Khasiat Bawang Putih


Bawang putih, tiap keluarga pasti menyediakan bawang putih di dapur, tahukah Anda jika khasiat dan manfaat bawang putih itu banyak sekali bagi kesehatan?…

Sebagian besar jenis masakan menggunakan bawang putih, itulah kenapa bawang putih serasa harus selalu ada.
Bawang putih (Allium sativum L) adalah jenis tanaman dari keluarga genus Allium, yang berbentuk umbi-umbian.Bawang putih membuat masakan terasa sedap, namun jika dimakan mentah terasa getir sekali.Bahkan tidak sedikit orang yang sangat tidak menyukai bawang putih karena baunya yang menyengat.Rasa getir bawang putih ini karena mengandung senyawa-senyawa sulfur, jenis zat kimia yang disebut allin.

Khasiat Bawang putih

khasiat  bawang putih Sejak jaman dulu bawang putih juga dipergunakan untuk pengobatan, tentara jaman dulu biasa menggunakan bawang puith untuk menjaga kesehatan saat dimedan perang.
Bawang putih dapat menurunkan kolesterol, The Journal of Royal College of Physicians menjelaskan bahwa dengan mengkonsumsi suplemen bawang putih selama 4 minggu berturut-turut terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 12 persen. Ditambah lagi bawang putih mampu menaikkan kolesterol HDL (kolesterol baik) hingga 4 sampai 15 persen.
Bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi karena sifatnya yang dapat melemaskan dan melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar.

EPIC, The European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition conducted melakukan penelitian terhadap perempuan dan laki-laki dari 10 negara yang berbeda untuk mengetahui khasiat bawang putih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang putih dapat menurunkan risiko kanker usus. Selain itu sebuah penelitian di China juga membuktikan bahwa konsumsi bawang putih, dapat mencegah resiko kanker esofagus dan lambung dan prostat.

Bawang putih juga dapat mencegah flu. Di dalam Bawang putih terdapat antimikroba terhadap virus, bakteri, parasit dan jamur. Dengan adanya antimikroba ini dapat membantu mengobati asma, bronkitis, radang, gigitan serangga,sakit gigi, infeksi telinga dan infeksi lain termasuk Staph dan MRSA.

Lihat Juga :  Tips Menghindari racun sisa pestisida dari sayur dan buah

Sebuah studi yang dilakukan di wilayah San Francisco menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah lebih besar memiliki resiko kanker pankreas 54 persen lebih rendah dari pada orang yang makan dalam jumlah yang lebih rendah.

Apakah Anda masih membenci bawang putih dimana ia banyak sekali mengandung khasiat obat?,,Kini saatnya untuk berubah fikiran.Jika memanfaatkan bawang putih untuk menurunkan darah tinggi atau kolesterol jahat, sebaiknya dimakan mentah-mentah supaya khasiatnya lebih maksimal.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: