Khasiat dan Manfaat Buah mengkudu

Khasiat dan Manfaat Buah mengkudu – Mengkudu alias buah noni atau sebagian orang jawa menyebutnya dengan nama bentis, adalah buah tropis yang mudah tumbuh liar dimana saja. Dulu Hanya sedikit orang mau mengkonsumsi buah ini, biasanya hanya digunakan  sebagai tambahan membuat rujak atau jamu tradisional.Buah mengkudu, Kalau masih muda buahnya keras, dan kalau matang akan menjadi lembek dan mengeluarkan bau yang kurang sedap.

Namun dewasa ini, buah mengkudu atau buah kudu atau bentis banyak dicari orang untuk membuat obat herbal yang diyakini berkhasiat tinggi.Benarkah demikian?,, Bagaimanakah kebenaran mengenai manfaat mengkudu yang katanya berkhasiat tinggi bagi kesehatan,  menurut penelitian ahli dilaboratorium?,,Khasiat dan manfaat buah mengkudu

Berikut Khasiat dan Manfaat Buah mengkudu menurut pemaparan ahli penelitian obat-obatan

Sebuah perusahaan perintis industri bioaktif,  giat memperkenalkan produk kesehatan berbasis tanaman buah mengkudu. Secara klinis, buah ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan termasuk salah satunya untuk menetralkan radikal bebas.

Direktur Riset Penelitian tanaman mengkudu dari kantor pusat Amerika, DR. Brett West, sengaja datang ke Indonesia untuk memaparkan hasil penelitian terakhir terhadap kandungan bioaktif yang terdapat dalam tanaman mengkudu.
Buah yang juga dikenal dengan nama buah noni ini ternyata bisa digolongkan sebagai tanaman obat karena mengandung iridoid dan flavonoid.
Kandungan iridoid pada mengkudu sangat stabil dan tetap efektif bahkan setelah terkena panas ataupun telah melalui proses pengolahan dan penyimpanan.

Berdasarkan riset yang dilakukan Brett West Direktur Pusat Penelitian Tahitian Noni International USA dan tim, iridoid terbukti membantu:

  • menetralkan radikal bebas berbahaya,
  • memelihara kolesterol baik (HDL) pada kadar normal,
  • meningkatkan energi,
  • menjaga kesehatan jantung,
  • meningkatkan sistem kekebalan tubuh,
  • menunjang kesehatan persendian,
  • dan masih banyak lagi manfaat yang dipetik dari bioaktif alami tersebut.

Sebagai informasi, sebanyak 70 persen obat-obatan yang diproduksi oleh perusahaan farmasi adalah diambil dari alam. Perusahaan farmasi tersebut mengisolasi, memodifikasi dan mensintensis bioaktif tanaman obat untuk diperbanyak dan mendapatkan hak paten.

Namun,perlu diwaspadai juga,,

Meski memiliki banyak manfaat, perlu diwaspadai juga, komponen bioaktif yang dimodifikasi tersebut bisa menjadi racun dalam tubuh. Hal ini terjadi karena bisa bertolak belakang dengan reaksi kimia dalam tubuh.

“Itulah alasan mengapa pendekatan yang dilakukan oleh perusahaan farmasi terkadang memiliki efek samping yang tidak diharapkan. Di Tahitian Noni International kami tidak memodifikasi bioaktif, melainkan menggunakannya dalam bentuk alami namun dalam jumlah yang dapat diukur sehingga manfaatnya bisa dirasakan,”ujar West.

West mengatakan, rasa asli mengkudu dan bau yang tak enak membuat khasiat mengkudu sering diabaikan orang. Padahal, selain bermanfaat untuk kesehatan orang dewasa, mengkudu juga bisa diberikan untuk anak-anak. Makanya, West juga telah memproduksi mengkudu dalam kemasan untuk anak anak.
“Anak anak pasti tidak suka baunya sebelum diolah, atau masih dalam bentuk buah. Noni mini dibuat khusus untuk anak anak, dengan menghilangkan baunya, dan rasanya tidak pahit, bisa langsung diminumnya,”ujar West.(sumber:vivanews.com)

Terimakasih telah membaca artikel Khasiat dan Manfaat Buah mengkudu. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kesehatan, Khasiat Herbal and tagged , , .

Komentar: