Khasiat dan Manfaat Bir bagi kesehatan

Khasiat dan manfaat bir bagi kesehatanKhasiat dan Manfaat Bir bagi kesehatan – Dalam pandangan Islam, bir hingga kini masih menjadi perdebatan, karena dianggap sebagai minuman beralkhohol dan memabukkan. Namun Bir dalam peredarannya tidak digolongkan kedalam miras, sehingga bisa diperdagangkan bebas ditoko toko manapun juga.

Kalau anda masih ragu mengenai halal haramnya bir, sebaiknya ikuti saja keyakinan anda. Bir memang sangat mungkin mengandung alkohol walaupun hanya sedikit, karena bir dihasilkan dari beras dan gula yang difermentasikan.

Berikut kandungan umum zat pada bir:

  • 90 % air
  • gula fermentasi biji – bijian atau padi ( malt )
  • gula murni
  • buah hop (pemberi cita rasa bir)
  • (yeast) sel mikro organisme untuk memproses fermentasi gula jadi alkohol dan karbindioksida’

Diluar mengenai perdebatan tentang halal haramnya bir, ternyata Bir memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.Tentunya jika dikonsumsi dalam batas dan aturan yang sesuai.

“Saya mengkonsumsi bir hanya untuk menjaga kesehatan , apakah ini halal ?, kan saya tidak berniat untuk mabuk-mabukan?”

Kami sebagai orang awam tidak bisa menjawab pertanyaan ini. Untuk itu sebaiknya Anda berkonsultasi pada orang yang anda percayai dan paham tentang masalah ini.

Berikut khasiat dan manfaat bir bagi kesehatan

MENCEGAH RESIKO JANTUNG

Minum bir dalam batas yang wajar dan tak berlebihan, yaitu porsi satu gelas perhari buat wanita, dan tidak lebih dari dua gelas untuk pria, bisa menurunkan resiko penyakit jantung sampai 30 %-60%. Minum bir juga dianjurkan buat mereka yang mempunyai penyakit diabetes dan tekanan darah tidak normal.

PEMBENTUKAN TULANG

Bir ternyata mengandung silikon, yang kurang lebih manfaatnya seperti kalsium yang membantu memadatkan tulang. Bagi mereka yang memiliki gangguan tulang keropos, minum bir sangat dianjurkan selama dalam batas yang wajar.

KEKEBALAN TUBUH

Antioksidan (Hop and Malt) yang terkandung dalam bir, juga Polyphenol, akan memperkuat sel tubuh, jangka panjangnya akan mengurangi resiko jantungan dan kanker. Apa yang dikandung dalam bir ini juga ditemukan di teh hitam, teh hijau, buah-buahan dan sayuran.

MENCEGAH STROKE

Selama minum tidak berlebihan dan tidak sampai memabukkan, bir akan meningkatkan kemampuan berpikir dan memori yang membaik, jadi mencegah kepikunan seiring usia bertambah. Kepikunan sendiri menjadi 80% penyebab stroke.
Yang jelas antioksidan dalam bir mudah diserap dibanding minuman sejenis seperti anggur merah dan anggur putih. Bir tidak berkolesterol dan berlemak, justru kalori dalam bir sangat tinggi. Itulah mengapa bir bisa menyuplai kesehatan yang positif bagi tubuh, bir boleh dicoba asal tidak berlebihan.

Jika Anda ragu tentang “status” bir, sebaiknya menggunakan sumber lain untuk memperoleh manfaat kesehatan.

Terimakasih telah membaca artikel Khasiat dan Manfaat Bir bagi kesehatan. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Dewasa, Gaya Hidup, Kesehatan, Tahukah and tagged , , .

Komentar: