enzim pencernaan,
c. Merevitalisasi tubuh dan membantu mempertahankan energi dan vitalitas,
d. Mendorong pembaharuan jaringan otot,
e. Mempercepat penyembuhan luka pada kulit dan meredakan peradangan,
f. Mencegah pembentukan penyakit katarak pada mata, dan
g. Menurunkan resiko emfisema pada perokok aktif dan perokok pasif.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: