Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Apel bagi kesehatan


Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Apel bagi kesehatanApel banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Dalam 1 buah apel sudah menyediakan sekian banyak macam vitamin, seperti vitamin A , B1 , B2 , B3 , B5 , B6 , dan vitamin C. Yang tak kalah ketinggalan juga adalah mengandung mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, zat besi, dan seng. Unsur-unsur lain seperti fitokimia adalah, tanin, serat, boron,  asam tartar juga terkandung dalam apel.

Dengan terdapatnya vitamin, mineral dan senyawa lainnya dalam apel, sehingga apel juga diklasifikasikan sebagai tanaman obat, dan dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Menurut penelitian, apel bisa mengurangi risiko kanker usus besar, kanker prosta , dan kanker paru-paru. Dibandingkan dengan buah-buahan lain dan sayuran, apel adalah makanan yang kaya akan senyawa antioksidan. Hanya makan 1 buah apel setiap hari dikatakan akan menjauhkan Anda dari dokter!. Hal ini juga baik dikonsumsi dalam keadaan mentah segar, jus bahkan dalam bentuk cuka apel yang sangat berkhasiat.

Manfaat buah Apel bagi Kesehatan

1 . Mengurangi resiko kanker

Antioksidan Flavonoid seperti quercetin dalam apel mempertahankan molekul oksigen dari sel-sel yang merusak. Hal ini dapat mencegah perubahan sel yang dapat menyebabkan perkembangan sel-sel kanker.

Menurut sebuah studi yang melibatkan 10.000 orang , mereka yang makan apel memiliki risiko 50 % lebih terkena kanker paru-paru. Dalam studi lain, apel dapat menurunkan risiko kanker payudara sebesar 17 persen, serta  kanker usus hingga sebesar 43 persen. Sifa penurun risiko kanker berhubungan dengan kandungan pektin yang terdapat dalam apel (bertindak sebagai serat) , yang membantu mengatur pergerakan usus dan mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.

2 . Mengurangi kolesterol LDL

Apel merupakan sumber pektin yang baik, yaitu yang membantu mengurangi kadar kolesterol LDL. Pektin akan mengikat kolesterol dan lemak sebelum tubuh menyerapnya. Polifenol yang ditemukan dalam apel juga telah terbukti dapat menurunkan kolesterol. Dengan makan 2 buah apel per hari, Anda sudah dapat menurunkan kolesterol hingga sebesar 10 persen .

Lihat Juga :  Makan alpukat untuk menjaga kesehatan liver

3 . Mengurangi resiko penyakit kardiovaskular

Quercetin yang ditemukan dalam buah apel telah terbukti dapat melindungi kita dari penyakit jantung. Sebuah studi yang melibatkan  40.000 wanita, ditemukan bahwa mereka yang makan apel memiliki risiko 13-22 % lebih rendah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke daripada mereka yang tidak.

4 . Mengurangi resiko diabetes

Pektin dalam apel akan menyalurkan asam galacturonic ke tubuh, yang menurunkan kebutuhan tubuh akan insulin dan membantu mengelola diabetes . Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang makan setidaknya satu apel setiap hari adalah 28 % lebih kecil kemungkinannya menderita diabetes tipe 2, dibandingkan mereka yang tidak makan apel.

5 . Membantu Proses Pencernaan

Apel juga kaya serat, yang dikenal membantu proses pencernaan. Serat dari kulit apel dianggap sebagai obat terbaik untuk sembelit.

6 . Menjaga Kesehatan Gigi

Serat dalam apel juga bermanfaat untuk membersihkan gigi, sementara itu anti virus buah apel akan menjaga dari bakteri dan virus. Mengunyah apel juga akan merangsang produksi air liur dalam mulut, sehingga membantu mengurangi kerusakan gigi dengan cara mengurangi jumlah bakteri .

7 . memperkuat Tulang

Apel mengandung flavonoid yang disebut dengan phloridzin, yang dikenal untuk melindungi wanita pasca-menopause dari osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang. Apel juga mengandung boron yang membantu menguatkan tulang.

8 . Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Serat larut seperti pektin dalam buah apel dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian, serat larut dapat mengubah sel-sel kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi protein anti – inflamasi, dan interleukin 4 .

9 . Membantu Menjaga Berat Badan

Apel rendah kalori, yaitu apel rata-rata memiliki sekitar 80 kalori, serta kandungan air yang relatif tinggi kalori. Hal ini bisa dimungkinkan untuk memiliki rasa kenyang lebih lama dan benenergi.

Lihat Juga :  Tips mencegah penuaaan dini

10 . Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Sebuah studi menemukan bahwa makan apel dan minum jus apel dapat meningkatkan kesehatan otak, serta mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Menurut sebuah penelitian, quercetin dalam apel dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

11 . Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa makan apel akan memasukkan fitokimia , yang berperan penting mengurangi risiko penyakit Parkinson, serta gangguan kronis progresif dari sistem saraf pusat yang ditandai oleh fungsi neuron di otak.

12 . Mempertahankan Pertumbuhan Rambut

Sebuah studi di Jepang menunjukkan bahwa procyanidin B2 dalam apel dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

13 . Mengurangi Asma

Sebuah penelitian di Inggris melaporkan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi apel selama kehamilan, cenderung terhindar dari gejala asma, daripada anak-anak yang ibunya makan sedikit apel. Studi lain dari Australia melaporkan bahwa peserta yang makan apel dan pir terendah berisiko terkena asma .

14 . Melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula

Apel mengandung banyak  vitamin A dan vitamin C , yang keduanya membantu mencegah masalah yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula dan katarak.

15 . menyembuhkan Anemia

Apel juga kaya akan zat besi, dimana yang efektif untuk pengobatan anemia. Makan dua atau tiga buah apel sehari dapat membantu tubuh mempertahankan kadar zat besi nya.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: