Kandungan Nutrisi, Kalori dan Khasiat Buah Anggur


Kandungan Nutrisi, Kalori dan Khasiat Buah AnggurAnggur adalah makanan yang istimewa dan banyak mengandung nutrisi yang sangat banyak, selain itu ia adalah buah yang lezat untuk di makan. Namun apakah buah anggur tinggi mengandung kalori?. Diet rendah kalori umumnya terkait dengan pengelolaan diabetes, namun banyak rumor yang beredar jika penderita diabetes orang tidak boleh meakan buah anggur. Benarkah demikian?.. Setiap ahli memiliki pendapat sendiri-sendiri, akan tetapi kita juga harus mau sedikit belajar untuk mendapatkan informasi yang tepat. Berdasarkan data, anggur merah ataupun hijau (jenis Eropa) terdapat 69 kalori dalam setiap 100 gramnya . Sementara itu, kalori anggur concord dalam ukuran yang  sama mengandung 67 kalori . Baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang buah anggur dan manfaatnya untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi dan manfaat Buah anggur bagi kesehatan tubuh secara umum:

Aman bagi diabetes

Apakah anggur aman bagi penderita diabetes?. Netdoctor.co.uk menjawab pertanyaan tersebut dari pembacanya, dan mereka menjawab tidak apa-apa makan buah anggur selama itu dalam jumlah sedikit yang tidak lebih dari tiga genggam dalam sehari. Sementara itu, jika kita melihat pendapat di situs diabetes.org, mereka juga mengatakan anggur baik-baik saja bagi penderita diabetes. Alasannya, buah-buahan umumnya memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, dan serat. Buah juga bisa menjadi pengganti yang baik untuk makanan penutup yang tinggi lemak. Mereka juga mengatakan bahwa buah-buahan mengandung gula alami. Kesimpulannya adalah, buah-buahan baik-baik saja asal dalam porsi sedikit. Selain diatas, ada 9 nutrisi penting yang harus Anda ketahui dalam buah anggur. [Baca Juga: Buah yang baik bagi penderita diabetes ]

Manfaat antioksidan

Anggur memiliki banyak zat antioksidan seperti anthocyanin, flavonol, geraniol, linalol, nerol dan tanin. Antioksidan tersebut adalah jenis yang paling direkomendasikan oleh para ilmuwan, karena merupakan zat yang sangat baik bagi  pertahanan tubuh terhadap berbagai jenis penyakit.

Lihat Juga :  Khasiat Kulit Manggis

Menurunkan kolesterol

Anggur merah memiliki senyawa yang disebut resveratrol, disebut-sebut sebagai zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh serta melindungi kesehatan jantung . Zat ini digunakan untuk mengurangi deposito lemak dalam pembuluh darah, sehingga risiko penyakit jantung dapat ditekan. Dalam setiap 1 gram kulit anggur segar mengandung sekitar 50 sampai 100 mikrogram resveratrol, tergantung dari jenis anggur. Zat ini juga mampu mengikis radikal bebas, dan membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

Bagus bagi kesehatan kulit

Anggur dalam satu dosis makan mengandung sekitar 92 unit internasional (IU) vitamin A, terutama yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Selain itu juga mengandung 0,19 miligram vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit dan menangkal radikal bebas, dan 14,6 mikrogram vitamin K yang membantu menjaga dan menormalkan stagnasi viskositas darah (kekentalan darah).

Kekuatan tulang

Jenis anggur yang dikeringkan atau disebut juga dengan kismis juga mengandung nutrisi yang banyak. Misalnya, kismis memiliki banyak kandungan boron (boraks alami), jenis mineral yang berfungsi untuk mempertahankan kekuatan tulang.

Membantu metabolisme dan kesehatan pencernaan

Jus anggur bermanfaat membersihkan gumpalan kotoran pada air seni, peningkatan aliran cairan empedu, dan melepaskan sisa-sisa pembuangan di saluran pencernaan. Jus anggur juga dapat membersihkan usus dan berfungsi sebagai pencahar ringan. Dalam sebuah penelitian juga menemukan bahwa mengkonsumsi jus anggur yang tidak membuang kulitnya dapat membantu menghilangkan infeksi mulut dan tenggorokan.

Menyehatkan Mata

Flavonol adalah zat yang banyak terdapat dalam biji anggur, yang  membantu menyembuhkan rabun senja, kerusakan retina, dan meningkatkan kualitas penglihatan. Oleh karena itu, paling baik adalah memakan keseluruhan bagian dari buah anggur untuk mendapatkan nutrisinya secara optimal. Gabungan zat dalam anggur bisa membantu kesehatan jantung, mengurangi angina (kejang jantung) , dan dapat menormalkan tekanan jantung.

Lihat Juga :  Cara Mencangkok Tanaman Buah

Kandungan nutrisi Anggur

Jika Anda ingin mendapatkan info gizi lebih lanjut anggur, berikut nilai gizi buah anggur berdasarkan hasil penelitian USDA :

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: