Kata-kata yang tidak boleh diucapkan orang tua pada anak


Ucapan yang tidak boleh diucapkan pada anakKata-kata yang tidak boleh diucapkan orang tua pada anakMendidik anak memang gampang-gampang susah, untuk itu sebagai orang tua kita dituntut kwajiban untuk sabar dan tak mudah pasrah. Kalau tidak, maka salah sedikit saja dalam hal perkataan kepada anak, maka akan berakibat tidak baik bagi anak kelak ketika ia telah dewasa.

Anak kecil terutama, otak mereka masih laksana sebagai hardisk kosong. Apapun tindak tanduk orang tua, bahkan perkataan akan selalu disimpan dalam memorinya hingga ia dewasa nanti. Apa yang orang tua katakan pada anak, maka itulah yang akan ditiru anak.

Untuk itu hati-hatilah berucap kepada anak Anda, karena ada beberapa kalimat yang seringkali dikatakan oleh orang tua kepada anak, namun sebenarnya tidak baik bagi mental dan perkembangannya.

Berikut Kata-kata yang tidak boleh diucapkan orang tua pada anak

Pergi sana,  kamu jangan ganggu Bapak/Ibu

Suzette Haden Elgin, pendiri Ozark Center, mengatakan anak-anak akan berpikir tidak ada gunanya berbicara dengan orang tuanya karena mereka selalu diusir. Selain itu, mereka akan melakuka hal yang sama ketika dewasa, bahkan kepada anda kelak jika sudah tua.

Kamu Itu…selalu begitu,,,

Kata kata seperti itu akan bersifat seperti memberi label pada anak.Misalnya , “kamu itu pasti begitu, hal beginian pasti tidak bisa”, maka anak akan menerima dan menelan begitu saja seolah dirinya memang begitu, dan kemudian tak akan ada niat untuk berubah.Jika  kita memberikan label buruk pada anak-anak, itulah yang akan melekat dalam benak mereka. Seumur hidup.

Jangan Nangis,,, atau Kamu memang cengeng,,

Nangis adalah satu-satunya hal yang bisa anak lakukan untuk mengungkapkan ekspresinya.Karena seumuran dia tidak bisa mengungkapkan emosi dan ekspresinya dengan cara seperti orang dewasa.Adalah wajar, bila anak-anak merasa sedih atau ketakutan.Dengan mengatakan ”jangan”,  tidak berarti anak-anak akan lebih baik. ”Ini juga akan memberikan kesan bahwa emosi mereka tidak benar, bahwa tidak baik untuk merasa takut atau sedih,” ujar Debbie Glasser, direktur Family Support Services.
Lebih baik, katakan pada anak bahwa kamu memahami perasaan sedih yang dia alami. ”Ibu paham kamu takut dengan ombak. Ibu janji tidak akan melepaskan tanganmu lagi, Nak…”

Lihat Juga :  Resep membuat Rainbow Cake

Kamu kok tidak seperti saudaramu, atau kamu kok tak seperti temanmu

”Dina tuh bisa memakai kaos kaki sendiri, kenapa kamu masih belum bisa?”
Para pakar menilai,  wajar orang tua membandingkan anak-anaknya. Ini bisa menjadi referensi terhadap perkembangan anak-anak. Namun  jangan katakan ini di depan anak anda, karena tiap anak adalah individu yang berbeda. Mereka punya kepribadian tersendiri. Membandingkan anak dengan orang lain berarti anda  menginginkan anak kamu menjadi orang yang berbeda.Ini buruk untuk perkembangan karakter anak anda.

Kamu seharusnya malu ,,

Menegur anak boleh boleh saja untuk mengarahkannya, namun jangan  mengucapkan kalimat tersebut.Secara tak sengaja anda sudah merendahkan anak anda, da ini sangat mengerikan bagi anak.

Kau sama seperti ayahmu atau Ibumu

Kata-kata seperti ini biasanya keluar dari pasangan orang tua yang hubungan pernikahannya sedang dilanda masalah. Jadi, jangan ucapkan kata-kata seperti itu  kepada anak Anda, karena hal ini akan menyakitkan anak dan dapat membuat anak kehilangan rasa hormat sehingga kemudian tak lagi menghargai Anda sebagai orangtua.

Aku tidak peduli,,

Anak dalam perkembangannya sangat membutuhkan perhatian dan dukungan orang tua.Dengan berkata ” Aku tak peduli” pada Anak , maka ia akan merasa tak penting dan meruntuhkan rasa percaya diri anak.Banyak orang tua yang selalu cuek dan tak peduli dengan cerita anak-anaknya, karena memang cerita anak kecil seringkali tak masuk akal orang dewasa.Jika anda merasa tak ada waktu untuk membahas cerita anak anda, berjanjilah suatu hari atau kapan untuk membahasnya.Namun ingat!!!!!,, jangan pernah ingkar janji, karena yang demikian bisa ditirunya.

Kamu kan sudah besar

Anak Anda sudah  7 tahun , tapi menurut anda kok bertingkah seperti anak umur 3 tahun. Jangan pernah menyalahkan tingkahnya dengan mengatakan Kamu kan sudah besar!,,, Ini akan membuat anak-anak merasa dikritik,  padahal mereka bisa saja sedang punya masalah dan butuh bantuan untuk menyelesaikannya.(berbagai sumber)

Lihat Juga :  Tips Nikmat Bercinta ala Kamasutra Arab

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: