Khasiat dan Manfaat buah Jengkol

Khasiat dan manfaat buah JengkolKhasiat dan Manfaat buah Jengkol – Kalau kemarin kita membahas tentang khasiat buah petai, nggak afdol rasanya jika tak mengulas tentang buah Jengkol. Kedua buah ini memiliki karakteristik yang sama, mungkin masih kakanya buah petai kali :).

Jering atau jengkol (Archidendron pauciflorum, sinonim: A. jiringa, Pithecellobium jiringa, dan P. lobatum) adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Bijinya digemari di Malaysia, Thailand, dan Indonesia sebagai bahan pangan. Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae. Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua. Biji buah berkulit ari tipis dengan warna coklat mengilap. Jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap.

Berikut Khasiat dan manfaat buah jengkol

Sebelum kita membahas manfaat buah jengkol, akan lebih baik kita ketahui bersama kandungan yang ada pada jengkol.

Kandungan zat dalam jengkol

Jengkol, setelah diteliti dan diuji labolatorium, ternyata mengandung serat yang tinggi, asam jengkolat, vitamin (meskipun belum jelas jenisnya) dan juga mineral.

Khasiat Jengkol untuk mengobati berbagai penyakit:

  • Memperlancar proses buang air besar / cuci perut, ini dikarenakan jengkol mengandung serat yang tinggi.
  • Jengkol juga dapat mencegah penyakit diabetes / kencing manis, mungkin karena kandungan asam dan mineralnya.
  • Jengkol dapat mencegah penyakit jantung koroner
  • Jengkol diketahui dapat mencegah diabetes dan bersifat diuretik dan baik untuk kesehatan jantung.
  • Tanaman jengkol diperkirakan juga mempunyai kemampuan menyerap air tanah yang tinggi sehingga bermanfaat dalam konservasi air di suatu tempat.
  • Dan mungkin masih banyak lagi.

Walaupun manfaat yang baik dari buah jengkol, sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsi buah sayuran ini. Kenapa?

Efek buruk makan jengkol yaitu:

Kejengkolan – Yang biasa di timbulkan dari makan jengkol adalah penyakit yang disebut denga kejengkolan, alias susah buang air kecil dan terasa sakit(anyang-anyangan).

Penyebabnya adalah  kandungan asamnya, tetapi tidak semua yang mengkonsumsinya lantas mengalami kejengkolan, menurut ahli kesehatan tergantung kadar asam yang dikandung biji jengkol itu dan juga kadar asam yang terdapat di tubuh kita dan faktor genetika dari kita mempengaruhi.Tetapi jika  mengalami kejengkolan,  jangan khawatir . Karena obatnya adalah banyak minum air putih.

Bau mulut dan air seni – Akibat yang paling umum memakan jengkol adalah  bau mulut dan kencing bau belerang. Ada yang bilang untuk mengatasinya dengan makan buah ketimun, mengunyah beras mentah,minum kopi hitam atau mengunyah pucuk cengkeh, tapi mungkin yang paling mujarab dan praktis yaitu dengan sikat gigi dan kumur-kumur dengan obat kumur.

Efek negatif bau sebenarnya dapat dikurangi dengan perendaman atau perebusan. Bau pada waktu kencing dapat dikurangi apabila pembilasan dilakukan sebelum dan sesudah kencing dengan jumlah air yang cukup.

Terimakasih telah membaca artikel Khasiat dan Manfaat buah Jengkol. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Khasiat Herbal, Makanan, Manfaat Buah and tagged , , , , , .

Komentar: