Kenali dulu apa itu Marketing Mix sebelum membuka usaha


Hal yang menyebabkan diabetesHasil akhir dari kegiatan pemasaran adalah memperoleh transaksi penjualan. Namun tujuan pemasaran adalah bukan hanya untuk menawarkan produk kepada calon pembeli semata, dan itu yang harus dipahami. Dalam pemasaran, pengusaha juga harus menetapkan harga, menetapkan sistem distribusi, dan menetapkan bagaimana cara-cara promosinya. Dalam dunia marketing kegiatan seperti itu dikenal juga dengan marketing mix atau ramuan pemasaran, yang meliputi Product, Price, Place dan promotion atau dikenal juga dengan 4P. Hal ini sudah baku(dasar), dan harus dipahami serta direncanakan sebelum memulai usaha agar sukses.

Berikut kita bahas satu persatu mengenai marketing mix, dari 4 komposisi yang dikenal dengan 4P:

Product

Mengenai semua ragam produk, bagaimana desain, mutu, karakteristik, merek dagang, pelayanan, serta jaminan.

Price

Meliputi semua harga, seperti harga agen, harga eceran, mengenai diskon, cara pembayaran dan kemudahan, hingga fasilitas kredit. Harga merupakan faktor penting, yang sangat menentukan sukses ataupun tidaknya sebuah produk dipasaran. Misalnya Anda menjual barang kepada target market yang berpenghasilan 1 juta / bulan dengan harga 300 ribu. Walaupun barang yang Anda jual bagus, namun Anda akan kesulitan mendapatkan penjualan. Sebaliknya, Anda menjual barang dilingkungan orang berpenghasilan tinggi dengan harga 300 ribu, Anda juga akan susah mendapatkan penjualan, karena mereka akan mengira barang Anda bermutu jelek.

Place

Hal ini mengenai dimana lokasi tempat lokasi usaha yang akan Anda mulai, termasuk distribusi produk dan persediaan barang. Misalnya Anda sudah memiliki hasil produk yang bermutu bagus sesuai dengan permintaan pasar serta banyak peminat, namun jika orang kesulitan mencari atau menemukan produk Anda maka usaha Anda berkemungkinan tinggi untuk gagal.

Promotion

Promosi adalah bagian dari pemasaran yang penting untuk memperkenalkan produk secara lebih luas untuk meraih penjualan sebanyak-banyaknya. Ada banyak cara untuk melakukan promosi, dan Anda bisa menyesuikannya dengan kondisi usaha yang Anda jalankan. Berikut cara-cara berpromosi:

Direct selling – Penjualan secara langsung kepada konsumen berarti juga memperkenalkan / mempromosikan usaha Anda. Walaupun tak mendapat penjualan, paling tidak banyak orang telah mengerti apa manfaat, cara penggunaan, cara pemeliharaan, penyimpanan produk yang Anda promosikan. Ini biasanya dilakukan oleh produk industri, dimana orang perlu untuk mengetahui semua hal yang mencakup hasil produk.

Lihat Juga :  Tips Cara meningkatkan produktifitas kerja

Sales promotion – Promosi penjualan seperti contoh adalah penjualan barang dengan diskon/potongan harga khusus pada hari spesial, seperti hari Raya, tahun baru, Agustusan dll.

PR(Public Relation) – PR adalah strategi promosi yang biasa dilakukan oleh perusahaan skala besar. Hal ini penting, karena citra perusahaan sangat dipertaruhkan. Cara yang umum dilakukan dalam kegiatan PR umumnya adalah seperti mengundang pejabat, tokoh masyarakat, hingga wartawan. Mengadakan khitanan massal, bagi-bagi sembako juga merupakan bagian dari kegiatan PR. Perusahaan skala kecil pun tak ada salahnya menerapkan kegiatan PR, misalnya mensponsori hari tujuh belasan, khitanan massal di daerah lokasi usaha , dll.

Publication – Misalnya usaha Anda adalah berjualan bakso, dan Anda menang dalam kegiatan lomba memasak bakso terenak nasional. Untuk pemenang lomba biasanya akan mendapatkan piagam tanda prestasi, atau dipublikasikan dimedia massa bahwa Anda adalah pemilik usaha bakso pemenang lomba bakso terenak. Tempelkan saja piagam atau kliping koran yang mempublikasikan tadi di warung bakso Anda.

Advertising – Usaha apapun sangat penting untuk menyebarkan iklan, jika ingin cepat mendatangkan pembeli. Iklan memang memerlukan banyak biaya, namun pilihlah yang sesuai dengan kondisi usaha Anda. Banyak pilihan untuk mengiklan, misalnya menyebar brosur, memasang spanduk, memasang iklan baris, bahkan memasang iklan secara online di situs ini.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: