Kenapa Serangan Stroke Seringkali terjadi di Kamar Mandi?


mengapa Stroke terjadi dikamar mandiKenapa Serangan Stroke Seringkali di Kamar Mandi?… Mungkin ini seringkali menjadi pertanyaan banyak orang. Anda sendiri mungkin juga sering mendengarnya,,,, “Si fulan tiba-tiba meninggal setelah jatuh dari kamar mandi”. Kenapa dikamar mandi ya?…. kok nggak ditempat lain misalnya diruang tamu. Serangan stroke, bahkan sampai meninggal yang terjadi dikamar mandi; ternyata ada penjelasan ilmiahnya. Nah, dengan mengetahui fakta ini, orang dengan kondisi seperti tekanan darah tinggi bisa menghindari kejadian seperti ini.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi yang disebabkan oleh tersumbat/menyempitnya pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar; yang akhirnya memaksa kerja jantung menjadi lebih keras lagi. Risikonya, tekanan darah yang tinggi oleh penyempitan pembuluh darah dan semakin kuatnya desakan denyut jantung bisa membuat pembuluh halus diotak pecah. Pecahnya pembuluh darah diotak inilah yang menyebabkan orang bisa terkena serangan stroke, koma bahkan sampai meninggal dunia.

Kenapa stroke seringkali terjadi dikamar mandi?, kok nggak ditempat lain saja?….

Pada saat ketika saya mengikuti sebuah kursus Gaya Hidup Sehat, seorang penceramah yang menjabat Professor di sebuah Universitas di Malaysia(UITM), yang juga ikut dalam Kegiatan Olah raga Negara, memberikan nasehat kepada semua bahwa pada waktu mandi jangan basahkan kepala dulu, tetapi basahkan dulu pada bagian tubuh.
Hal ini karena jika kepala menjadi basah dan dingin oleh air mandi, maka semua darah akan mengalir ke kepala dan memanaskan kepala. Logika ‘warm blooded human’ , jika ada saluran darah seseorang yang menyempit, maka bisa terjadi pecahnya saluran pembuluh darah. Dan ini seringkali berlaku di kamar mandi.

Nah, supaya hal ini nggak kejadian pada Anda, maka berikut tips mandi yang benar dan bisa mengurangi risiko serangan stroke:

  1.  Pertama siramkan air di telapak kaki.
  2.  Kemudian dilanjutkan dengan segayung di betis.
  3.  Segayung di paha.
  4.  Segayung di perut.
  5.  Segayung di bahu.
  6.  Berhentilah sejenak 5-10 detik
  7. Kemudian kita akan merasakan seperti ada uap/ angin yang keluar dari ubun-ubun bahkan terasa pandangan meremang. Setelah itu lanjutkan dengan mandi seperti biasanya.

Hal ini mungkin Seperti pada sebuah gelas yang secara spontan diisi dengan air panas, lalu  kemudian kita isi dengan air dingin. Apa yang terjadi? Gelas akan retak bahkan langsung hancur !!!

Jika hal ini yang terjadi pada tubuh kita …. apanya yang retak atau pecah ?

[Baca juga :Benarkah mandi malam dapat menyebabkan rematik?]
Suhu tubuh kita cenderung panas, dan air suhunya cenderung dingin; maka yang terjadi ketika kita mandi secara langsung menyiram kepada badan atau kepala, maka angin yang harusnya keluar menjadi terperangkap dan dapat membawa kematian karena pecahnya pembuluh darah seseorang.
Maka dari itulah kenapa  kita sering menjumpai atau mendengar orang yang jatuh di kamar mandi, kemudian tiba-tiba terkena ‘stroke’. Boleh jadi kita yang sering mengalami masuk angin karena cara mandi kita yang salah. Dan boleh jadi juga jika kita sering migrain karena cara mandi yang salah.
Cara mandi yang benar ini baik bagi semua tingkatan usia dan yang sehat, terutama baik untuk yang memiliki kondisi penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol dan migrain atau sakit kepala sebelah.
Silakan dishare ilmu bermanfaat ini untuk semua orang dan kerabat Anda!!!

Lihat Juga :  Bagaimana Cara minum obat yang benar?

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: