Kandungan Gizi labu kuning dan manfaatnya bagi kesehatan


kandungan gizi dan manfaat labu bagi kesehatanLabu kuning atau waluh ini setiap hari bisa kita ketemukan dipasar. Harganya yang murah tak sebanding dengan banyaknya kandungan nutrisi penting yang terdapat didalamnya. Hal ini tentu akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatankita. Labu kuning atau waluh merupakan makanan yang kaya akan betakaroten, vitamin A, C dan E, mineral, dan karbohidrat. Daging buahnya juga mengandung antioksidan yang berguna untu melindungi sel dari radikal bebas dan kanker, sementara bijinya juga tak kalah banyaknya dalam hal kandungan gizi. Merupakan ide yang baik bagi kesehatan jika Anda merebus waluh, kemudian memakan daging buah plus kwacinya. Labu kuning merupakan makanan sehat yang baik di gunakan sebagai makanan pendamping ASI untuk balita 6 bulan keatas.

Kandungan gizi labu kuning

Labu adalah makanan yang mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, mineral (kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga dan seng), beta karoten, tiamin, niasin, serat, dan vitamin C. Paling banyak kandungan nutrisi waluh adalah beta-karoten yang merupakan pro-vitamin A , yaitu yang akan diubah menjadi vitamin A. Hal ini berguna bagi tubuh untukmenjaga kesehatan mata dan kulit, kekebalan tubuh dan sistem reproduksi. Labu juga dikenal sebagai “rajanya sumber beta-karoten.

Labu juga merupakan sumber serat dan asam lemak tak jenuh tunggal, yang baik untuk kesehatan pencernaan dan jantung. Selain itu, biji waluh merupakan sumber protein, mineral dan beberapa vitamin.

Komposisi gizi labu per 100gram menurut  USDA

Makronutrisi

Energi 109 kJ
Karbohidrat 6,5 g
Gula 2,76 g
Serat 0,5 g
Lemak 0,1 g
Protein 1 g

Vitamin

Vitamin A 426 mg
beta-karoten 3100 ug
lutein dan zeaxanthin 1.500 mg
Tiamin 0,05 mg
Riboflavin 0,11 mg
Niacin 0,6 mg
Asam pantotenat 0,298 mg
Vitamin B6 0,061 mg
Folat 16 mg
Vitamin C 9 mg
Vitamin E 0,44 mg
Vitamin K 1,1 mg

Mineral

Kalsium 21 mg
Besi 0,8 mg
Magnesium 12 mg
Mangan 0,125 mg
Fosfor 44 mg
Kalium 340 mg
Sodium 1 mg
Zinc 0.32 mg

Manfaat Labu bagi kesehatan

 

1. Menjaga kesehatan mata

Labu mengandung senyawa beta-karoten, antioksidan, lutein dan zeaxanthin. Nutrisi ini bermanfaat menangkal radikal bebas, sehingga akan mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan mata, mencegah katarak, dan degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan.

2. Mencegah penuaan dini.

Senyawa beta-karoten, vitamin A, C dan zinc dalam labu juga bermanfaat alami untuk memperlambat proses penuaan, seperti mencegah kulit keriput dan dapat menghaluskan kulit.

3. Mengurangi resiko hipertensi.

Labu juga mengandung kalium, yang berguna untuk membantu mengurangi resiko darah tinggi.

4. Mencegah sembelit.

Serat yang relatif tinggi pada buah “Halloween” ini juga yang sangat baik untuk menjaga sistem saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

5. Memperkuat Tulang.

Zinc bermanfaat untuk memperkuat massa tulang dan mencegah kerusakan dini sel-sel tubuh oleh radikal bebas. Makan labu yang cukup juga dapat mencegah masalah osteoporosis.

6. Anti-inflamasi dan mencegah Stroke

Labu kaya akan antioksidan beta-karotein, yang juga bertindak sebagai zat anti-inflamasi. Makan labu secara teratur bisa mencegah pengendapan kolesterol pada dinding arteri, sehingga akan mengurangi risiko stroke.

7. Meningkatkan Fungsi metabolisme

Kandungan kalium dalam labu juga bermanfaat untuk mendukung kelancaran metabolisme. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan air dan elektrolit (asam-basa) di dalam sel tubuh.

8. Untuk kulit yang sehat

Labu juga kaya akan asam lemak, protein dan juga mengandung vitamin E, zinc, dan magnesium,  yang berguna untuk membuat kulit menjadi lebih segar dan sehat. Makan labu juga bisa mendorong regenerasi sel kulit, serta melawan kuman penyebab jerawat. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang bermanfaat untuk membantu proses perbaikan kulit. Zinc yang terkandung dalam labu juga bisa menjadi obat jerawat.

Lihat Juga :  Manfaat Jamur bagi Kesehatan

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: